Comscore Tracker

Cara Perkuat Imunitas saat Pandemik Menurut Pakar Internasional

Bukan hanya dengan minum suplemen!

Sadar maupun tidak, pandemik COVID-19 membuat kita semakin peduli dengan kesehatan. Kini bisa dibilang hampir semua orang berusaha untuk memperkuat imunitas agar tidak mudah sakit, apalagi tertular virus SARS-CoV--2.

Tren menjaga imunitas juga diakui oleh para pakar internasional yang hadir di acara Vitafoods Asia Digital Week bertajuk "Identifying what's next for the immune health category" pada Selasa (2/2/2021). Disebutkan bahwa ketertarikan masyarakat untuk memenuhi nutrisi sehari-hari kian meningkat mulai 2020 lalu. 

Para pakar yang hadir di acara online tersebut juga memaparkan beberapa cara untuk memperkuat imunitas di tengah pandemik. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Vaksin juga harus diiringi dengan konsumsi makanan bernutrisi

Cara Perkuat Imunitas saat Pandemik Menurut Pakar Internasionalplanetdiet.org

Seperti yang kita tahu, vaksin kini tengah didistribusikan kepada masyarakat. Ini merupakan salah satu cara yang dapat melindungi kita dari infeksi COVID-19. Namun Dr. Jun Nishira, Wakil Presiden Department of Medical Management and Informatics Hokkaido Information University, Jepang mengatakan bahwa vaksin saja tidak akan cukup untuk memperkuat sistem imun. 

"Kita saat ini telah menggunakan vaksinasi, namun di saat yang bersamaan hal ini harus diiringi dengan konsumsi makanan yang bisa perkuat sistem imun," katanya. 

Ia mengatakan salah satu makanan yang banyak diincar di Jepang adalah jamur maitake. Di dalamnya terdapat zat-zat yang bisa menstimulasi kerja sistem imun sekaligus menurunkan kadar lemak dan gula darah. Selain itu, maitake juga kaya akan antioksidan, zat yang dibutuhkan tubuh di tengah pandemik seperti sekarang. 

Baca Juga: 7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakit

2. Imunitas bukan hanya soal suplemen

Cara Perkuat Imunitas saat Pandemik Menurut Pakar Internasionalsweetdefeat.com

Membicarakan imunitas, direktur Nutriconnect Dr. Dilip Ghosh angkat bicara mengenai kesalahpahaman yang beredar di masyarakat. Banyak orang yang menganggap suplemen adalah satu-satunya cara untuk memperkuat imunitas, padahal ini salah. 

"Kita membutuhkan sistem imun yang kuat dan berkelanjutan tapi kita tak bisa mencapainya dalam satu hari hanya dengan suplemen," terang Dilip Ghosh.

Oleh karena itu, ia menambahkan bahwa hal ini baru bisa tercapai ketika kita mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Aspek tersebut meliputi perubahan pola makan, kebiasaan, hingga olahraga. Semuanya harus diperbaiki dan dilakukan secara konsisten. Nantinya, sistem imun akan menjadi lebih kuat. 

3. Berikut ini beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh

Cara Perkuat Imunitas saat Pandemik Menurut Pakar Internasionalindependent.co.uk

Sebagai petunjuk untuk mengubah gaya hidup, Dr. Dilip Ghosh menyebutkan sejumlah nutrisi dan makanan yang paling dibutuhkan tubuh. Tren permintaan dari masyarakat Asia terhadapnya juga kian meningkat karena nutrisi dan sumber makanan ini terbukti sangat bermanfaat untuk sistem imun. Berikut ini di antaranya:

  • Vitamin D, bisa didapatkan dari kuning telur, salmon, tuna, daging merah, hati, susu, dan jamur;
  • Vitamin C, bisa didapatkan dari stroberi, beri-berian, kiwi, berbagai jenis jeruk, dan brokoli;
  • Asam amino, bisa didapatkan dari ikan, telur, jamur, keju, dan kacang-kacangan;
  • Antioksidan, bisa didapatkan dari beri-berian, dark chocolate, sayuran hijau, dan kacang-kacangan;
  • Zinc, bisa didapatkan dari daging, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dan telur.

Di tengah pandemik ini, kita memang harus menjaga kekuatan sistem imun. Sebab ialah yang menopang tubuh agar tidak mudah sakit. Kamu bisa melakukan anjuran dari para pakar internasional di atas, ya!

Baca Juga: 7 Gejala Sistem Imun yang Melemah Saat Pandemik, Cegah Sebelum Sakit

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya