Comscore Tracker

IMS 2020: Avila Bahar, Pembalap Muda yang Ingin Membanggakan Indonesia

Kiprahnya di ajang balap nasional tak perlu diragukan lagi!

Muda dan berprestasi adalah kata-kata yang layak untuk mendeskripsikan Avila Bahar. Di usianya yang masih belia, Avila berhasil menyabet gelar ITCR Rising Star di tahun 2019. Pembalap muda tersebut memang baru berkiprah selama empat tahun. Namun prestasi yang diraihnya sangat membanggakan. 

Avila Bahar menjadi pembicara dalam sesi “Youth Empowerment through Sports” di acara Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Media. Lelaki yang baru berusia 18 tahun itu akan tampil di panggung “Talent Trifecta” by IDN Times, pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 di Gedung Tribrata, Jakarta.

1. Merupakan generasi ketiga Bahar Racing Family

IMS 2020: Avila Bahar, Pembalap Muda yang Ingin Membanggakan Indonesiainstagram.com/avilabahar

Nama belakang ‘Bahar’ yang disandingnya bukanlah sembarang nama. Keluarga Avila Bahar terkenal sebagai pembalap ternama di jagat Indonesia. Ia sendiri merupakan generasi ketiga dari ‘Bahar Racing Family’ di keluarganya.

Sang kakek, almarhum Aswin Bahar merupakan salah satu pembalap senior yang telah berkiprah sejak tahun 1963. Kemudian disusul oleh sang ayah, Alvin Bahar yang hingga saat ini masih mempertahankan rekor pemegang juara nasional terbanyak di Indonesia.

Keputusan Avila untuk terjun ke dunia balap tidak lepas dari pengaruh kedua sosok tersebut. Namun ia memang tertarik dengan bidang tersebut sejak kecil dan bertekad meneruskan karier balap di keluarganya.

2. Sepak terjangnya di ajang balap nasional tak perlu diragukan lagi

IMS 2020: Avila Bahar, Pembalap Muda yang Ingin Membanggakan Indonesiainstagram.com/avilabahar

Avila Bahar memulai karier di dunia balap pada tahun 2016. Saat itu, ia masih berusia 14 tahun. Di tahun debutnya tersebut, Avila berlaga di ajang Honda Brio Speed Challenge (HSBC) dan meraih gelar runner up. Itu merupakan prestasi yang membanggakan, terlebih ia baru saja terjun di bidang tersebut.

Di tahun keduanya, Avila berhasil menyabet gelar juara umum Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) kategori Promotion. Kemudian di tahun 2019, Avila yang semakin andal pun mengikuti Kejurnas Indonesia Touring Car Racing (ITCR) MAX bersama sang ayah. Di ajang tersebut, ia berhasil menjadi ITCR 16 MAX Rising Star tahun 2019 dan posisi 3 Overall. 

Baca Juga: IMS 2020: Sheilla Firdausa, Perempuan Hebat di Balik Brand Wardah

3. Berhasil mewujudkan mimpi satu podium bersama sang ayah

IMS 2020: Avila Bahar, Pembalap Muda yang Ingin Membanggakan Indonesiainstagram.com/avilabahar

Laki-laki kelahiran tahun 2002 tersebut mengaku bahwa salah satu mimpinya adalah berada satu podium dengan sang ayah. Ia pun berhasil mewujudkannya di ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) tahun 2018. 

Di ajang tersebut, Avila ikut bertanding bersama Alvin Bahar. Sang ayah berhasil menyabet juara kedua sedangkan Avila berada di posisi keempat. Alhasil, Avila pun naik ke atas panggung untuk mendapatkan piala penghargaan bersama sang ayah. 

Bagi Avila, momen tersebut sangatlah istimewa. Ia bisa berada di podium yang sama dengan sosok mentor, idola, sekaligus ayahnya sendiri. 

4. Ingin membawa nama Indonesia ke kancah internasional

IMS 2020: Avila Bahar, Pembalap Muda yang Ingin Membanggakan Indonesiahttps://instagram.com/avilabahar

Pembalap belia tersebut masih terus mengejar mimpinya yang besar. Ia memiliki cita-cita untuk menjadi meneruskan karier hingga menjadi pembalap dunia. Bukan hanya untuk diri sendiri maupun keluarganya saja. Ia pun ingin bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

Ingin mendengar kisah dan sepak terjang Avila Bahar lebih lanjut? Kamu bisa bertemu dengan pembalap muda tersebut di acara Indonesia Millennial Summit 2020. Avila akan menjadi salah satu nara sumber yang akan menyuguhkan kisah inspiratifnya. 

Indonesia Millennial Summit 2020 adalah pertemuan independen para pemimpin Millennial mengusung tema “Shaping Indonesia’s Future”. IMS 2020 digelar di Gedung Tribrata, Dharmawangsa Jakarta Selatan selama dua hari, 17 dan 18 Januari 2020.

https://www.youtube.com/embed/H0RkJDNJasA

Acara ini menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten yang memiliki visi membangun Indonesia di masa depan. Dalam IMS 2020 diluncurkan pula Indonesia Millennial Report 2020 by IDN Research Institute.

Baca Juga: IMS 2020: Aero Aswar Memulai Jadi Atlet Jet Ski di Usia 4 Tahun

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya