Comscore Tracker

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Ini

Salah satunya sering makan makanan manis

Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh terus dijaga agar tetap prima. Karena, biasanya di musim hujan banyak penyakit yang menyertai, seperti flu, batuk, pilek, demam berdarah, diare, tifus, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), hepatitis A, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi kita masih dilanda pandemik COVID-19, menjaga daya tahan tubuh tetap sehat agar tak mudah terserang penyakit adalah harga mati!

Ada banyak cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan menjauhi beberapa kebiasaan makan di bawah ini.

1. Terlalu banyak konsumsi garam 

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Inipixabay.com/falovelykids

Konsumsi garam yang tinggi biasanya dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi alias hipertensi. Nyatanya, studi yang dilakukan oleh University Hospital Bonn, Jerman, dan diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine pada Maret 2020 lalu menyebut bahwa tingginya kadar garam dalam tubuh juga bisa berdampak pada melemahnya sistem imun. Hal ini merupakan efek samping dari kerja ginjal yang harus mengeluarkan garam berlebih dari dalam tubuh.

Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk memperhatikan seberapa banyak asupan garam harian. Menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi garam adalah 2.000 mg natrium atau setara dengan 1 sendok teh garam per orang per hari ( 5 gram garam per orang per hari).

Selain itu, kamu pun juga perlu waspada dengan asupan garam dari makanan yang kamu beli, misalnya dari makanan cepat saji seperti piza atau burger, mi instan, makanan kalengan, atau makanan kemasan lainnya. Jenis makanan tersebut terkenal tinggi gula.

2. Konsumsi gula berlebihan

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Inipixabay.com/free-photos

Peringatan, nih, buat penyuka makanan dan minuman manis, apalagi yang banyak mengonsumsinya sebagai pelampiasan stres yang sedang dialami.

Mulai saat ini, yuk, hindari konsumsi gula yang terlampau tinggi. Tak hanya buruk untuk kondisi kesehatan mental, tetapi juga dapat menurunkan ketahanan daya tahan tubuh.

Ada sebuah penelitian yang mencoba menyingkap hubungan antara gula dan sistem kekebalan tubuh, yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Hasilnya, para partisipan yang diberi gula sebanyak 100 gram menunjukkan penurunan kemampuan sel imun dalam melawan bakteri. Efeknya bahkan masih akan dirasakan 1-2 jam kemudian.

American Heart Association merekomendasikan asupan gula tambahan (yang biasa kita konsumsi sehari-hari), tidak lebih dari 6 sendok teh (setara 24 gram) per hari untuk perempuan dan 9 sendok teh (setara dengan 36 gram) untuk laki-laki.

Versi dari Kementerian Kesehatan RI sedikit berbeda. Anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10 persen dari total energi (220 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan.

Lebih dari jumlah yang disarankan tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Gak Nyangka! 7 Jenis Makanan Ini Bisa Picu Lonjakan Kadar Gula Darah

3. Terlalu banyak asupan kafein 

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Inipexels.com/@chevanon

Minuman yang mengandung kafein memang memiliki efek menyehatkan, seperti teh dan kopi, karena mengandung antioksidan di dalamnya. Namun, walaupun bisa bermanfaat bagi kesehatan, tetapi konsumsi berlebihan malah bisa menjadi bumerang.

Melansir Health, terlalu banyak asupan kafein bisa mengganggu tidur. Dampaknya lainnya adalah memicu peradangan atau inflamasi dan melemahkan daya tahan tubuh.

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein untuk orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman bersoda, atau 2 kaleng minuman berenergi.

Jumlah tersebut aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, bila berat badan kurang dari itu, maka batas aman kafein harian lebih kecil dari itu.

Perempuan hamil dan menyusui juga punya batas aman yang berbeda, yaitu 200 mg per hari atau setara dengan 2 cangkir kopi. Sementara itu, anak-anak disarankan tidak mengonsumsi kafein sama sekali karena akan mengganggu pola tidurnya.

Hindari pula mengonsumsi minuman berkafein 6 jam sebelum tidur supaya tidak mengganggu siklus tidur. Hindari pula konsumsi minuman berkafein dengan gula tambahan, seperti minuman bersoda atau minuman berenergi, karena dapat berpengaruh buruk terhadap sistem kekebalan tubuh.

4. Kurang serat 

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Inipexels.com/@ella-olsson

Jika kamu sering mengalami sulit buang air besar atau konstipasi, sangat mungkin menu harianmu kurang serat. Padahal, mencukupi kebutuhan serat harian sangat penting, lho, untuk menunjang kesehatan.

Manfaat serat di antaranya adalah melancarkan sistem pencernaan, mengubah komposisi bakteri dalam usus yang dampaknya bisa meningkatkan sistem imun, serta dapat memengaruhi suasana hati.

Menurut keterangan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang perlu setidaknya 25-29 gram serat per hari.

Beberapa kebiasaan makan yang bisa diubah supaya kebutuhan serat harian terpenuhi antara lain:

  • Mengganti nasi putih menjadi nasi merah.
  • Mengganti camilan tidak sehat (misalnya kue, keripik, gorengan, makanan kemasan, dan sebagainya) dengan buah-buahan segar.
  • Lebih banyak mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur.

5. Kurang asupan sayuran hijau 

Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Iniunsplash.com/Mor Shani

Kalau soal rasa, sayuran memang tidak selezat daging atau sesegar buah-buahan. Namun, manfaatnya sungguh tak terkira.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Cell tahun 2011, sayuran hijau jenis cruciferous seperti kubis, kembang kol, brokoli, lobak, selada air, atau sawi hijau mengandung komponen bioaktif. Komponen ini akan memicu pelepasan sinyal kimia yang berfungsi meningkatkan imunitas dalam usus, tempat di mana 70-80 persen sel-sel imun berada.

Perhatikan lagi pola makanmu. Pastikan untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang, dan hindari kebiasaan makanan yang tinggi garam dan gula, batasi konsumsi kafein, serta perbanyak konsumsi serat lewat sayuran dan buah-buahan. Barengi juga dengan olahraga rutin dan cukup tidur, ya! 

Baca Juga: 13 Kebiasaan Makan Berbahaya yang Harus Diwaspadai

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya