Comscore Tracker

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

Jangan diabaikan ya!

Lelah biasanya identik dengan fisik. Ya, kita semua akan merasa lelah setelah bekerja atau melakukan aktivitas fisik lainnya seperti olahraga atau mungkin mengangkat banyak barang.

Ternyata bukan hanya fisik yang bisa lelah tapi juga mental. Berbeda dengan lelah fisik yang bisa disembuhkan dengan istirahat beberapa jam, lelah secara mental enggak akan hilang dengan mudah. Biasanya diri kita merasa lelah jika menghadapi sebuah masalah berat dalam waktu lama.

Sayangnya meski semua orang sering merasa lelah secara menta,l tapi hanya sedikit orang yang menyadarinya.

Jadi seberapa lelah mental kamu? Yuk cek tanda-tandanya di bawah ini!

1. Kamu merasa lelah dan mengantuk meski baru bangun tidur

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mentalunsplash.com/Hernan Sanchez

Cara pertama untuk mengetahui apa kita merasa lelah atau tidak adalah dengan mengecek kondisi kita setiap pagi. Normalnya kita akan merasa segar dan bugar setelah tidur selama 7 atau 8 jam. Tapi jika setelah menghabiskan waktu 8 jam untuk tidur dan kamu masih merasa lelah, itu artinya bukan fisik kamu yang lelah tapi justru mental kamu.

Mental yang lelah tidak bisa sembuh hanya dengan tidur. Untuk menyembuhkannya kamu perlu mencari tahu dulu penyebabnya dan kemudian mengatasi masalah tersebut.

2. Kamu sering membayangkan hidup yang lain

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mentalunsplash.com/@chalis007

Mereka yang sehat secara mental akan menikmati hidupnya. Tidak peduli bagaimana pun hidupnya, mereka akan selalu merasa senang dan bersyukur.

Tapi kalau akhir-akhir ini kamu tidak merasa hal yang sama, maka kamu patut curiga.

Mereka yang lelah secara mental cenderung lebih suka menghabiskan waktu untuk melamun dan membayangkan dirinya sebagai orang yang berbeda dengan kehidupan yang berbeda. Bagi mereka, lamunan lebih indah dari kenyataan yang ada.

Bukan hanya melamun, mereka yang lelah secara mental juga sering menyesali masa lalu dan takut untuk menghadapi masa depan.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kita Ini Dapat Menjadi Indikasi Gangguan Kesehatan Mental

3. Kamu mudah merasa marah

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mentalunsplash.com/Azamat Zhanisov

Rasa tidak puas, jenuh, dan lelah yang tidak kunjung hilang membuat kamu cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan orang sekitarmu. Kamu mudah tertawa, tapi sama seperti kedatangannya, tawa kamu juga hilang dengan cepat. Kamu mudah merasa down, bahkan menghabiskan waktu untuk menangis.

Bukan hanya itu, kamu juga mudah merasa marah bahkan untuk hal-hal sepele. Mendadak semua orang terlihat begitu menyebalkan, dan apa pun yang mereka lakukan selalu salah di matamu.

4. Kamu berusaha terlihat baik-baik saja

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mentalunsplash.com/Baylee Gramling

Setiap orang pasti memiliki masalah, namun tidak semua orang bisa menghadapinya dengan baik. Mereka yang lelah secara mental cenderung bersikap seolah-olah semuanya baik-baik saja.

Alih-alih minta bantuan mereka justru menutup diri bahkan lari menjauh ketika seseorang menawarkan sebuah bantuan. Padahal, hanya karena masalah tersebut menimpamu, tidak berarti kamu harus menyelesaikannya sendirian. Dan semakin kamu pura-pura kuat, kamu justru akan semakin merasa lelah.

5. Kamu menghindari orang lain

Bukan Hanya Fisik, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mentalunsplash.com/Julian Schröpel

Saat seseorang merasa lelah secara mental, mereka cenderung menutup diri. Dari yang ceria dan banyak bicara tiba-tiba berubah menjadi pendiam bahkan menjauh dari teman-temannya. Ketika seseorang mengajak bertemu, mereka lebih sering menolak dengan mengarang banyak alasan yang tidak masuk akal untuk menghindari orang lain.

Sekarang coba tanya dirimu sendiri, apakah kamu sering sembunyi akhir-akhir ini? Dan apakah kamu juga mengalami hal-hal di atas? 

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mentalmu, Jadi Lebih Tenang & Bahagia

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You