Comscore Tracker

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamu

Jangan malas beres-beres ya

Kalau saat kamu melangkah ke kamar dan harus berjingkat-jingkat ke tempat tidurmu karena tidak ada cukup ruang untuk berjalan, bahkan tempat tidur kamu memiliki tumpukan pakaian yang menyebar di mana-mana maka kamu tinggal di ruang yang mengganggu kemampuanmu untuk digunakan dengan baik.

Kamarmu adalah tempat di mana kamu memulai dan mengakhiri hari. Disadari atau tidak, ruang fisik di mana kamu tinggal dan menghabiskan banyak waktu memiliki peran penting dalam bagaimana kamu berperilaku.

Memiliki kamar tidur dalam keadaan berantakan dapat memberikan berbagai efek pada hidup. Efek sederhananya adalah kamu merasa mudah stres karena disuguhi pemandangan yang berantakan. Oleh karena itu, menjaga ruangan tetap rapi, teratur, dan bersih adalah penting.

Berikut beberapa manfaat yang akan kamu rasakan ketika kamar atau rumahmu dalam keadaan bersih dan rapi.

1. Kamu akan tahu barang apa yang kamu miliki

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamuunsplash.com/Filios Sazeides

Apakah kamu harus mencari kemana-mana untuk menggunakan gelang atau pakaian yang serasi saat pergi ke pesta atau keluar bersama teman? Atau apa kamu pernah membeli sepasang celana, tetapi kemudian mengetahui bahwa kamu memiliki celana yang lebih cocok dengan kemeja yang kamu kenakan ke acara yang lain?

Menjaga kamar tidur tetap rapi akan memberi tahu kamu apa saja yang sebenarnya kamu miliki. Baik itu sepatu, pakaian, perhiasan, buku, majalah, dan alat tulis yang ada di antara barang-barang kamu yang lain. Kamu tidak perlu mencari-cari kemana-mana atau pergi dan membeli barang-barang baru ketika kamu sudah memiliki alternatif yang lebih baik.

2. Merapikan kamar tidur juga bisa merapikan pikiran

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamuunsplash.com/Natalia Figueredo

Menurut para psikolog, ruangan berantakan adalah representasi dari kondisi mental yang tidak teratur. Ketika seseorang rapi dan terorganisir, ia juga membangun kehidupannya sendiri dengan rapi.

Baca Juga: 7 Tanaman Tersehat dalam Kamar, Selain Indah Bisa Buat Tidurmu Nyenyak

3. Merapikan kamar dapat menghemat waktu

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamuunsplash.com/rawpixel

Merapikan kamar dan mengatur ruangannya tidak hanya membuat kamu tahu tentang barang-barang yang kamu miliki, tetapi juga dapat menghemat banyak waktu karena kamu akan tahu dan mudah menemukan sesuatu ketika membutuhkannya.

Saat kamarmu rapi, ketika kamu bangun pagi-pagi, kamu tidak perlu mencari-cari dengan panik ketika harus terburu-buru saat berangkat kerja untuk mencari sepasang sepatu, jam tangan, atau blus yang benar-benar ingin kamu kenakan.

Permulaan hari kamu akan menjadi hari lancar dan kamu bisa pergi ke tempat kerja atau kuliah tepat waktu.

4. Mengembangkan jiwa sosial

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamunytimes.com

Apakah kamu ingin temanmu melihat kamarmu dalam keadaan berantakan? Tentu akan terlihat memalukan jika mereka datang dan melihat kamarmu dalam keadaan berantakan.

Ketika kamu malu dengan keadaan kamarmu tersebut, kecil kemungkinannya kamu akan mengundang siapa pun. Di sisi lain, ketika rumahmu bersih, kamu siap untuk ditemani dan juga lebih mungkin untuk mengundang atau menyambut seseorang pada saat itu.

Dengan kata lain merapikan kamar dan rumahmu akan membantu terciptanya kehidupan sosial yang baik.

 

5. Meningkatkan kesehatan

5 Manfaat Merapikan Kamar Ini Ternyata Bisa Mengubah Hidup Kamuunsplash.com/Zohre Nemati

Merapikan kamar atau ruangan lainnya juga membawa beberapa manfaat kesehatan. Ketika kamar tidur kamu menjadi tempat yang tenang dan teratur tanpa kekacauan, kamu akan terhindar dari stres dan tidak terganggu. Ini berarti kamu dapat menghabiskan waktu santai sebelum tidur dan tidur dengan tenang.

Dari penelitian, telah ditemukan bahwa mereka yang memiliki kamar tidur berantakan penuh timbunan barang membutuhkan waktu lama untuk tertidur dan kualitas tidur mereka juga jadi cukup buruk sehingga menyebabkan peningkatan peluang depresi dan stres.

Merapikan kamar akan memiliki efek positif pada kesehatan dan membuat pikiran untuk pergi ke kamar tidur akan menyenangkan dan menenangkan.

Bukan hanya itu, ruang yang rapi tidak akan lagi menjadi rumah bagi bakteri dan virus yang dapat membahayakan kesehatan lho.

Jadi jangan ragu lagi untuk mulai membersihkan kamar dan ruangan lain di rumahmu ya. Merapikan kamar dan rumah memang bukanlah pekerjaan mudah, tetapi dengan sedikit tekad kamu pasti bisa melakukannya! Dan kamu bisa mendapatkan manfaat menyehatkan di atas.

Baca Juga: Bermakna Dalam, 7 Lagu Korea Ini Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You