Comscore Tracker

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!

Gampang ditemukan dan mudah dicoba

Bau mulut sering menjadi permasalahan yang dapat mengurangi rasa percaya diri. Bau mulut atau halitosis dapat menyerang siapa saja. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh jarangnya menggosok gigi atau tidak terjaganya kebersihan mulut dan gigi. Serpihan sisa makanan yang tertinggal dalam mulut akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat mengeluarkan senyawa berbau tak sedap penyebab bau mulut.

Jika tidak dibersihkan, bakteri  tersebut akan berkembang semakin banyak hingga membentuk plak gigi. Dengan begitu bau yang timbul akan semakin parah. Oleh karena itu sangat penting bagimu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi untuk mencegah munculnya bau mulut. Selain itu kamu juga dapat menggunakan beberapa bahan alami berikut ini lho!

1. Jeruk

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!Freepic/jcomp

Selain menyegarkan, jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan produksi air liur. Bakteri penyebab bau mulut akan terbilas dari mulut seiring meningkatnya jumlah air liur. Vitamin C yang terdapat pada jeruk juga dapat mencegah terjadinya sariawan dan radang gusi lho. Oleh karena itu akan sangat baik jika kamu mau mengonsumsi buah segar ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

2. Yoghurt

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!Freepic/Narong27

Produk olahan susu seperti yoghurt juga dapat menghilangkan bau mulut lho. Hal tersebut karena yoghurt memiliki kandungan probiotik yang mampu membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, kandungan lactobacillus pada yoghurt juga mampu memerangi bakteri jahat pada usus. Kamu bisa mengonsumsi satu porsi yoghurt tawar yang tidak mengandung lemak setiap hari.

3. Akar manis

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!Freepic/Antoniogravante

Licorice atau akar manis merupakan obat herbal yang sudah banyak digunakan untuk mengatasi peradangan kulit, gatal-gatal, dan juga nyeri ulu hati. Selain itu akar manis juga memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dipercaya dapat meredakan sariawan, mencegah kerusakan gigi, dan menghilangkan bau mulut.  Ekstrak akar manis bisa kamu temukan dalam berbagai produk herbal baik dalam bentuk tablet isap maupun obat kumur. Meski begitu, akar manis juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan seberapa jauh keefektivitasannya. 

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Konsumsi Jengkol, Ampuh!

4. Daun sirih

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!Freepic/Tete_escape

Daun sirih sering digunakan sebagai obat herbal. Banyak juga orang menggunakannya dengan cara yang tradisional. Kamu bisa menggunakan daun sirih ini dengan cara mengunyahnya. Kandungan antibakteri dan antiradang yang terdapat pada daun sirih dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dengan begitu gigi akan menjadi bersih dan semakin kuat, serta akan membantu mengatasi bau mulut.

5. Teh hijau dan daun mint

5 Bahan Alami untuk Atasi Bau Mulut, Wajib Dicoba!Freepic/Jcomp

Teh hijau atau green tea diketahui memiliki kandungan zat yang bersifat antioksidan dan antibakteri yang terbukti mampu mengatasi peradangan. Kandungan olifenol pada teh hijau juga mampu menghilangkan bau mulut lho! Kamu bisa meminumnya sebanyak tiga kali dalam sehari. Akan lebih baik lagi jika bisa mencampurkan daun mint ke dalam seduhan teh hijau sebelum meminumnya.  Sebab daun mint juga dipercaya efektif dalam mengatasi bau mulut.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika mengalami bau mulut. Karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa bahan alami tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gak Perlu ke Dokter, Ini 8 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya