Comscore Tracker

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakit

Cocok dikonsumsi di tengah pandemik COVID-19

Salah satu kunci untuk tetap sehat di tengah pandemik COVID-19 yang masih berlangsung adalah dengan memastikan sistem imun tetap terjaga. Sebab, ketika tubuh terserang virus atau bakteri, merekalah garda terdepan yang bertugas untuk memeranginya. 

Selama ini, masyarakat mengetahui bahwa salah satu cara untuk memperkuat sistem imun adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin, buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Namun, ada pula bahan-bahan herbal yang juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas. Terlebih kita tinggal di Indonesia, negara dengan segudang tanaman herbal yang siap untuk dieksplor. 

Badan riset Tiongkok bernama Mintel baru-baru ini merilis bahan-bahan herbal yang sedang populer dikonsumsi di negara tersebut. Masyarakat setempat percaya bahwa bahan-bahan ini mampu memperkuat sistem imun mereka, sehingga tubuh bisa tetap sehat di tengah pandemik. 

Untuk menjelaskan setiap bahan herbal yang disebutkan dan penggunaannya, IDN Times menghubungi Dr. Fenny Yunita, M.Si., Ph.D., dokter umum sekaligus alumni magister herbal medik dan doktor integrative chinese and western medicine pada hari Jumat (18/9/2020).

1. Ginseng

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitbritannica.com

Tumbuhan herbal pertama yang banyak digunakan masyarakat Tiongkok adalah ginseng. Tumbuhan akar ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Ada dua penyusun utama yang membuat ginseng menyehatkan, yaitu ginsenosides dan gintonin.

Menurut penelitian dari The Korean Society of Ginseng tahun 2013, kandungan di dalam ginseng secara efektif memperkuat sistem imun tubuh. Cara kerjanya adalah dengan mempertahankan kemampuan homeostasis serta mengontrol aktivitas sel imun. Dengan begitu, tubuh lebih tahan terhadap serangan berbagai patogen. 

"Namun, ada berbagai jenis ginseng dengan sifat yang berbeda pula dan perlu analisis yang tepat untuk memutuskan menggunakan ginseng sebagai suplemen menambah daya tahan tubuh, yang artinya akan digunakan untuk jangka waktu yang cukup panjang. Selain jenis ginsengnya, juga perlu perhatikan dosis dan kombinasi herbal lain dalam suatu produk," kata Dr. Fenny.

2. Jamur cordyceps

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitmade-in-china.com

Tumbuhan herbal yang satu ini mungkin cukup asing di telingamu. Cordyceps merupakan jamur parasit yang tumbuh di larva serangga. Mereka menumpang dan mengambil nutrisi serangga hingga tubuhnya membesar dan sang larva mati. 

Walaupun terdengar jahat, ternyata jamur cordyceps memiliki banyak manfaat untuk manusia. Mulai dari mencegah penuaan dini, membantu penanganan diabetes tipe 2, hingga menyehatkan jantung dan paru-paru. 

Tumbuhan herbal yang terkenal di Tiongkok ini tidak secara spesifik bisa meningkatkan sistem imun. Namun, riset menyebut bahwa cordyceps bisa menekan produksi protein yang menimbulkan peradangan, terutama ketika tubuh sedang terserang virus dan bakteri. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan ginseng dan cordyceps

"Kedua herbal ini (ginseng dan cordyceps) memiliki sifat hangat, sehingga konsumsi jangka panjang dan pada orang tertentu yang memang sudah punya kondisi tubuh dengan sifat hangat/panas dapat berpotensi menimbulkan keluhan yang tidak nyaman akibat panas di dalam tubuhnya. Namun, di orang yang lain yang kondisi tubuhnya cenderung dingin, kedua bahan ini akan berdampak baik," kata dokter yang menyelesaikan pendidikan doktoral di Hunan University of Chinese Medicine, Tiongkok ini.

Baca Juga: Apa Jadinya Jika Vaksin COVID-19 Tak Ditemukan? Ini 7 Gambarannya!

3. Asupan probiotik

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitnordicnaturals.com

Kamu pasti sering mendengar kata probiotik di dalam iklan yoghurt. Benar, probiotik merupakan asupan makanan yang mengandung bakteri baik. Bahan yang satu ini biasanya berkaitan erat dengan kesehatan pencernaan. Kamu bisa menemukannya di dalam yoghurt, tempe, dan makanan fermentasi lainnya.

Tak hanya itu, probiotik juga bisa dimanfaatkan sebagai penguat sistem imun. Melansir Healthline, ini karena bahan tersebut mampu meningkatkan produksi sel imun seperti IgA, T limfosit, dan lain sebagainya. 

Studi dari British Medical Journal tahun 2001 mengatakan bahwa konsumsi probiotik bisa mencegah frekuensi dan tingkat keparahan infeksi pernapasan hingga 17 persen. Ini membuktikan bahwa probiotik cocok dikonsumsi di tengah pandemik seperti sekarang ini. 

4. Propolis

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitwikimedia.org

Berikutnya ada propolis. Ini merupakan bahan mirip resin yang digunakan lebah untuk membuat sarang. Itulah kenapa kita bisa mendapatkan asupan ini dari sarang lebah. 

Riset mengenai propolis cukup terbatas. Namun, hingga saat ini bahan herbal tersebut dipercaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, serta antiperadangan. Sangat kaya, ya!

Terlebih, propolis terbukti bisa memperkuat sistem imun kita. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences, propolis mampu berperan sebagai immunomodulator atau mengatur fungsi dan aktivitas sistem imun. Bahkan, menurut studi lain, propolis secara spesifik ampuh untuk mencegah penyakit pernapasan atas. 

5. Jahe

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitmedicalnewstoday.com

"Herbal lain yang juga sering digunakan masyarakat adalah jahe yang dapat menghangatkan paru, dan pada penelitian juga didapakan bukti berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh," begitu kata Dr. Fenny. 

Jahe, tumbuhan rimpang yang banyak tumbuh di Indonesia ini kaya akan manfaat. Sebab, jahe memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang sangat kuat. Salah satu khasiatnya adalah memperkuat sistem imun tubuh. 

Menurut studi International Journal of Preventive Medicine tahun 2013, antioksidan berupa gingerols, shogaol, dan paradols yang dikandung oleh jahe bahkan bisa mencegah berbagai macam kanker. Salah satu cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mencampurkan rebusan jahe dengan madu.

6. Bahan herbal lain dari Tiongkok yang bisa dimanfaatkan

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitbigcommerce.com

Selain yang disebutkan di atas, masyarakat Tiongkok juga mengenal tumbuhan herbal lain yang berperan dalam pencegahan dan penanganan COVID-19. Di antaranya adalah Radix astragali (akar astragalus), Glycyrrhizae (licorice/akar manis), Saposhnikoviae divaricata, dan Rhizoma Atractylodis Macrocephalae.

"Ini adalah beberapa herbal Tiongkok yang dapat digunakan sebagai pencegahan maupun sebagai terapi komplementer pada pengobatan COVID-19," terang Dr. Fenny.

Herbal yang digunakan sebagai upaya pencegahan aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena sifatnya netral dan bisa meningkatkan sistem imun. Sementara itu, untuk upaya pengobatan, penggunaan tumbuhan herbal harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. 

7. Tumbuhan herbal Indonesia yang bisa kamu manfaatkan sebagai penguat sistem imun

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitalchetron.com

Indonesia juga memiliki ragam tumbuhan herbal yang beragam. Sebagiannya disarankan untuk dikonsumsi di tengah pandemik COVID-19. Berikut ini rekomendasi Dr. Fenny:

  • Meniran;
  • Kunyit;
  • Temulawak;
  • Sambiloto;
  • Jambu biji;
  • Akar manis/licorice.

Bahan-bahan tersebut memiliki banyak khasiat. Mulai dari sumber antioksidan, imunostimulan, antiperadangan, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga mudah ditemukan, lho.

Penggunaan tumbuhan herbal sebagai penguat imunitas

7 Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik, Gak Mudah Sakitfreepik.com

"Pada prinsipnya obat tradisional itu perlu konsumsi yang rutin untuk mencapai manfaatnya, bukan bersifat instan. Maka, jadikan itu menjadi bagian dari gaya hidup kita," saran dokter yang aktif sebagai pengurus pusat Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) tersebut. 

Perlu diketahui bahwa ada bahan-bahan herbal yang tidak bisa digunakan secara bersamaan. Namun, yang memiliki aturan seperti itu biasanya bukanlah bahan herbal yang bisa dikonsumsi jangka panjang. Bahan herbal yang ditujukan untuk meningkatkan imunitas biasanya termasuk ke dalam kategori aman dan tak memiliki pantangan khusus dalam mengonsumsinya. 

Selain bahan-bahan herbal, masih banyak lagi cara lain untuk meningkatkan sistem imun. Di antaranya dengan mengonsumsi buah dan sayur, protein, menyeimbangkan nutrisi, tidur yang cukup, berolahraga, dan menjaga kesehatan mental. 

Di tengah pandemik ini, jangan lupa untuk tetap memakai masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan sebisa mungkin tetap di rumah jika tidak ada urusan yang penting. Semoga kamu selalu sehat!

Baca Juga: 10 Kombinasi Makanan yang Gak Boleh Dimakan Bersamaan, Bikin Sakit!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya