Comscore Tracker

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!

Tak hanya enak, namun kaya khasiat

Jamur kuping (Auricularia auricula-judae) merupakan salah satu jenis jamur yang banyak tumbuh liar di Indonesia. Biasanya jamur ini tumbuh di pepohonan yang telah mati, dalam kondisi pohon yang lembap dan basah. Namun, tak jarang pula jamur satu ini dibudidayakan.

Terdapat 3 jenis jamur kuping, jamur kuping merah, jamur kuping putih dan jamur kuping hitam. Jamur kuping biasa dimasak dengan cara di tumis atau disayur. Tak hanya memiliki tekstur yang kenyal,  jamur kuping memiliki manfaat untuk kesehatan berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya seperti vitamin C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, folat, serat. Serta kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, zinc, sodium dan kalsium.

Dari kandungan tersebut, jamur kuping bermanfaat untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut.

1. Melancarkan sistem pencernaan

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!buoyhealth.com

Pencernaan bermasalah seperti sembelit, diare, perut kembung dapat diatasi dengan mengonsumsi jamur kuping, karena jamur kuping mengandung serat yang cukup tinggi. Dan tentunya serat memang nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi keluhan pencernaan.

2. Mengatasi anemia

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!health.clevelandclinic.org

Penderita anemia biasa disarankan untuk mengonsumsi daging merah, namun perlu kamu tahu bahwa jamur kuping juga berperan dalam mengatasi anemia. Hal tersebut karena jamur kuping mengandung mineral dan zat besi, 2 zat tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Ajaib dari Jamur Shiitake Bagi Kesehatan Tubuh

3. Bermanfaat menangkal radikal bebas

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!easyhealthoptions.com

Perlu kamu ketahui juga, jamur kuping ternyata mengandung antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Seperti halnya kanker dan tumor merupakan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Menjaga stamina dan menambah kekebalan tubuh

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!unsplash.com/brookecagle

Manfaat selanjutnya yang kamu dapat dari mengonsumsi jamur kuping adalah menambah kekebalan tubuh. Hal tersebut tentunya berkat kandungan yang ada dalam jamur kuping seperti vitamin C dan vitamin B2 yang berperan sebagai riboflavin yang akan menutrisi tubuh sehingga terjaga kekebalannya.

5. Dan bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan peradangan

5 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh, Masak Yuk!invitrointl.com

Selain manfaat di atas, jamur kuping ternyata bermanfaat juga mengatasi peradangan pada kulit atau tubuh bagian dalam. Hal tersebut dikarenakan jamur kuping memiliki sifat antiinflamasi, yang tentunya sifat ini dibutuhkan untuk nutrisi tubuh terutama saat terkena iritasi maupun peradangan.

Wah, ternyata selain rasa kenyal yang kamu dapat ketika menyantap jamur kuping, memiliki manfaat yang tersimpan di dalamnya. Mulai sekarang jangan lupa tambahkan jamur kuping, ya di menu masakanmu.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jamur yang Aman Dikonsumsi

Ineu Nursetiawati Photo Community Writer Ineu Nursetiawati

Berbagi gak harus materi, salah satu caranya lewat tulisan :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You