Comscore Tracker

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! 

Dahlan Iskan juga makan biji pepaya, lho 

Pepaya (Carica Papaya L) adalah buah yang rasanya manis dan banyak disukai. Namun, kebanyakan orang hanya menyukai daging buahnya saja yang manis dan membuang bijinya. Padahal, biji pepaya yang memiliki selaput kulit tipis yang licin ini mempunyai nilai gizi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan mantan mentri BUMN, Dahlan Iskan mempunyai kebiasaan memakan biji pepaya dulu, baru kemudian makan daging buahnya. Menurut pendapatnya, biji pepaya memiliki khasiat lebih hebat daripada buahnya. Melansir dari laman Healthline dan Ndtv, berikut adalah manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

1. Melindungi tubuh dari infeksi 

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! ilustrasi biji pepaya (pexels.com/Kindel Media)

Biji pepaya diketahui mengandung polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin. Fungsi dari kandungan ini adalah sebagai antioksidan. Seperti diketahui, antioksidan akan menangkal radikal bebas yang masuk, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk infeksi pada penyakit yang umum terjadi seperti batuk dan pilek dan infeksi pada penyakit lainnya. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji pepaya dapat menghilangkan jenis jamur dan parasit tertentu.

Dilansir dari situs ncbi, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, ekstrak biji pepaya dikatakan efektif melawan tiga jenis jamur, termasuk patogen spesifik yang menjadi penyebab infeksi jamur. Minum ekstrak biji pepaya kering bersama madu secara signifikan dipercaya efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus sehingga melancarkan kerja usus. Namun, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut karena belum diujicobakan pada manusia.

2. Mengatasi Jerawat 

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! ilustrasi gambar jerawat (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Untuk kamu yang kurang percaya diri dengan timbulnya jerawat di wajah, kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti biji pepaya ini. Ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah, tapi biji pepaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Salah satu kandungan yang terdapat pada biji pepaya adalah lemak tak jenuh, yang berfungsi untuk mengangkat dan menyerap minyak, sehingga kotoran tidak menempel pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu dapat memadukan biji pepaya kering dengan daun pepaya. Kedua bahan ini ditumbuk halus sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Dengan ramuan herbal ini, akan membantu memperbaiki jaringan kulit dan mengatasi jerawat tanpa efek samping.

3. Mencerahkan kulit 

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! ilustrasi kulit cantik (pexels.com/Shiny Diamond)

Biji pepaya kaya akan vitamin A yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati di wajah dan menghasilkan sel-sel baru. Biji pepaya juga kaya akan mineral yang membantu menyeimbangkan kandungan air di wajah. Hal ini memberikan tekstur yang lembut dan kenyal pada kulit. Menggunakan biji pepaya merupakan salah satu obat herbal yang baik untuk mengatasi kerutan di wajah. Di dalam biji pepaya memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai anti penuaan yang membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang muncul di kulit.

Hanya dengan membuat masker, kamu akan mendapatkan kulit yang glowing. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan bubur pepaya matang, 1 sendok makan biji pepaya, 1 sendok teh minyak kelapa extra virgin dan 1 sendok makan madu. Semua bahan tersebut lalu diblender halus sampai menjadi pasta. Masker tersebut dapat dioleskan pada wajah, leher, dan dada. Biarkan selama minimal 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan waslap.

Baca Juga: 5 Kreasi Salad Pepaya dengan Cita Rasa Memanjakan Lidah

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! ilustrasi biji pepaya (pexels.com/Any Lane)

Seperti pada biji buah lainnya, biji pepaya juga kaya akan serat. Asupan serat berguna untuk menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat. Mereka melindungi kita dari penyakit radang usus, mencegah pembentukan tukak usus, mengeluarkan racun dari dalam tubuh hingga meredakan gejala wasir. Adanya serat juga membantu memudahkan buang air besar dan terhindar dari masalah konstipasi (sembelit).

Dalam biji pepaya juga mengandung carpaine yang mempunyai kapabilitas untuk menyingkirkan cacing dan parasit. Untuk menjaga kesehatan pencernaan, kamu bisa mengonsumsi biji pepaya seminggu sekali atau sebulan sekali. Mengingat rasanya yang pahit dan agak sedikit pedas, kamu dapat mencampur bubuk biji pepaya dengan smoothie yang manis, jus, makanan penutup, teh atau madu. Manisnya gula dan madu akan mengalahkan pahit rasa bijinya. Bubuk ini diperoleh dengan cara biji pepaya yang telah dikeringkan lalu ditumbuk atau diblender hingga halus.

5. Mengatasi masalah pada rambut 

5 Manfaat Tersembunyi Biji Pepaya, Bisa untuk Masker Juga, lho! ilustrasi rambut (pexels.com/Pixabay)

Biji pepaya mengandung asam folat yang mampu memperlancar sirkulasi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Biji pepaya juga dapat digunakan sebagai kondisioner, karena mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat meningkatkan produksi sebum, sehingga menjaga rambut tetap lembut dan terhidrasi. Kandungan nutrisi pada biji pepaya juga dapat membantu mencegah kebotakan dengan memperkuat batang rambut.

Biji pepaya juga dapat digunakan sebagai penghitam rambut alami karena mengandung glucoside cacirin dan karpain. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menghitamkan rambut dengan bahan-bahan kimia berbahaya, lebih baik menggunakan bahan alami seperti biji buah pepaya. Murah, mudah didapat, alami, dan tanpa efek samping. Bahannya hanya bubuk dari biji pepaya tua yang telah dikeringkan dan ditumbuk halus. Beri sedikit air, kemudian dioleskan ke rambut sambil dipijat. Biarkan sampai kering, lalu keramas seperti biasa. Mudah, bukan?

Nah, sudah tau kan sekarang manfaat dari biji pepaya? Jadi, kalo makan pepaya, bijinya jangan dibuang ya. Cara mengolahnya pun mudah. Murah, sehat, dan aman. Hanya perlu diingat, apa pun yang berlebihan itu tidak baik, jadi konsumsilah biji pepaya dengan porsi yang sewajarnya ya. Semoga bermanfaat!

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya