Comscore Tracker

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamu

Ternyata tubuh kita juga memproduksinya, lo!

Di zaman modern seperti sekarang, semua industri mengalami kemajuan yang pesat, tak terkecuali industri kecantikan. Skincare sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, baik laki-laki dan perempuan yang peduli akan kondisi kulitnya. Kulit sehat, lembap, elastis, dan glowing telah menjadi standar kecantikan tersendiri di berbagai negara.

Para produsen berlomba-lomba mengembangkan skincare yang berkualitas, dengan menggunakan formula aktif tertentu sebagai komposisi utamanya, salah satunya adalah ceramide.

Apa itu ceramide dan mengapa banyak digunakan sebagai salah satu komposisi penting dalam produk skincare? Penjelasan di bawah ini mungkin bisa membantumu menjawab rasa penasaran tersebut.

1. Ceramide adalah molekul lemak yang melindungi kulit

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamuilustrasi krim yang mengandung ceramide (unsplash.com/Alexandra Tran)

Dilansir Sciencingceramide adalah molekul lemak yang dalam tubuh yang terdiri dari asam lemak dan terletak dalam membran sel dalam lapisan permukaan kulit. Ceramide akan menahan air di kulit sehingga tetap terhidrasi, sekaligus berfungsi sebagai penghalang dari zat berbahaya yang mungkin bisa menembus kulit kita.

Selain itu, ceramide juga berfungsi menginduksi pertumbuhan dan pembelahan sel untuk mengganti sel yang telah mati, khususnya sel kulit kita. Hal ini akan membuat kulit kita tampak muda dan menghambat penuaan.

Secara alami, kulit kita memang memiliki pelindung atau skin barrier yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan luar yang mengakibatkan kerusakan pada sel kulit. Ceramide menjadi salah satu komponen penting skin barrier yang terdapat di lapisan permukaan kulit untuk melindungi dan menjaga kulit agar tetap sehat.

2. Ceramide diproduksi secara alami oleh tubuh

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamuilustrasi makanan penghasil ceramide (pixabay.com/shixugang)

Secara alami, tubuh memproduksi ceramide untuk melindungi kulit dan membuatnya tetap sehat. Dilansir Healthline, jika kamu ingin meningkatkan produksi ceramide dalam tubuh, konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak sphingolipids, seperti gandum, kedelai, telur dan susu.

Meskipun tubuh kita memproduksi ceramide, tetapi seiring usia yang bertambah, asam lemak ini bisa hilang yang menyebabkan kulit tidak lagi terlindungi. Oleh karena itu, pemakaian ceramide sintesis yang sering ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Bila kamu masih muda dan tidak ada masalah dengan pola makan bergizi seimbang, seperti mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas lagi, seharusnya tubuh mampu memproduksi ceramide dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Stres Ternyata Buruk untuk Kulitmu, Ini 7 Masalah yang Disebabkannya 

3. Memiliki beragam manfaat untuk kulit

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamuilustrasi pemakaian skincare yang mengandung ceramide (pixabay.com/adore beauty NZ)

Tidak hanya menghidrasi, ceramide memiliki segudang manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi kulit. Di antaranya adalah:

  • Mempertahankan kekuatan kulit sehingga dapat mencegah kerusakan kulit
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Meningkatkan fungsi skin barrier kulit
  • Mengatasi inflamasi dan kemerahan pada kulit
  • Menghilangkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus pada kulit

Penggunaan ceramide pada kulit bisa efisien karena hanya dengan satu produk, kamu sudah bisa mendapatkan banyak sekali manfaat.

4. Ceramide dibutuhkan oleh semua jenis atau tipe kulit

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamuilustrasi serum yang mengandung ceramide (freepik.com/freepik)

Karena cara kerja ceramide adalah untuk memperkuat skin barrier dan melindungi kulit dari kerusakan, ia dibutuhkan oleh semua tipe kulit.

Menurut laporan dalam Journal of Investigative Dermatology tahun 2012, penghalang kulit sangat dibutuhkan oleh semua jenis kulit demi menjaga kehidupan selnya dan melindungi dari lingkungan yang buruk. Namun, seiring kita menua, kulit akan lebih membutuhkan ceramide karena secara alami produksinya dalam tubuh kita menurunkan. Maka dari itu, kita butuh ceramide sintesis melalui aplikasi produk yang mengandung bahan aktif tersebut.

Buat kamu yang berusia di atas 25 tahun, pakailah skincare yang mengandung ceramide untuk menjaga kesehatan kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Serta, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung lemak agar agar tubuh mampu memproduksi ceramide secara alami.

5. Ceramide juga bermanfaat untuk rambut

5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamuilustrasi rambut (pixabay.com/ryan mcguire)

Selain baik untuk kesehatan kulit, ternyata ceramide juga bermanfaat untuk rambut. Ia berada di kutikula rambut yang berfungsi untuk melindungi dan memperkuat komponen internal rambut.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of Dermatology tahun 2019, terbukti kalau ceramide dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Selain berperan penting sebagai pelindung batang rambut, ceramide juga punya fungsi sebagai stimulator atau perangsang pertumbuhan rambut pada tingkat sel.

Jadi, buat kamu yang sedang mengalami masalah pada rambut, terutama rambut kering dan rontok, pakailah sampo yang mengandung ceramide. Kamu bisa mengecek komposisinya dengan membaca berbagai kandungan produk di kemasan.

Itulah fakta seputar ceramide dan manfaatnya untuk tubuh kita, yang ternyata baik untuk kesehatan kulit dan rambut, serta mampu memperbaiki kerusakannya. Bagaimana, apakah kamu akan rutin menggunakan produk yang mengandung bahan aktif ini untuk kulit dan rambut biar makin glowing?

Baca Juga: Suntik Kromosom untuk Kulit Cerah Aman Gak, Ya? Ini Faktanya!

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya