Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahraga

Inilah beberapa penyebabnya

Olahraga merupakan kebutuhan jasmani yang harus dilakukan oleh setiap orang. Jika rutin melakukannya, tubuh akan menjadi lebih sehat dan dan tidak mudah sakit.

Pentingnya menjaga kebiasaan agar konsisten dalam berolahraga bagi sebagian orang menjadi hal yang sulit. Sebenarnya apa sih yang membuat seseorang susah konsisten berolahraga? Nah, berikut ulasannya!

1. Tidak mempunyai motivasi untuk melakukannya

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahragailustrasi perempuan memandang ke jendela (pexels.com/Andrea P)

Dalam melakukan suatu hal, memang manusia selalu butuh yang namanya motivasi. Mengetahui alasan kuat mengapa harus melakukan suatu hal dapat menjadi dasar kuat dalam bertindak. Contohnya butuh motivasi kuat untuk berolahraga secara konsisten.

Jika tidak mempunyai motivasi, bukan tidak mungkin jika kita akan malas melakukannya. Padahal olahraga itu penting untuk tubuh kita, lho. Jadi mulai sekarang buat daftar-daftar apa saja yang bisa memotivasimu untuk konsisten berolahraga.

2. Belum menemukan jenis olahraga yang disukai

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahragailustrasi perempuan melamun (pexels.com/Marcelo Chagas)

Setiap orang pasti punya kesukaan atau kelebihan masing-masing dalam beberapa jenis olahraga. Berangkat dari kesukaan ini, kita juga bisa melihat motivasi diri untuk rutin melakukan olahraga. Jadi saat melakukannya pun, tidak begitu terasa berat.

Bisa jadi orang yang sulit untuk konsisten berolahraga disebabkan karena belum menemukan jenis olahraga yang disukai. Mereka belum menemukan titik kenikmatan dari berolahraga. Inilah yang harus segera ditemukan. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Kamu Merasa Termotivasi untuk Berolahraga

3. Tidak membuat rencana untuk dijadikan rutinitas

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahragailustrasi jadwal (pexels.com/Bich Tran)

Jika ingin suatu hal dapat tercapai, seperti ingin konsisten berolahraga, maka kamu harus punya rencana dalam hal itu. Dengan perencanaan, kamu dapat membuat aktivitas olahraga semakin terjadwal. Otomatis seseorang akan berusaha melaksanakan olahraga sesuai jadwal. 

Pentingnya jadwal suatu aktivitas, bisa membantumu mengingatkan untuk rutin melakukannya. Jika tidak ada, maka alih-alih berolahraga, ingat pun mungkin belum tentu. 

4. Tidak punya pakaian atau alat olahraga

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahragailustrasi sepatu olahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Salah satu alasan yang membuat seseorang malas berolahraga adalah tidak adanya motivasi. Bahkan sekedar mempunyai alat olahraga saja, bisa merubah pikiran seseorang, lho.

Jika seseorang mempunyai alat atau pakaian olahraga, sedikit kemungkinan ia akan mau berolahraga karena ia bisa tampil dengan stylish dan memiliki alat pendukung olahraga yang mumpuni. Berbeda lagi jika ia tidak memilikinya, mungkin keinginan untuk berolahraga hanya sedikit, karena tidak ada alat pendukung yang bisa memotivasi. 

5. Belum sadar betul manfaat dari berolahraga

5 Hal yang Bikin Kamu Susah Konsisten Berolahragailustrasi perempuan malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang tak tahu makna olahraga bagi kesehatan tubuh akan mudah menyepelekan aktivitas ini. Mereka tidak tahu betul manfaat yang akan dirasakan. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang awam.

Padahal mestinya kebutuhan ini memang harus dipenuhi. Dalam artian tubuh ini juga butuh diperhatikan dan dipenuhi haknya dengan berolahraga. Seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa, dibalik raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Susah konsisten berolahraga sering dialami bagi orang awam. Mungkin beberapa hal di atas bisa menjadi penyebabnya. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu juga merasakannya?

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Terjadi saat Baru Membiasakan Diri Berolahraga

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya