Comscore Tracker

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!

Superfood memiliki khasiat kesehatan yang super

Jika Superman adalah sesosok manusia dengan kekuatan super, arti yang serupa juga berlaku pada superfood. Jika kamu belum tahu, superfood adalah kategori makanan yang diklaim memiliki khasiat super atau sangat menyehatkan.

Sebenarnya tidak ada kriteria yang paten mengenai makanan apa saja yang bisa disebut sebagai superfood. Hal ini menyebabkan sebuah kontroversi di masyarakat karena akhirnya istilah tersebut dimanfaatkan sebagai alat pemasaran. Padahal tidak semua jenis makanan bisa digolongkan ke dalamnya

Walaupun begitu, superfood memang ada kok. Berikut ini tujuh jenis makanan yang layak untuk mendapatkan titel tersebut beserta dengan khasiatnya untuk kesehatan!

1. Salmon kaya akan omega-3

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!theconversation.com

Makanan favorit beruang kutub ini layak disebut superfood karena kaya akan asam lemak omega-3. Zat tersebut dikenal memiliki serangkaian manfaat kesehatan. Di antaranya mengobati penyakit yang disebabkan oleh peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga membantu menjaga berat badan ideal.

Selain mengandung omega-3, salmon juga kaya akan lemak baik yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat. Protein, vitamin B, potassium, dan selenium juga terkandung di dalamnya. Namun kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih ikan tersebut karena sebagian dapat terkontaminasi oleh merkuri.

2. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!u4uvoice.com

Banyak orang yang tidak mau makan sayuran hijau, padahal sebenanrya mereka memiliki khasiat yang sangat banyak. Yang disebut sayuran hijau adalah kale, brokoli, sawi, dan bayam.  Mereka kaya akan vitamin A, C, dan K. Begitu pula serat, kalsium, folat, dan zinc

Menurut studi dari Molecular Diversity Preservation International tahun 2018, sayuran hijau dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Kandungan antioksidan yang dimilikinya juga bisa melawan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

3. Beri-berian adalah sumber antioksidan

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!verywellfit.com

Raspberi, bluberi, stroberi, blackberry, dan cranberry juga tergolong superfood. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, beri kaya akan antioksidan, seperti resveratrol, anthocyanin, flavonoid, dan ellagic acid

Tidak hanya melindungi diri dari radikal bebas, zat tersebut juga bisa mencegah berbagai penyakit. Misalnya diabetes, penyakit jantung, penyakit saraf degeneratif, hingga kanker. Selain itu, beri juga sangat bagus untuk memperkuat sistem imun kita, lho!

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersih

4. Bawang putih memiliki manfaat yang beragam

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!mybebox.com

Tanpa kamu sadari, bawang putih hadir di sebagian besar makanan yang kamu konsumsi. Pasalnya, di Indonesia, ia termasuk salah satu bumbu dasar. Tanpa disadari pula, bawang putih ternyata memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar hingga layak disebut superfood. Apa sajakah itu?

Di setiap siungnya, bawang putih mengandung 13 kalori, vitamin B6, C, mangan, selenium, dan serat. Dilansir dari Greatist, kandungan tersebut dapat melawan infeksi jamur, mengurangi risiko kanker endometrium, penyakit jantung, menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta memperkuat sistem imun kita. 

5. Teh hijau mengandung polifenol yang dapat melawan kanker

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!republiclab.com

Superfood berikutnya adalah teh hijau. Minuman favorit bangsa Tiongkok ini terkenal akan khasiatnya dalam pengobatan. Dilansir dari Healthline, teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol yang sangat ampuh dalam melawan penyakit karena radang. 

Bukan hanya itu, sudah banyak pula penelitian yang mengatakan bahwa minuman tersebut bisa membantu penyembuhan penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Teh hijau juga merupakan alternatif yang lebih sehat bagi para pecandu kopi.

6. Minyak zaitun dapat menjaga kesehatan otak, tulang, kulit, dan jantung

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!tasteofhome.com

Minyak zaitun sering kali digunakan sebagai pengganti minyak goreng bagi orang yang sedang diet. Ternyata bukan hanya itu saja manfaatnya. Dilansir dari Olive Wellness Institute, minyak zaitun dapat menjaga kesehatan tulang, otak, kulit, serta jantung kita.

Dengan menggunakannya untuk memasak, kita akan menambahkan berbagai nutrisi ke dalam makanan. Di antaranya adalah antioksidan, vitamin E, dan K. Minyak zaitun juga dikenal dapat menjaga kandungan gizi makanan agar tidak hilang bersama dengan suhu panas.

7. Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan lemak nabati

Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!dailymail.co.uk

Salah satu sumber protein nabati yang terbaik adalah kacang-kacangan. Kamu bisa mendapatkannya pada kacang tanah, kacang merah, almond, mede, kapri, dan lain-lain. Bukan hanya protein, mereka juga kaya akan lemak yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh kita.

Makanan ini juga baik dikonsumsi sebagai camilan ketika diet, lho! Menurut laman Hyde, segenggam kacang hanya mengandung 100 kalori. Padahal dengan memakannya, perut akan terasa kenyang lebih lama.

Selain semua makanan yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi jenis superfood lainnya. Walaupun memiliki banyak khasiat, sebaiknya kamu memerhatikan keseimbangan nutrisinya juga, ya.

Jangan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Kombinasikan beberapa dari superfood tersebut untuk mendapatkan gizi yang maksimal.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya