Comscore Tracker

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapan

Mending pilih makanan yang lebih sehat, deh

Sarapan dianggap sebagai waktu makan paling penting dalam satu hari. Bahkan, berbagai studi menjelaskan betapa krusialnya memulai hari dengan sarapan. Manfaatnya beragam, mulai dari meningkatkan fokus dan konsentrasi, hingga membantu seseorang untuk mempertahankan dan menurunkan berat badan.

Akan tetapi, ada beberapa aturan tak tertulis yang harus dipahami ketika sarapan agar kita bisa memperoleh manfaatnya dengan maksimal. Salah satunya ialah memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Daftar makanan tidak sehat berikut ini sebaiknya dihindari di waktu sarapan karena dapat memicu midday slump atau kelelahan di siang hari.

1. Kue pastri manis

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapanilustrasi kue pastri manis (unsplash.com/Mink Mingle)

Kue pastri manis menjadi opsi makanan yang paling mudah didapatkan sehingga dinilai praktis disantap di pagi hari. Rasanya yang manis juga dinilai dapat meningkatkan suasana hati sebelum memulai aktivitas. 

Akan tetapi, mengonsumsi pastri di pagi hari bukanlah ide yang tepat. Dilansir Healthline, kue ini cenderung mengandung gula yang tinggi sehingga hanya mampu memberikan energi sementara. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan kehilangan energi sehingga mudah lelah dan mengantuk.

2. Minuman berenergi

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapanilustrasi minuman berenergi (unsplash.com/Kenny Eliason)

Karena kepraktisannya, minuman berenergi juga kerap dipilih sebagai menu sarapan oleh banyak orang. Kandungan kafein di dalamnya mungkin bisa meningkatkan energi secara signifikan. Namun sama seperti kue pastri, ini tak bertahan lama. Terlebih, minuman berenergi juga biasanya mengandung banyak gula.

Alih-alih berenergi sepanjang hari, orang yang mengonsumsinya justru akan merasa lelah setelah efek kafeinnya mereda. Bahkan ia bukan tak mungkin mengalami kelelahan yang lebih berat dibandingkan jika tidak sarapan sama sekali.

Baca Juga: Mengenal Orthorexia Nervosa, Terlalu Terobsesi dengan Makanan Sehat

3. Jus buah

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapanilustrasi jus buah (pexels.com/Pixabay)

Sekilas, minuman satu ini tampak menjanjikan lantaran buah mengandung berbagai nutrisi esensial bagi tubuh. Pernyataan tersebut memang ada benarnya, tetapi buah yang dijadikan jus bukanlah pilihan yang tepat untuk sarapan.

Jus buah hanya didominasi oleh gula sederhana seperti fruktosa. Terlebih jika gula buatan dan krimer kental manis ditambahkan ke dalamnya. Selain itu, kandungan serat dalam buah yang dijadikan jus juga berkurang sehingga tak dapat memberikan efek kenyang tahan lama di dalam tubuh.

4. Sereal tinggi gula dan rendah serat

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapanilustrasi sereal (unsplash.com/Engin Akyurt)

Terbiasa makan sereal di pagi hari? Mungkin kamu harus segera meninggalkan rutinitas ini sebab sereal tak mampu menyediakan energi yang bertahan lama. Ini dijelaskan melalui laman Cleaveland Clinic. Bahkan beberapa jenis sereal juga diketahui mengandung tinggi natrium yang berpotensi meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, kamu bisa menyiasati kebiasaan sarapan dengan sereal dengan beberapa cara. Salah satunya ialah dengan menambahkan chia seed dan buah yang tinggi serat ke dalamnya. Selain itu, konsumsilah sereal dengan susu tinggi protein untuk mendapat efek kenyang yang lebih tahan lama.

5. Roti tawar rendah serat

Picu Lelah di Siang Hari, 5 Makanan Ini Patut Dihindari saat Sarapanilustrasi roti tawar (unsplash.com/@color0911)

Urutan terakhir ditempati makanan yang kerap dijumpai di atas meja makan dan menjadi menu sarapan favorit banyak orang, yaitu roti tawar. Ternyata, beberapa jenis roti tawar sayangnya mengandung karbohidrat sederhana dan cenderung rendah serat sehingga tidak akan membuatmu kenyang dalam waktu lama.

Sebagai gantinya, coba roti tawar gandum yang mengandung karbohidrat kompleks. Kehadiran nutrisi satu ini dapat membuat gula darah lebih stabil dan tubuh lebih berenergi sepanjang hari. Untuk memperoleh hasil maksimal, padukan roti dengan makanan sumber protein dan sayur. Sebagai contoh, sandwich.

Sarapan yang baik idealnya terdiri atas makanan sumber karbohidrat kompleks, protein, lemak, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan. Jika nutrisi tercukupi dengan baik, tubuh akan lebih berenergi sehingga kita bisa menjalani hari dengan lebih produktif. Karenanya, jangan salah pilih makanan untuk sarapan, ya!

Baca Juga: 12 Tips agar Pekerja Shift Malam Tetap Sehat dan Fit

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya