Comscore Tracker

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!

Jangan dianggap enteng!

Kolesterol merupakan lemak jahat yang bisa mengancam nyawa. Tentunya berkat adanya kolesterol penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung bisa timbul kapan saja. Kolesterol merupakan LDL atau low density lipid yang biasanya menghambat sirkulasi darah di tubuh. Kolesterol bisa hinggap dimana saja termasuk di kaki. Nah berikut lima tanda jika kolesterol sudah menyerang kaki, yuk waspadai!

1. Kram kaki saat tidur

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!verywellhealth.com/

Saat kamu sering merasa kram pada kaki kamu jelas harus waspada karena jangan-jangan kolesterol sudah mencapai kaki. Biasanya kram akan menimpa daerah tumit, jari hingga kaki bagian depan. Biasanya kram akan sembuh saat kamu duduk atau berdiri karena pada saat itu aliran darah kembali lancar akibat adanya gravitasi bumi.

2. Kaki menjadi dingin

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!keckmedicine.org

Sering merasa kedinginan di daerah kaki? Kalau iya kamu harus waspada karena bisa saja kakimu terkena kolesterol. Biasanya hal ini terjadi karena aliran darah tidak lancar atau tersumbat akibat adanya kolesterol pada pembuluh darah di sekitar kaki. Nah biasanya hanya salah satu kaki saja yang terasa dingin namun yang lainnya tidak. Saat ini terjadi kamu harus waspada ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kolesterol bagi Tubuh, Gak Melulu Berbahaya Lho!

3. Otot betis mengecil

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!verywellhealth.com/

Saat kolesterol sudah menjalar ke kaki bisa saja otot betismu akan menciut sehingga kakimu tidak seimbang. Hal ini karena kurangnya asupan darah melalui kaki sehingga akhirnya kaki pun mengecil dan menciut. Saat ini terjadi otomatis kamu akan kesulitan berjalan karena ketidakseimbangan kaki.

4. Luka sulit sembuh

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!hellosehat.com

Bahkan kolesterol yang sudah mencapai kaki bisa menyebabkan luka pada kaki sukar sembuh. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang tersumbat di kaki dan menyebabkan aliran darah tidak lancar. Alhasil luka pun sulit sembuh dan tentunya rasa sakit yang luar biasa akan kamu rasakan.

5. Nyeri saat berjalan

5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!verywellfit.com

Penderita kolesterol yang telah menjalar ke kaki biasanya akan merasa sakit ketika berjalan. Biasanya sakit yang dirasakan menjalar dari mulai telapak kaki hingga ke semua persendian kaki. Rasa nyeri ini akan hadir setelah kamu berjalan hingga menempuh jarak tertentu. Saat kamu berhenti berjalan dan istirahat sebentar biasanya kakimu akan mendingan namun rasa sakit itu akan kembali lagi saat kamu berjalan.

Yuk waspadai!

Baca Juga: 5 Khasiat Buah Buni Ini Bikin Kamu Takjub, Si Kecil Anti Kolesterol

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You