Comscore Tracker

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makanan

Siapa nih yang gak bisa membedakan laos dan jahe?

Laos atau lengkuas merupakan tumbuhan jenis umbiah-umbian yang biasa dijadikan rempah atau bumbu masakan. Umumnya rempah dijadikan bumbu masakan seperti rendang, soto dll. Selain sebagai bumbu masakan laos juga sudah umum dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Menurut penelitian, laos memang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti:

1. Mencegah penyakit kanker

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makananpixabay/tee1036

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, penyakit ini bermula dari sel-sel tubuh yang tidak normal dan akhirnya bisa menjadi sel kanker. Sel-sel tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh dan merusak organ tubuh lainnya. Dalam laos terdapat zat antioksidan dan antiimflamasi yang memiliki manfaat menangkal radikal bebas serta membantu DNA dalam tubuh menjadi lebih baik.

2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makananpixabay/stevepb

Kolesterol dalam tubuh tidak selalu bersifat negatif, karena pada dasarnya setiap tubuh membutuhkan kolesterol. Namun, ketika kolesterol dalam tubuh seseorang terlalu tinggi dapat menjadi bumerang bagi kesehatan, bisa menyebabkan penyakit jantung atau stroke.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi atau bahkan jahat pun banyak beraneka jenis makanan hingga obat-obatan, namun ternyata laos pun bermanfaat untuk menurunkan gejala kolesterol yang berlebih. Karena dalam laos terdapat flavonoid, quercetin dan galanin yang berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol.

3. Meringankan gejala asma

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makananinstagram.com/truhealthtips

Asma bisa dikatakan salah satu penyakit kronis karena gejalanya mengganggu pernafasan dimana terasa sesak, sulit bernafas dll. Umumnya, seseorang yang mengalami gejala asma sering direkomendasikan menggunakan inhaler untuk pereda bernafas yang terasa berat.

Laos memiliki sifat anti spasmodik yang mana sifat ini berfungsi untuk menghilangkan dahak yang menganggu pernafasan serta melebarkan saluran bronkiolus sehingga bernafas terasa lebih lega.

Baca Juga: 5 Jenis Rempah yang Manfaatnya Dipercaya Bisa Menurunkan Risiko Kanker

4. Mengobati diare

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makananhonestdocs.id

Seseorang ketika mengalami diare pasti merasa tenganggu aktivitas sehari-harinya, diare merupakan kondisi terus-terusan buang air besar (BAB) dengan frekuensi tinggi serta tinja yang encer. Selain obat pencahar, ternyata laos juga memiliki khasiat menghentikan diare, lho. Karena laos memiliki sifat antimikroba yang mana sifat ini berfungsi untuk menangkal bakteri seperti bakteri lactose dan fructose yang ada dalam tubuh.

5. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

5 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Gak Cuma Berguna di Makananpixabay/Suanpa

Batuk terbilang penyakit ringan sebagai respon tubuh mengeluarkan benda asing yang mengganggu saluran pernafasan, namun ketika batuk terus berlanjut hingga berminggu-minggu tentu itu merupakan gejala suatu penyakit dan harus segera diobati.

Laos bisa dijadikan alternatif obat tradisional pencegah batuk dan sakit tenggorokan, lho. Karena laos mengandung zat ekspetoran yang mana zat ini berfungsi untuk mengatasi dan mencegah batuk serta sakit tenggorokan.

Nah, kamu bisa manfaatkan laos selain sebagai rempah juga untuk ramuan tradisional kamu, ya. Kamu bisa buat minuman dari rebusan laos yang digeprek terlebih dahulu.

Rempah memang kaya manfaat ya, guys?

Baca Juga: 5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuk

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

✍️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You