Comscore Tracker

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!

Apakah kamu sudah makan buah hari ini?

Mengonsumsi makanan bergizi ternyata tak cuma untuk menutrisi tubuh, tapi juga meningkatkan kinerja otak yang akan membuatmu makin cerdas. Bahkan, beberapa bahan makanan juga dapat mempertajam ingatan dan mencegah penyakit Alzheimer.

Dirangkum dari Eat This Not That!, Medical News Today, dan Healthline, berikut ini lima buah di pasaran yang dapat meningkatkan kinerja otak. Catat daftarnya, ya!

1. Stroberi

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!ilustrasi stawberry (pexels.com/Eva Elijas)

Buah stroberi merupakan salah satu jenis buah beri yang paling mudah ditemui di pasaran. Berwarna merah segar dengan ukuran yang mungil, buah ini diketahui kaya akan kandungan antioksidan bernama flavonoid.

Sama halnya dengan cokelat hitam, kandungan tinggi antioksidan pada buah stroberi memiliki banyak manfaat bagi otak, yaitu : 

  • Mengurangi stres oksidatif
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Membantu mencegah penyakit neurodegeneratif
  • Ditambah lagi, dapat mempertajam memori otak

2. Jeruk

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!ilustrasi jeruk (pexels.com/Pixabay)

Memiliki rasa yang manis atau asam segar, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.  Mengonsumsi satu buah jeruk berukuran sedang sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harianmu.

Nah, berkat kandungan vitamin C inilah yang membuat buah jeruk bermanfaat bagi kesehatan otak. Vitamin C merupakan faktor kunci dalam mencegah penurunan mental.

Rutin mengonsumsi buah jeruk membuat kesehatan otakmu akan tetap terjaga walaupun menginjak usia senja. Selain jeruk, buah-buahan yang juga tinggi vitamin C termasuk jambu biji, kiwi, tomat dan stroberi.

Baca Juga: 10 Jenis Buah Terbaik untuk Sarapan, Ampuh Turunkan Berat Badan

3. Apel

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!ilustrasi buah apel (pexels.com/Pixabay)

Bicara soal manfaat apel tak akan pernah ada habisnya. Bahkan, dengan rajin mengonsumsi buah apel merah dapat mencegah penyakit Alzheimer di usia tua nanti. Hal tersebut berkat kandungan kuesertin (antioksidan) yang tinggi dalam buah apel.

Kandungan kuesertin juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan mempertajam daya ingat. An apple a day keeps the doctor away!

4. Alpukat

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!ilustrasi alpukat (pexels.com/Daria Shevtsova)

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat berpengaruh buruk terhadap kecerdasan kognitif seseorang. 

Kesimpulannya, dengan rutin mengonsumsi buah alpukat maka dapat menurunkan risiko penurunan kecerdasan kognitif akibat tekanan darah tinggi. Akan tetapi, perlu diperhatikan penyajian buah alpukat yang akan kamu konsumsi.

5. Labu

5 Buah di Pasaran yang Meningkatkan Kinerja Otak, Bikin Makin Cerdas!ilustrasi labu (pexels.com/Monstera)

Labu merupakan salah satu jenis buah yang sering kali dianggap sebagai sayuran. Padahal, buah yang satu ini rendah kalori tapi kaya akan gizi. Kandungan labu yang tinggi serat dan mengandung hampir 94 persen air sangat baik untuk memperlancar pencernaan. 

Selain itu, buah dan biji labu kuning memiliki kandungan nutrisi, yang terdiri dari kolin, magnesium, dan lutein, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar, daya ingat bahkan mencegah demensia.

Itulah kelima daftar buah yang baik bagi kesehatan otak. Selain itu, kamu juga harus mencukupi waktu tidur, mengelola stres dengan baik, serta olahraga secara teratur agar maksimal dalam menjaga kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Manfaat Fantastis Buah Kelengkeng untuk Penderita Diabetes

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya