Comscore Tracker

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Yuk, periksa sekarang!

Tubuh kita mengandung berbagai macam zat yang diperlukan agar menjadi sehat. Selain nutrisi berupa gizi, vitamin, dan air, tubuh juga memerlukan zat gula yang nantinya akan diubah menjadi energi. Namun, zat gula ini dapat membuat ketergantungan. 

Penyakit gula sangat membahayakan karena berisiko kematian. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Sebelum terlambat, berikut lima tanda bahwa tubuhmu sudah kelebihan kadar gula. Ayo, cek!

1. Ketagihan gula

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gulapexels.com/FloDahm

Tanda pertama tubuh kamu kelebihan gula adalah ketagihan gula. Jika kadar gula dalam tubuh berlebihan, tubuh akan merespons seperti kecanduan. Hal itu pun akan sulit diatasi.

2. Berat badan bertambah

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gulapexels.com/pixabay

Gula ternyata bisa membuat tubuh kamu jadi doyan makan, loh. Jika kamu terus merasa lapar, berat badanmu perlahan-lahan akan terus bertambah. Efeknya adalah kadar insulin dalam darah semakin meningkat dan bisa mengakibatkan diabetes melitus tipe 2. 

Baca Juga: 5 Manfaat Biji Kelor, dari Kesehatan Mata hingga Stabilkan Gula Darah

3. Perubahan suasana hati

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gulapexels.com/pixabay

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan sugar crush, yakni suasana hati yang dapat berubah-ubah (mood swing). Tak heran, bagi penyuka gula, ia akan merasakan perasaan senang dan sedih yang bergantian dengan cepat.

Kondisi seperti ini juga bisa meningkatkan risiko depresi semakin tinggi. Tingkat depresi seseorang penyuka gula bisa mencapai 30 persen lebih tinggi daripada orang biasa, loh.

4. Jerawat

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gulabeetify.com

Konsumsi gula berlebih menyebabkan tubuh memproduksi insulin lebih banyak untuk mengubah zat gula menjadi energi. Kandungan insulin yang tinggi ini bisa memicu timbulnya jerawat. Jika ingin wajahmu terhindar dari jerawat, perhatikan asupan gula dalam tubuh, ya

5. Mudah lemas

Yakin Sehat? Ini 5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gulapexels.com/pixabay

Konsumsi gula berlebih juga menyebabkan gula darah berfluktuasi. Itu sebabnya tubuh menjadi mudah lemas. Hal ini juga bisa disebabkan oleh resistensi insulin dalam tubuh.  

Itulah lima tanda tubuh kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Sayangi tubuh dan jaga kesehatanmu agar terhindar dari bahaya penyakit akibat gula.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Konsumsi Gula Berlebih Tidak Baik untuk Kesehatanmu

cumi bakar Photo Verified Writer cumi bakar

Penikmat Sastra, Penonton Ulung, Hobi Makan.. Follow @isroima

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya