Comscore Tracker

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Makanan enak yang bikin makin subur!

Kehadiran buah hati dalam kehidupan rumah tangga umumnya menjadi pelengkap kebahagiaan pasangan suami istri. Sayangnya, masih banyak pasangan yang sulit memiliki anak.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Reviews in Urology tahun 2011, masalah sulit hamil sebanyak 30 persen dipengaruhi oleh masalah kesuburan pada laki-laki.

Namun, jangan cemas dulu, selain memeriksakan diri ke dokter, ada beberapa buah dan sayuran yang umum ditemukan di pasaran yang bisa membantu meningkatkan kualitas dan produksi sperma. Bila ini diraih, tentu peluang terjadi kehamilan akan meningkat.

Dirangkum dari Healthline, The University of Utah, dan Verywell Family, yuk, intip apa saja buah dan sayur yang dimaksud!

1. Pisang

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Spermailustrasi pisang (pexels.com/cottonbro)

Memiliki rasa yang manis, pisang bisa jadi buah yang dikonsumsi setiap hari. Buah berwarna kuning ini merupakan sumber potasium atau kalium, yang diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan.

Kandungan kalium yang melimpah pada buah pisang juga baik untuk kesehatan tulang. Berbagai vitamin lainnya yang terdapat di buah pisang, seperti vitamin B1, C, dan magnesium memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi dan kualitas sperma. 

2. Tomat

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Spermailustrasi tomat (pexels.com/Arina Krasnikova)

Sering dianggap sebagai sayuran, buah tomat mengandung likopen, zat antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Likopen berfungsi untuk menangkal kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas sehingga menunjang kesehatan sel sperma.

Tak hanya itu, kandungan likopen juga dikatakan mampu mencegah kerusakan DNA pada sperma. Selain tomat, buah-buahan lainnya yang juga mengandung likopen tinggi termasuk seperti semangka, pepaya, jambu biji dan buah naga. 

Baca Juga: 7 Tanda Laki-laki Memiliki Sperma Sehat, Ketahui Yuk!

3. Bayam

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Spermailustrasi bayam (pexels.com/Jacqueline Howell)

Mudah di temui pasaran, bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang mengandung asam folat. Perlu diketahui bahwa dampak kekurangan nutrisi, terutama asam folat, pada laki-laki dapat mengurangi kualitas spermanya.

Manfaat luar biasa asam folat untuk laki-laki di antaranya mampu meningkatkan jumlah sperma, mencegah anemia, dan mengurangi stres. Mengutip Verywell Family, sebuah penelitian menemukan bahwa kombinasi suplemen asam folat dan zink selama 26 minggu dapat meningkatkan jumlah sperma total pada laki-laki subur dan subfertil (mencoba untuk hamil yang butuh waktu lebih lama dari yang biasanya diharapkan) hingga 74 persen.

Selain itu, studi tersebut juga menunjukkan bahwa sebelum suplementasi dimulai, kadar folat dan zink dalam air mani tidak berbeda secara signifikan pada laki-laki subur dan subfertil. Ini mungkin menunjukkan bahwa folat yang rendah bukanlah penyebab jumlah sperma yang lebih rendah, tetapi suplementasinya mungkin tetap bisa membantu.

4. Jeruk

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Spermailustrasi jeruk (pexels.com/Angele J)

Berkat kandungan vitamin C yang melimpah, buah jeruk dapat meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang dapat meredakan efek buruk dari stres oksidatif. Stres oksidatif ialah kondisi saat jumlah radikal bebas terlalu banyak, sehingga menyebabkan kerusakan sel tubuh. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar stres oksidatif yang terlalu tinggi menyebabkan gangguan kesuburan atau infertilitas. Inilah alasannya mengapa kaum adam sebaiknya rutin mengonsumsi buah yang kaya vitamin C, misalnya jeruk.

5. Alpukat

5 Buah dan Sayuran yang Bisa Meningkatkan Kualitas Spermailustrasi alpukat (pexels.com/Daria Shevtsova)

Alpukat menjadi salah satu buah yang masuk ke dalam daftar makanan untuk program hamil. Buah rasanya lezat dan mudah diolah ini mengandung asam folat, potasium, serta serat yang dapat meningkatkan jumlah sperma dalam testis.

Kandungan vitamin E yang melimpah pada buah alpukat juga dapat mendongkrak gairah seks. Dilansir Well and Good, pasangan yang rutin mengonsumsi buah alpukat dipercaya mampu memiliki peluang hamil lebih tinggi dibandingkan pasangan yang tidak mengonsumsinya. 

Nutrisi memang punya peran penting dalam kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Selain nutrisi, faktor lainnya seperti olahraga, tidak merokok, dan tidur cukup juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Yuk, mulai pola hidup sehat mulai dari sekarang! Bila kamu dan pasangan sudah menikah selama satu tahun tetapi belum juga dikaruniai momongan, sebaiknya periksakan diri ke dokter, ya.

Baca Juga: 7 Hal Ini Terbukti Dapat Menurunkan Kualitas Sperma, Segera Hindari ya

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya