Comscore Tracker

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam Tubuh

Kenali gejala-gejala yang ditunjukkan tubuhmu

Potasium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh. Mineral yang juga disebut kalium ini berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi saraf hingga mengatur keseimbangan cairan dan kontraksi otot dalam tubuh. Kamu bisa menemukan potasium dalam pisang, alpukat, ubi jalar, tomat, dan lain-lain.

Orang dewasa perlu mengonsumsi setidaknya 3500-4700 mg potasium setiap harinya. Kekurangan potasium dalam tubuh atau hypokalemia akan mengganggu keseharian dan berdampak buruk pada kesehatanmu.

Lalu, apa tanda-tanda tubuhmu mengalami kekurangan potasium? Berikut daftarnya!

1. Sesak napas

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhHealthline.com

Kekurangan potasium dapat terlihat pada kondisi pernapasan. Rendahnya kandungan potasium dalam darah menyebabkan jantungmu tidak berdetak normal. Darah tidak terpompa dengan baik dan oksigen tidak tersebar secara maksimal ke seluruh tubuh. Hal ini membuat napasmu pendek-pendek, bahkan terasa sesak.

2. Pencernaan bermasalah

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhPexels/rawpixel

Potasium membantu mengantarkan sinyal otak ke seluruh tubuh, termasuk organ-organ penting. Kekurangan potasium dapat mengganggu sinyal yang dikirimkan ke organ pencernaan. Kontraksi di dalam pencernaan dapat melemah atau memperlambat pergerakan makanan, sehingga menyebabkan masalah seperti perut kembung dan konstipasi.

3. Mudah lelah

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhPexels/@energepic-com-27411

Kelelahan termasuk salah satu tanda awal tubuhmu kekurangan potasium. Bila tubuhmu kekurangan potasium, kontraksi ototmu melemah. Selain itu, kekurangan potasium juga mengganggu kinerja tubuh dalam memproduksi mineral alami yang dibutuhkan, sehingga berdampak pada kelelahan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Penuhi Asupan Kalium Sehari-hari, Wajib Dikonsumsi

4. Palpitasi jantung

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhPexels/@freestocks

Palpitasi jantung merupakan kondisi di mana kamu merasakan jantungmu tiba-tiba berdebar cepat, kuat, atau berhenti berdetak selama beberapa saat. Kondisi ini biasanya disebabkan stres dan kecemasan, tetapi juga bisa menjadi tanda kekurangan potasium dalam tubuh.

Kandungan potasium dalam darah membantu mengatur detak jantung. Bila kamu kurang mengonsumsi potasium, aliran potasium yang keluar masuk jantung akan terganggu, sehingga menyebabkan palpitasi jantung.

5. Otot sakit

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhPexels/rawpixel

Kandungan potasium dalam darah membantu mengatur aliran darah ke otot. Ketika kandungannya kurang, pembuluh darahmu bisa berkontraksi dan menyempit. Akibatnya, darah dan oksigen tidak tersalurkan dengan maksimal, yang membuat otot--ototmu terasa sakit.

6. Kram otot

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhFooducate.com

Potasium membantu mengantarkan sinyal dari otak yang merangsang sekaligus menghentikan kontraksi. Ketika kekurangan potasium, otakmu tak dapat mengantarkan sinyal ini dengan baik. Alhasil, otot-ototmu terasa sakit dan kaku akibat kontraksi berlebihan.

7. Kesemutan dan mati rasa

Waspadai, Ini 7 Tanda Kamu Mengalami Kekurangan Potasium dalam TubuhEverydayhealth.com

Potasium sangat penting bagi kesehatan fungsi syaraf. Kekurangan mineral ini dapat memperlemah sinyal saraf yang dapat berdampak pada kesemutan dan mati rasa pada beberapa bagian tubuh, seperti tangan, lengan, dan kaki.

Setelah mengenali gejalanya, segera evaluasi tubuhmu. Apakah gejala-gejala ini ditunjukkan oleh tubuhmu? Apakah kamu memenuhi asupan potasium 4700 mg per hari? Kamu tak perlu khawatir karena potasium mudah kamu dapatkan dengan memakan pisang, alpukat, ubi jalar, tomat, kerang, dan lain-lain.

Bila kamu tetap merasakan gejala di atas, atau bahkan kamu sedang mengalami kekurangan potasium parah, segeralah periksakan diri ke dokter. Selalu jaga kesehatan, ya!

Baca Juga: 7 Penyakit ini Ternyata Lebih Sering Menyerang Wanita ketimbang Pria

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You