Comscore Tracker

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk Kesehatan

Diam-diam bermanfaat untuk kesehatanmu lho

Kondisi kemarau yang panjang memang membuat cahaya matahari kian terik dan panas. Di sinilah pentingnya kita memakai kacamata hitam agar sinar matahari tidak langsung ke area mata. Meski banyak orang yang menyepelekan mengenakan kacamata hitam, inilah 5 manfaat yang tak terduga dan mesti kamu ketahui!

1. Bantu cegah kanker kulit

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk KesehatanPexels/andre furtado

Tak banyak yang tahu kondisi kanker kulit akan lebih dulu menyerang area kelopak mata yang tipis. Hal ini karena kelopak mata merupakan bagian yang sensitif terhadap sinar matahari sehingga bisa saja risiko terjadinya kanker kulit membesar. Oleh sebab itu pakailah kacamata hitam apalagi saat cuaca tengah terik demi kebaikanmu sendiri.

2. Cegah sakit kepala serta migrain

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk KesehatanPexels/Mentatdgt

Kondisi matahari yang terang serta terik dapat menyebabkan kepala sakit atau migrain. Namun ketika kamu mengenakan kacamata mata intensitas cahaya matahari ke area mata akan berkurang sehingga kondisi sakit kepala serta migrain dapat berkurang.

Memakai kacamata hitam memang bukan sekedar gaya-gayaan karena terdapat banyak manfaatnya untuk kesehatan itu sendiri.

Baca Juga: Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tunda

3. Lindungi mata dari debu dan benda-benda kecil lainnya

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk KesehatanPexels/Bruce Mars

Berbagai partikel kecil seperti debu, kerikil, bahkan asap bisa menyebabkan mata pedih. Hal ini dapat dicegah bila kamu rajin mengenakan kacamata hitam apalagi bila kamu sering berkendara dengan sepeda motor. Partikel kecil ini bisa menyebabkan mata terkena iritasi dan berbahaya bila terus terjadi pada mata lho.

4. Bantu kurangi keriput

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk KesehatanPexels/Spencer

Memang benar sih keriput dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Namun kondisi sering menyipitkan mata karena silaunya cahaya matahari pun dapat membuat area mata cepat keriput. Berbeda bila kamu sering mengenakan kacamata hitam, tentunya matamu gak akan sering berkerut dan keriput pun bisa dicegah.

5. Cegah datangnya penyakit mata

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Nyata Kacamata Hitam untuk KesehatanPexels/Just a couple photos

Ada berbagai penyakit mata yang datang lewat cahaya ultraviolet matahari, di antaranya katarak dan photokeratitis.

Katarak sendiri merupakan penyakit mata akibat terjadinya kekeruhan pada lensa mata sehingga mengaburkan penglihatan yang asalnya dari cahaya matahari itu sendiri. Sedangkan photokeratitis merupakan sunburn yang terjadi pada mata dan menyebabkan mata terasa sakit seperti kemasukan pasir namun akan pulih kembali selama 48 jam. Kedua penyakit ini bisa dihindari bila kamu rajin mengenakan kacamata hitam.

Itulah segudang manfaat kesehatan saat menggunakan kacamata hitam. Ketika matahari sedang terik, jangan lupa mengenakannya ya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kacamata Hitam yang Cocok dengan Bentuk Wajahmu

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You