Comscore Tracker

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatan

Biji-bijian ini menjadi bahan makanan diet sehat

Biji-bijian sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti melunturkan lemak, mengurangi gula darah, dan masih banyak lagi. Karena itu tidak jarang 10 biji-bijian ini menjadi bahan makanan untuk mereka yang ingin diet sehat. Apa saja jenis biji-jiannya? Lihat di bawah ini ya.

1. Biji chia

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatansunwarrior.com

Berbentuk seperti biji selasih, biji chia mempunyai manfaat kesehatan yang lumayan banyak lho. Sebut saj, membuat mood yang baik dan memberikan efek kenyang.

Tapi sebelum mengonsumsinya, lebih baik cek dulu apakah kamu alergi terhadap biji chia atau tidak. Karena dari sebuah penelitian, biji chia mempunyai resiko sakit pencernaan dan alergi bagi sebagian orang.

2. Quinoa

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatangoldfoodsusa.com

Quinoa merupakan spesies tanaman yang berasal dari genus goosefoot dari pegunungan Andes di Peru. Biasanya biji-bijian ini dimakan sebagai pengganti makanan pokok.

Kandungan lemak sehat yang tinggi pada quinoa sering membuatnya jadi makanan diet. Selain itu, serat dan protein yang tinggi membuat orang bisa kenyang lebih lama tanpa takut lemas. Sering mengonsumsinya dapat membuat kolesterol dan jantung lebih terjaga kesehatannya.

3. Biji jagung

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatantravelingpetitegirl.com

Jagung termasuk dalam jenis gandum utuh yang mempunyai banyak serat. Di samping itu, pengganti nasi ini juga mempunyai vitamin B, vitamin A, potasium, dan mineral lain yang bisa menjaga fungsi jantung, mencegah kram otot, serta menjaga massa otot.

4. Biji matahari (kuaci)

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanearth.com

Banyak yang menjauhi biji matahari karena lemak yang ada di dalamnya. Padahal lemak pada kuaci ini termasuk lemak sehat lho. Pakar diet mengatakan jikakuaci mempunyai serat, protein, dan lemak tak jenuh yang tinggi untuk menahan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Sehat sih, Tapi Konsumsi 7 Makanan Ini Bisa Juga Bikin Gemuk lho

5. Biji buah delima

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanhealthyeating.sfgate.com

Antioksidan yang tinggi pada biji buah delima membuatnya sering digunakan dalam suplemen kecantikan dan kesehatan. Polyphenols yang ada dalam biji buah delima ini juga bisa digunakan untuk mengurangi risiko kanker dan gangguan liver.

6. Biji rami (flax seeds)

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanhealthline.com

Biji rami atau flax seeds dikenal dengan seratnya yang tinggi. Serat inilah yang mengatur tekanan darah. Dari sebuah penelitian, biji ramin ini juga bisa menahan nafsu makan dan mengurangi berat badan.

7. Biji labu

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanseasonalcravings.com

Mineral yang beragam pada biji labu membuatnya sangat baik untuk kesehatanmu. Sebut saja magnesium, seng, dan copper yang berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Gak hanya itu, biji labu juga bisa menyembuhkan nyeri sendi dan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. Yuk coba masukkan biji labu ke dalam salad atau sebagai topping oatmeal yang kamu makan.

8. Biji buah aprikot

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanmedicalnewstoday.com

Amygdalin yang terdapat pada biji buah aprikot dikenal bisa membunuh sel kanker dan mencegah kanker berkembang pesat di dalam tubuh. Dr Ernst T Krebs Jr., biochemist mengatakan seseorang tidak akan terkena kanker jika dia mengonsumsi 10-12 biji buah labu setiap hari. Tertarik mencobanya?

9. Wijen

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatanid.tastemade.com

Tidak hanya mangan dan copper, wijen juga mempunyai mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya zat besi, kalsium, vitamin B, zinc, dan serat. Semua mineral tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh lho.

10. Biji buah anggur

Gak Cuma Lunturkan Lemak, 10 Biji-bijian ini Punya Manfaat Kesehatannewideafood.com.au

Biji buah anggur kaya akan vitamin E, flavonoid, polifenol, dan asam linoleat yang bisa mencegah kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Dari studi yang dirilis dalam jurnal Carcinogenesis, ekstrak biji anggur mampu membunuh sel karsinoma dan sel skuamosa penyebab kanker tanpa merusak sel yang baik.

Beberapa biji di atas cukup banyak ada di pasaran atau supermarket besar. Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian tersebut dalam keadaan mentah (dalam keadaan kering), dijadikan bahan tambahan pada masakan, atau topping untuk salad. Terserah bagaimana kamu mengolahnya, namun yang pasti sebisa mungkin setiap hari kamu mengonsumsi salah satu dari biji-bijian tersebut ya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Tips Khusus Mengolah Beberapa Produk Makanan Sehat

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You