Comscore Tracker

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!

Usus juga bisa kotor akibat asupan makanan yang buruk lho...

Racun yang masuk ke dalam tubuh sudah pasti akan memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Akan tetapi, racun yang bersumber dari makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata dapat tertinggal di usus.

Akibatnya, racun akan menumpuk dan membahayakan tubuh. Oleh karena itu, kenali tanda-tanda jika usus kamu dipenuhi racun. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Kelelahan

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!defactodentists.com

Kelelahan ternyata dapat diakibatkan oleh racun sisa makanan yang masuk ke dalam darah. Racun tersebut merupakan hasil dari sisa makanan yang menumpuk dan membuat usus kotor. Akibatnya sistem kekebalan tubuh menurun, dan meningkatkan risiko mengalami penyakit infeksi.

2. Bau mulut

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!hollandandbarrett.com

Bau mulut merupakan tanda paling umum apabila usus sedang dalam keadaan kotor akibat sisa makanan. Hal ini dikarenakan sisa makanan yang menumpuk tidak hanya mengeluarkan racun, akan tetapi juga mengeluarkan gas yang berbau kurang sedap.

3. Sembelit

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!organicfacts.net

Ketika sembelit, usus yang biasanya bertugas menyingkirkan racun setiap harinya justru akan menyimpan semua racun tersebut dalam tubuh. Akibatnya, perut akan terasa sakit, nyeri, kelelahan, bahkan sakit kepala.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana Mencegah Usus Buntu, Gak Sampai Meradang dan Operasi

4. Berat badan susah turun

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!medicalxpress.com

Sulit menurunkan berat badan bisa jadi pertanda jika usus dipenuhi racun lho. Hal ini karena meski kamu rutin berolahraga dan mengurangi asupan kalori, racun yang bersarang di usus akan menyebabkan masalah hormonal pada tubuh. Oleh karena itu, waspada dengan kemungkinan tersebut.

5. Nyeri dan sakit di beberapa bagian tubuh

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!1health.id

Racun yang berada di usus tidak hanya menimbulkan rasa sakit dan nyeri di perut saja. Nyeri yang menjalar dari punggung hingga tubuh bagian bawah serta rasa sakit kepala dan tulang belakang juga bisa terjadi akibat adanya penumpukan sisa makanan di usus. Biasanya masalah ini disebabkan karena adanya infeksi jamur pada usus yang kotor.

6. Irritable bowel syndrome (IBS)

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!health.clevelandclinic.org

IBS merupakan salah satu jenis gangguan sistem pencernaan yang biasanya ditandai dengan perut kembung dan diare. Jika gejala ini mulai muncul, sebaiknya kamu waspada jika ada masalah pada sistem pencernaanmu.

7. Muncul jerawat yang susah hilang

7 Tanda Ususmu Penuh dengan Racun, Jangan Sampai Terlambat Menangani!healthunlocked.com

Jerawat yang muncul dan susah dihilangkan tidak hanya dikarenakan oleh faktor hormonal saja. Sebab, usus yang kotor juga dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan memicu munculnya sebum. Akibatnya, wajah jadi berminyak dan muncul jerawat yang susah dihilangkan.

Itu dia beberapa gejala yang perlu kamu ketahui dan kenali jika usus sedang penuh dengan racun. Selain itu, cobalah menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Hal tersebut tentunya sangat membantu agar kinerja usus dan organ lainnya lebih baik.

Baca Juga: 7 Gejala Usus Buntu yang Paling Umum Terjadi, Kenali Rasa dan Tandanya

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You