Comscore Tracker

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehat

Bisa bikin kamu jadi tambah pinter nih

Mengonsumsi ikan secara rutin bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap fisik kita. Namun banyak orang yang jarang mengonsumsi ikan dan lebih memilih daging ayam dan sapi untuk konsumsi sehari hari. Di bawah ini ada beberapa manfaat mengonsumsi ikan yang perlu kalian ketahui agar bisa menyeimbangkan pola makan agar lebih sehat. 

1. Mengkonsumsi ikan mengurangi risiko serangan jantung

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatmedicalnewstoday.com

Ikan memiliki kandungan yang baik untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.  Dalam penelitian di Amerika Serikat, 40.000 pria yang mengonsumsi ikan secara teratur setiap minggunya memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung. Ikan mengurangi risiko jantung karena kandungan omega-3 yang tinggi. 

2. Ikan juga bagus untuk pertumbuhan, terutama untuk janin

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatabbottnutrition.com

Selain untuk kesehatan jantung, Omega-3 juga memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, omega-3 sangat bagus juga untuk pertumbuhan otak dan mata. Hal ini yang membuat ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi banyak Omega-3. Namun, ikan yang di konsumsi harus mengandung merkuri yang rendah. Beberapa ikan yang mengandung merkuri rendah antara lain, salmon dan sarden. Untuk konsumsi ibu hamil tidak boleh lebih dari 12 ons per minggu. 

3. Ikan juga mengurangi risiko alzheimer

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatakamaized.net

Ketika kita sudah mulai lanjut usia, fungsi organ tubuh kita akan mulai menurun. Hal itu bisa memicu banyak penyakit yang akan bermunculan, termasuk alzheimer. Untuk menangani potensi itu, banyak studi menemukan memakan banyak ikan akan menurunkan risiko penurunan kondisi mental. Selain itu konsumsi ikan akan membuat selaput otak sedikit menebal, hal itu membantu melindungi bagian otak bekerja untuk menyimpan memori. 

4. Coba ikan untuk menghindari depresi

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatatgbcentral.com

Omega-3 dalam ikan memiliki banyak manfaat, salah satunya mereka bisa menekan kondisi depresi dalam diri kita. Bahkan ia bisa meningkatkan fungsi antidepresan jika kita mengonsumsinya. Walaupun penyakit mental tidak memiliki masalah sebesar jantung dan stroke, namun kondisi metal juga menjadi salah satu masalah terbesar saat ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Ikan Tuna yang Jarang Diketahui, Baik untuk Tubuh!

5. Omega-3 dalam ikan juga bisa menghindari risiko autoimun pada tubuh

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatmyrecipes.com

Penyakit autoimun adalah penyakit yang berbahaya. Untuk menghindari hal tersebut, beberapa studi menemukan bahwa omega-3 pada ikan bisa menurunkan risiko autoimun pada orang orang. Hal itu dikarenakan asam lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan mengatasi peradangan yang ada dalam tubuh kita, seperti radang usus, kulit, sendi, hingga autoimun seperti lupus dan multiple sclerosis. 

6. Ikan bagus untuk penderita asma, terutama yang masih kecil

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatyogadigest.com

Asma adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang ada di dalam saluran pernapasan kita. Jika tidak di tangani, tingkat peradangannya akan semakin bertambah sering berjalannya waktu. Dengan mengonsumsi ikan secara teratur maka kita bisa menurunkan risiko radang dan asma 24% lebih rendah ketika pasien masih anak-anak, namun efeknya tidak terlalu signifikan jika rasakan pada saat dewasa. 

7. Ikan juga baik untuk menghindari degenerasi makula

7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehatagoramedia.com

Age-related macular degeneration (AMD) atau biasa di sebut degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang kebanyakan menyerah orang dewasa yang lanjut usia. Untuk melawan penyakit ini Omega-3 pada ikan dapat digunakan untuk menekan risiko AMD.  Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur akan menurunkan risiko AMD hingga 42%. 

Nah itu tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ikan secara teratur. Jika kita ingin hidup lebih sehat, coba mulai ubah pola makan kita dengan mengganti ayam dan daging dengan ikan.  

Baca Juga: Ini Lho 5 Manfaat Baik Mengonsumsi Ikan dan Seafood

Indra Dwi Photo Community Writer Indra Dwi

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You