Comscore Tracker

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demam

Biar gak makin parah

Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh mencapai atau melebihi 38°C. Sebenarnya, demam bukanlah suatu penyakit yang datang dengan sendirinya. Demam merupakan gejala yang menyertai penyakit, seperti flu atau pilek. Karena itu, demam bisa sembuh saat penyakit yang mendasarinya juga sembuh.

Demam juga merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit. Namun, bila demam semakin membuat tubuh tidak nyaman, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Ada pula beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat demam, karena dikhawatirkan malah akan menghambat proses penurunan suhu tubuh. Apa saja itu?

1. Kompres dan mandi menggunakan air dingin

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demamhiveminer.com

Tidak sedikit orang yang masih menganggap kompres dan mandi menggunakan air dingin dapat menolong tubuh yang panas karena demam. Tapi, itu keliru, lho. Menurut IDAI, dapat terjadi peningkatan pusat pengatur suhu hipotalamus, sehingga badan menggigil dan tambah panas. Kompres menggunakan air dingin juga membuat pembuluh darah mengicil dan suhu tubuh meningkat.

Sementara itu, mandi air dingin juga tidak dianjurkan. Menurut dr. Yusra Firdaus, seorang dokter umum di Rumah Vaksinasi Cikarang dan Rumah Sakit Permata Bekasi, tubuh akan menganggap air dingin sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Sehingga suhu tubuh akan semakin meningkat dan demam menjadi semakin parah. Air dingin juga dapat menutup pori-pori kulit, yang dapat menghambat perpindahan suhu tubuh.

2. Menggunakan selimut tebal

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demamdeherba.com

Demam membuat tubuh menjadi menggigil. Sehingga tak jarang orang memilih istirahat di dalam selimut sepanjang hari agar tidak semakin menggigil karena udara. Padahal, menurut Suranjit Chatterjee, seorang konsultan senior pengobatan dalam di Indraprastha Apollo Hospitals New Delhi, selimut tebal dapat memerangkap panas dalam tubuh sehingga suhu badan sulit turun dengan cepat.

Hal itu juga terjadi ketika mengenakan pakaian panjang. Bahkan, tubuh bisa menjadi kejang karena demam yang semakin meningkat, akibat dari suhu panas yang dikeluarkan tubuh tidak dapat menguap dengan baik.

Baca Juga: 7 Tindakan Tepat Saat Demam Melanda, Ukur Suhu Tubuh Secara Berkala

3. Bermain smartphone

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demamnpr.org

Saat demam, bukan hanya menggigil yang dirasakan tubuh, melainkan juga sakit kepala dan telinga, keringat dingin, dehidrasi, bahkan diare dan muntah-muntah.

Karena itu, tidak dianjurkan menghadap layar ponsel ketika sedang demam. Dikhawatirkan radiasinya akan semakin membuat sakit kepala dan mata lelah, sehingga menghambat kesembuhan. Terlebih bila memutar musik menggunakan earphone, tidak hanya menambah pusing tetapi juga membuat telinga semakin tidak nyaman.

Selain itu, menurut dr. Yusra Firdaus, cahaya biru dari smartphone dapat menganggu kerja sinyal di otak, sehingga menyebabkan stres yang dapat berujung pada migrain.

4. Pijat

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Demamdreamstime.com

Pijat memang dapat membuat badan kembali segar, terutama ketika sedang sakit. Namun, pijat tidak bisa dilakukan setiap sedang sakit, salah satunya ketika demam. Pijat saat demam sangat tidak dianjurkan karena aliran darah yang sebenarnya sudah cepat akan terus meningkat sehingga suhu tubuh pun semakin tinggi.

Bahkan, pada kasus DBD, pijat berisiko mengakibatkan pembuluh darah pecah. Adanya penurunan kadar trombosit yang signifikan mempengaruhi kondisi pembuluh darah, bila dalam keadaan demikian tetap pijat maka pembuluh darah bisa pecah dan memicu pendarahan di dalam yang menjadi sangat berbahaya.

5. Mengonsumsi makanan & minuman yang mengandung gula tinggi

Inilah 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat DemamIlustrasi laki-laki (canstockphoto.com)

Rupanya, orang demam juga disarankan menghindari atau mengurangi makanan dan minuman tertentu. Terutama yang mengandung banyak gula seperti, roti tawar, permen, minuman berenergi, bahkan jus buah.

Menurut studi di American Journal of Clinical Nutrition, kandungan gula dapat mengurangi efektivitas kinerja sel darah putih dalam menghancurkan sel bakteri di dalam tubuh. Selain itu, gula tambahan pada minuman berenergi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh mengalami peradangan. Yang semua itu membuat terhambatnya proses penyembuhan demam.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat demam. Sebaiknya, segera periksakan ke dokter bila dalam 3-4 hari tidak ada tanda-tanda penurunan suhu tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Murbei, Si Herbal Penurun Demam Alami

Langgeng Irma Photo Verified Writer Langgeng Irma

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Arifina Aswati
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya