Comscore Tracker

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Ampuh untuk mengusir bau mulut juga lho!

Daun sirih mungkin jadi salah satu jenis daun yang tidak terlalu asing buatmu. Orang tua dulu terutama memiliki tradisi yang dikenal dengan nama nyeupah dalam bahasa Sunda atau yang juga dikenal dengan nyirih. Daun sirih digunakan untuk membungkus gambir, pinang, dan kapur sirih sebelum dikunyah. Tradisi ini dilakukan oleh orang tua dulu untuk menjaga agar gigi mereka tetap kuat meski tradisi tersebut membuat gigi jadi hitam.

Di Indonesia sendiri, daun sirih memang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat karena berbagai manfaat yang dimilikinya. Daun ini bahkan juga ampuh mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya lho!

1. Membantu menyembuhkan luka

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/rawpixel.com

Tahukah kamu ketika sedang terluka terutama luka bakar, kamu juga akan mengalami yang namanya stress oksidatif. Dan semakin tinggi tingkat stres yang kamu rasakan, maka proses penyembuhan luka pun akan semakin lama.

Sebaliknya, daun sirih kaya akan antioksidan yang akan mengurangi perasaan stres yang kamu alami yang berarti luka kamu akan sembuh dalam waktu jauh lebih cepat. Kamu juga bisa menumbuk daun sirih hingga berubah jadi pasta dan mengoleskannya ke bagian tubuh yang luka untuk mengurangi rasa sakit yang muncul akibat luka tersebut.

2. Mengendalikan gejala asma ketika kambuh

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahuiunitypoint.org

Asma selalu identik dengan gangguan pernafasan. Itu benar tapi asma juga bisa disebabkan oleh peradangan. Daun sirih mengandung anti inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala asma. Selain itu, daun sirih juga mengandung anti histhamin yang ampuh untuk mencegah dan mengendalikan asma agar tidak cepat kambuh.

Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih ditambah dengan cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan 2 gelas air. Rebus hingga air menyusut jadi satu gelas, kemudian saring dan minum sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari. 

Baca Juga: Sering Ada di Lalapan, Ini 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatanmu

3. Melindungi lambung dari peradangan

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahuipexels.com/rawpixel.com

Selain bermanfaat bagi penderita asma, zat anti inflamasi yang ada di daun sirih juga sangat baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung. Mengonsumsi daun sirih dapat mengurangi bahkan menyembuhkan peradangan lambung. Manfaat lainnya adalah, mengunyah daun sirih setelah makan dapat meningkatkan metabolisme dan merangsang usus untuk menyerap berbagai gizi penting yang berasal dari makanan yang kamu konsumsi sebelumnya.

4. Menjaga kesehatan mulut

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahuismartmouth.com

Seperti yang dibahas sebelumnya, orangtua zaman dulu sangat suka mengunyah daun sirih dengan gambir, pinang, dan kapur sirih untuk menjaga gigi tetap kuat. Manfaat daun sirih tidak hanya ampuh untuk gigi tapi juga menjaga kesehatan mulut kamu secara keseluruhan. Tidak heran jika saat ini ada banyak produk obat kumur yang menambahkan daun sirih dalam komposisinya.

Tapi kalau kamu mau yang lebih alami, kamu bisa merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan air rebusan sebagai obat kumur setelah sikat gigi. Berkumur dengan air rebusan daun sirih dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut, mencegah infeksi pada mulut, membuat nafas kamu jadi lebih segar dan terhindar dari bau mulut yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di mulut. 

5. Meredakan depresi

5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahuiunsplash.com/Ángel López

Percaya atau tidak, mengunyah daun sirih akan mengurangi perasaan tertekan dan stres. Ini karena mengunyah daun sirih dapat merangsang sistem saraf pusat dan membuat perasaan kita jadi lebih baik, ditambah lagi daun sirih memiliki senyawa felonik aromatik yang ampuh untuk menurunkan perasaan stres bahkan depresi yang kita alami. 

Ternyata banyak ya manfaat daun sirih!

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Mint bagi Kesehatan, Cocok untuk Rileksasi!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya