Comscore Tracker

4 Manfaat dari Tinta Hitam Cumi-cumi yang Kaya akan Nutrisi

Sangat baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup

Cumi-cumi merupakan salah satu jenis seafood yang memiliki daging berwarna putih, bertekstur kenyal dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Salah satu keistimewaan cumi-cumi ialah bisa mengeluarkan cairan berwarna hitam untuk memproteksi dirinya. Selain itu, cairan tersebut ternyata memiliki khasiat lain, berikut beberapa diantaranya. Check this out guys!

1. Menambah citarasa masakan

4 Manfaat dari Tinta Hitam Cumi-cumi yang Kaya akan Nutrisizanita.com

Selain sebagai pewarna makanan, tinta hitam cumi-cumi juga bisa membuat masakan menjadi lebih enak. Ini disebabkan karena tinta hitam cumi-cumi mengandung asam glutamik, yaitu asam amino yang biasa dihasilkan oleh produk penyedap rasa. Sehingga, ia memiliki rasa unik seperti pada MSG maupun kecap ikan.

2. Mengandung zat karsinogen

4 Manfaat dari Tinta Hitam Cumi-cumi yang Kaya akan Nutrisimedicaldaily.com

Tinta hitam cumi-cumi memiliki kandungan zat karsinogen, yaitu zat yang mampu mengurangi serta membunuh sel kanker dan tumor. Ini dikarenakan tinta pada cumi-cumi dapat meningkatkan dan mengaktifkan sel darah putih yang memerangi kanker dan tumor. Tinta cumi-cumi juga bersifat antiangiogenic yang mampu mencegah pertumbuhan sel tumor.

Baca Juga: 6 Jenis Potongan pada Cumi-cumi, Mana yang Paling Sering Kamu Pakai?

3. Berfungsi sebagai antibakteria

4 Manfaat dari Tinta Hitam Cumi-cumi yang Kaya akan Nutrisinewatlas.com

Tinta hitam cumi-cumi memiliki sifat antibakteri dan karenanya populer sebagai antibiotik alami dan berfungsi sebagai antibakteria pada saluran akar gigi. Tetapi jika peradangan yang semakin memburuk maka kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan terbaik.

4. Melindungi jantung

4 Manfaat dari Tinta Hitam Cumi-cumi yang Kaya akan Nutrisimedicinaemcasa.com

Manfaat kesehatan lain dari tinta hitam cumi-cumi adalah untuk melindungi jantung. Tinta cumi-cumi memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi  dan kolesterol dalam tubuh. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung seperti stroke.

Itulah beberapa manfaat dari tinta hitam cumi-cumi. Apa kamu semakin ingin mengonsumsinya?

Baca Juga: 5 Hal Wajib yang Harus Dipatuhi Saat Membeli Cumi-cumi

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You