Comscore Tracker

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui Orang

Bukan buat masak saja, lho

Bagi kaum ibu dan penggemar kuliner, tentu sudah tak asing lagi dengan daun pandan. Daun pandan atau Pandanus amaryllifolius adalah tumbuhan tropis yang dikenal dengan aroma wanginya yang khas.

Tak heran jika daun berwarna hijau ini sering dijadikan sebagai bahan pelengkap penting dalam masakan tradisional di Indonesia. Namun, tahukah kamu jika ternyata daun pandan sudah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai salah satu bahan alami dalam pengobatan tradisional.

Gak percaya? Berikut lima khasiat tersembunyi yang dimiliki daun pandan. Gak cuma buat masak, tapi bermanfaat juga untuk kesehatan!

1. Meredakan radang sendi 

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui Orangilustrasi radang sendi (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Masalah nyeri sendi biasa terjadi pada orang tua. Makanan atau minuman yang mengandung purin tinggi juga dapat memicu kondisi ini, seperti bayam, daging merah, kerang, dan alkohol.

Daun pandan memiliki sifat anti inflamasi dan sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan radang sendi. Dalam pengobatan tradisional ayurveda, daun pandan yang dicampur dengan minyak kelapa dioleskan ke bagian sendi yang terasa nyeri.

Dilansir stethnews, daun pandan memiliki kandungan tanin dan minyak esensial, yang dapat membantu meredakan peradangan. Daunnya sendiri cukup efektif dalam menghilangkan rasa sakit.

Daun pandan juga tidak memiliki efek samping seperti ketika menggunakan obat bebas untuk nyeri sendi. Namun, khasiat daun pandan untuk obat nyeri sendi masih perlu dilakukan penelitian yang lebih mendalam lagi.

 2. Membantu detoksifikasi  

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui Orangilustrasi detox (pexels.com/Vegan Liftz)

Untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh yang bisa mengundang berbagai penyakit, perlu dilakukan detoksifikasi. Kamu bisa memanfaatkan daun pandan untuk membantu proses detoksifikasi.

Mengutip healthyfitpoint, daun pandan memiliki sifat pencahar ringan yang memudahkan proses ekskresi limbah. Tanaman ini dapat berfungsi sebagai diuretik alami yang membuang kotoran dari tubuh kita.

Dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan, juga bisa membantu menetralkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh. Cara terbaik untuk detox adalah dengan minum teh daun pandan.

Rebus tiga gelas air hingga mendidih, tambahkan empat lembar daun pandan dan sepotong jahe yang sudah dimemarkan. Rebus air campuran ini selama 10 menit dengan api sedang, kemudian tuang ke dalam gelas. Terakhir, tambahkan 2 sendok makan gula aren. Aduk, minumlah selagi hangat.

Baca Juga: 5 Hidangan Asia Tenggara dengan Daun Pandan, Harum Melezatkan

3. Menghilangkan ketombe 

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui OrangIlustrasi rambut ketombe (pexels.com/Moose Photos)

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sangat menjengkelkan, yang kadang bisa membuat minder bagi sebagian orang. Ketombe adalah kulit mati di kepala yang mengelupas.

Pengelupasan pada kulit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah kebersihan dan juga jamur di kepala. Jika upaya menghilangkan ketombe masih belum berhasil, mungkin ada baiknya kamu mencoba cara yang alami di rumah.

Dilansir healththoroughfare, daun pandan adalah obat alami yang baik untuk mengatasi masalah kulit kepala yang berketombe. Untuk membuat obat herbal dari daun pandan ini cukup mudah.

Ambil sepuluh lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih. Tumbuk sampai benar-benar halus, lalu tambahkan air secukupnya untuk membuat semacam krim. Setelah itu, kamu dapat mengoleskan krim ini ke rambut kamu sebelum keramas.

4. Menjaga kesehatan mulut dan gigi 

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui Orangilustrasi mulut dan gigi (pexels.com/Oleg Magni)

Penyebab bau mulut bisa diakibatkan karena kurang terjaganya kebersihan mulut, dehidrasi, atau sisa-sisa makanan yang terselip di gigi. Dahulu kala, dimana teknik pengobatan belum maju dan canggih seperti sekarang, daun pandan digunakan oleh orang yang mempunyai masalah bau pada mulutnya. Caranya hanya dengan mengunyah daun pandan.

Alhasil, nafas menjadi lebih segar dan wangi dengan aroma yang menyenangkan, tanpa harus pergi ke dokter atau apotik. Beberapa metode pengobatan tradisional juga memanfaatkan tanaman pandan untuk mengatasi gusi berdarah. Manfaat yang satu ini memang unik dan alami, tapi belum banyak penelitian ilmiah yang dapat membuktikannya.

5. Mengatasi insomnia 

5 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan yang Jarang Diketahui Orangilustrasi sulit tidur (pexels.com/cottonbro)

Masalah insomnia banyak diderita oleh sebagian orang. Penyakit susah tidur ini kerap menjadi musuh besar dan tentunya sangat mengganggu, karena tubuh tidak bisa beristirahat meski sudah merasa lelah sekalipun. Aktivitas keesokan harinya pun menjadi tidak optimal, karena kualitas tidur yang kurang.

Kabar baiknya, daun pandan bisa membantu mengatasi masalah gangguan tidur ini. Daun pandan diketahui mengandung senyawa alkaloid yang memiliki efek menenangkan bagi tubuh manusia. Daun pandan dapat menjaga tubuh tetap tenang dan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

Mengonsumsi teh daun pandan dipercaya dapat menimbulkan sensasi rileks pada tubuh. Pada malam hari sebelum tidur, cobalah minum air rebusan pandan yang dicampur dengan satu sendok teh madu ke dalamnya. Minumlah selagi hangat.

Tanaman pandan dapat dengan mudah ditemui. Kamu juga bisa menanam tanaman pandan ini di taman dengan menggunakan polybag, pot, atau langsung di tanah. Mengonsumsi daun pandan hanya sebagai cara alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan.

Imbangi pula gaya hidup sehat untuk menjaga tubuh tetap bugar. Konsumsilah air rebusan pandan dalam jumlah yang sewajarnya. Jika berlebihan, dikhawatirkan menimbulkan efek samping negatif untuk tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Penambah Aroma Masakan

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya