Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahraga

Jangan berhenti terlalu lama ya!

Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan agar tubuh kita tetap sehat. Di jaman sekarang banyak masyarakat yang sudah memulai hidup sehat. Kalau kamu rutin berolahraga banyak dampak positif yang akan kamu rasakan. Namun, terkadang kesibukan dapat membuat kita terpaksa berhenti berolahraga. Berhenti dari rutinitas olahraga akan membawa dampak buruk pada tubuh kita. Apa saja sih dampak buruk yang kita dapat saat berhenti olahraga?

1. Berat badan menjadi cepat naik

Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahragapixabay.com/publicdomainpictures

Saat berolahraga, kamu banyak membakar kalori yang kamu makan sehingga berat badanmu tetap terjaga. Namun, saat berhenti berolahraga tidak ada pembakaran lemak di tubuhmu. Hal ini membuat lemak semakin menumpuk dan berat badan makin bertambah.

2. Tubuh menjadi mudah lemas

Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahragapixabay.com/caio_triana

Olahraga membuat kamu semakin fit dalam segala aktivitas. Jika kamu berhenti berolahraga, tubuh akan mudah lelah dan terasa lemas karena kurang aktivitas fisik. Selain itu, kamu jadi mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Kata Ahli, 7 Aktivitas Harian Ini Dapat Dihitung Sebagai Olahraga Loh!

3. Susah tidur juga akan kamu rasakan ketika berhenti olahraga

Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahragapixabay.com/free-photos

Insomnia bisa terjadi ketika kamu sudah berhenti berolahraga. Karena kurangnya aktivitas fisik, kamu menjadi sulit untuk tidur. Olahraga mampu membuat tidur menjadi lebih teratur. 

4. Bukan hanya berdampak pada fisik, kurang olahraga dapat menyebabkan kita mudah stress

Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahragapixabay.com/robinhiggins

Kurang berolahraga membuat kita lebih mudah stress dalam menghadapi masalah. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat mood kita terjaga dengan baik. Saat berhenti olahraga kita menjadi mudah marah dan cemas karena mood menjadi tidak stabil.

5. Karena terlalu lama berhenti, kita menjadi semakin malas berolahraga

Jangan Malas, Ini yang Akan Terjadi Ketika Kamu Berhenti Berolahragapixabay.com/scottwebb

Terlalu lama berhenti olahraga membuat kita malas untuk berolahraga kembali. Untuk memulai olahraga kembali dibutuhkan niat yang lebih dari sebelum berhenti berolahraga. Oleh sebab itu jangan berhenti berolahraga terlalu lama.

Olahraga memang mempunyai banyak manfaat positif untuk tubuh kita. Jika kamu sudah rutin berolahraga, jangan berhenti. Atur waktumu dengan baik dan selalu luangkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu terlalu lama, satu jam untuk olahraga sudah cukup untuk kesehatanmu.

Baca Juga: Jangan Dipercaya, Ini 5 Mitos Kuno Seputar Olahraga yang Salah Kaprah!

Lois Maria Andries Photo Community Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You