Comscore Tracker

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!

Kandungan antioksidannya dapat mencegah katarak

Berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan berbagai kebiasaan sehat lainnya, misalnya tidak merokok dan minum alkohol berlebihan, adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bicara tentang pola makan sehat, tahukah kalian bahwa buah labu, dari daging hingga bijinya, ternyata menyimpan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita?

Buah labu bisa diolah menjadi berbagai makanan, seperti dibuat sup, dijadikan bahan pai, roti, campuran risotto, dan masih banyak lagi, tergantung kreativitas kamu dalam mengolahnya.

Namun, jangan buru-buru untuk membuang bijinya, karena biji buah labu juga dapat dikonsumsi dan memberikan banyak faedah untuk tubuh kita. Tanpa panjang lebar, yuk kita simak penjelasan mengenai manfaat buah labu untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan kulit

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!freepik.com/user18526052

Biji labu yang diolah menjadi minyak memiliki manfaat untuk kesehatan kulit seperti mengobati jerawat, menyamarkan luka bekas jerawat, dan memiliki properti anti-aging untuk mencegah penuaan dini.

Sebuah laporan berjudul "Facial Acne Therapy by Using Pumpkin Seed Oil with Its Physicochemical Properties" di jurnal Applied Science Reports tahun 2018 menyebutkan bahwa minyak dari biji labu dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk menghilangkan jerawat pada wajah terutama bila pasien menunjukkan resistansi dalam standar pengobatan jerawat.

The New Jersey Vein and Vascular Center menulis bahwa biji labu yang kaya akan magnesium, zink, dan antioksidan bisa membantu mencegah proses penuaan pada kulit wajah. Vitamin A yang terkandung dalam labu juga baik untuk menggenjot produksi kolagen.

2. Kesehatan jantung

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!Pixabay.com/Pexels

Mengutip keterangan dari American Heart Association (AHA), biji buah labu mengandung banyak nutrisi dan salah satunya adalah magnesium yang bagus untuk kesehatan jantung

Cara mengonsumsi biji labu yang sehat berdasarkan AHA adalah dengan membeli buah labu, lalu ambil bijinya, kemudian panggang di dalam oven. Bijinya bisa dipanggang dengan atau tanpa cangkang kulitnya. Namun, bila memanggang biji labu bersama cangkangnya dapat meningkatkan asupan serat dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Hanya saja, menurut Judith Wylie-Rosett, seorang dosen di New York's Albert Einsten College of Medicine, Amerika Serikat (AS), seseorang akan mengalami gangguan pencernaan bila tiba-tiba mengonsumsi biji labu dalam jumlah besar.

Jadi, kalau mau mulai mengonsumsinya, mulainya dengan porsi yang kecil tetapi rutin, dan selingi dengan asupan gizi lainnya berikut dengan olahraga.

Baca Juga: Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatan

3. Meningkatkan imunitas tubuh

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!Pexels.com/Karolina Grabowska

Sebuah studi berjudul "Prophetic Vegetable Pumpkin, Its Impressive Health Benefits and Total Analysis" dalam jurnal Bioscence Report tahun 2019 menyebutkan bahwa kombinasi nutrisi dalam buah labu, seperti beta-karoten, folat, vitamin A, C, dan E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mata

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!pixabay.com/nastya_gepp

Kandungan beta-karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh juga dapat meningkatkan kesehatan mata

Lebih lanjut, melansir WebMD, zat antioksidan dalam buah labu, yaitu lutein dan zeaksantin, dapat membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan memperlambat proses degenerasi makula.

5. Menjaga kesehatan tulang

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!pexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Mengonsumsi biji labu juga bagus untuk kesehatan tulang. Melansir laman Everyday Health, disebutkan bahwa kandungan magnesium dalam biji labu paling bagus dibandingkan dengan jenis biji-bijian lainnya.

6. Kesehatan ibu dan janin

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!pixabay.com/DigitalMarketingAgency

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Bioscience Report juga menyebutkan bahwa kandungan vitamin A yang terkandung dalam buah labu bagus untuk kesehatan janin dan laktasi. 

Melansir Parents, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi biji labu untuk menambah protein tubuh yang dapat membantu kesehatan otot, seiring dengan bertambahnya berat janin dalam kandungan.

7. Menurunkan berat badan  

7 Manfaat Tersembunyi dari Buah Labu, Bijinya Juga Bernutrisi!pixabay.com/mojzagrebinfo

Caroline Kauffman, MS, RDN, kepada WebMD menjelaskan bahwa buah labu selain memiliki kalori yang rendah, juga kaya akan serat. Hasilnya, perut akan merasa kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Ternyata, buah labu baik daging maupun bijinya memang dipenuhi nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, dari mata, tulang, jantung, hingga untuk ibu hamil dan orang-orang yang sedang mengurangi berat badan.

Konsumsi buah labu bisa dengan cara tradisional, yaitu membelinya di swalayan lalu diolah menjadi bubur (puree), sup, atau makanan lainnya, sementara bijinya diolah menjadi camilan. Selain itu, kamu juga bisa membeli minyak biji labu (pumpkin seeds oil) atau dalam bentuk suplemen. Jangan lupa variasikan dengan makanan sehat lainnya sehingga asupan nutrisi harianmu selalu terpenuhi, serta olahraga rutin, ya!

Baca Juga: Manfaat Sehat Biji Rami, dari Kontrol Gula Darah hingga Cegah Kanker

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya