Comscore Tracker

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan

Bisa membantu menurunkan berat badan, lho!

Saat ini, sebagian besar keluarga memiliki setidaknya satu hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, burung, dan binatang lainnya. Memiliki hewan peliharaan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga. Berikut ini manfaat dari memiliki hewan peliharaan di rumah yang harus kamu ketahui dan alasan mengapa kamu mulai harus berpikir untuk memiliki hewan peliharaan saat ini.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Anastasiya Gepp

Memiliki hewan peliharaan di rumah adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengapa? Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata dapat membantu menurunkan kemungkinan anak menderita alergi tertentu. Bermain dan akrab pada hewan semenjak masa anak-anak ternyata dapat mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat secara umum.

2. Menghilangkan stres dan depresi

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Yuliya Strizhkina

Kebanyakan pemilik hewan peliharaan menyadari bahwa hewan peliharaan yang mereka miliki bisa berguna untuk menghibur suasana hatinya dan membantu membuat merasa rileks dan tenang. Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi atau stres dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan dianggap sebagai stimulus yang baik untuk meningkatkan suasana hati dan bisa menghilangkan rasa kesepian.

3. Menurunkan tekanan darah

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Monica Silvestre

Memiliki hewan peliharaan juga berpotensi untuk mengurangi tekanan darah, terutama pada pasien hipertensi dan berisiko tinggi. Tindakan sederhana dari hewan peliharaan untuk menghibur pemiliknya dapat menurunkan tekanan darah pada saat-saat stres yang dialami oleh pemiliknya.

4. Membuat jantung lebih sehat

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/mentatdgt

Memelihara hewan peliharaan terutama anjing, dapat membuat kamu lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit jantung. Hal ini karena kebiasaan membawa anjing jalan-jalan bisa membantu kinerja jantung lebih sehat.

5. Membantu menurunkan berat badan

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanbarkpost.com

Orang yang memiliki kebiasaan membawa anjingnya untuk berjalan-jalan, ternyata bisa membuat pemilikinya lebih konsisten untuk melakukan olahraga secara teratur. Kebiasaan membawa anjing jalan-jalan bisa meningkatkan kebugaran atau aktivitas fisik pemiliknya. Selain itu, kecepatan berjalan sambil membawa anjing membuat orang berjalan jauh lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang yang berjalan pada umumnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Hewan Peliharaan, Ada Bisa Cegah Depresi

6. Membantu terapi dan merehabilitasi dari penyakit

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatandupontvet.com

Hewan dapat digunakan sebagai alat terapi proses rehabilitasi, karena saat ini hewan peliharaan dianggap sebagai jenis pendorong yang mendorong kontak antarpribadi, mobilitas, dan sosialisasi di antara pasien. Hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan interaksi antara mereka yang menderita kesepian atau cacat fisik.

Berkat memiliki hewan peliharaan, pemiliknya dapat mengurangi risiko kematian dan dapat menghindari penyakit yang berhubungan dengan kecemasan daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

7. Bantu anak berkembang

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Kai-Chieh Chan

Memiliki hewan peliharaan dapat membantu anak-anak untuk belajar kasih sayang, tanggung jawab, dan empati. Selain itu, kehadiran hewan peliharaan di rumah dapat memberikan rasa aman pada anak-anak. Saat bermain dengan hewan peliharaan, anak akan meningkatkan imajinasi mereka serta rasa ingin tahu. Selain itu, ketika hubungan seorang anak merasa sangat dekat pada hewan peliharaan seperti anjing, mereka dapat belajar mengekspresikan perasaan mereka dengan lebih banyak cara dan juga berhubungan lebih baik.

8. Bantu anak-anak yang menderita autisme

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Matheus Bertelli

Beberapa anak dengan autisme atau gangguan belajar dapat berinteraksi dengan hewan peliharaan lebih baik daripada orang lain. Itu mungkin karena anak autis sering mengandalkan isyarat non-verbal untuk berkomunikasi, seperti halnya hewan peliharaan. Hewan peliharaan akan membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar mengetahui cara menenangkan diri dan mengatur depresi serta stres.

9. Membantu bersosialisasi

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Helena Lopes

Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat tanpa syarat dan bahkan bisa membantu pemiliknya mengatasi masa tersulit dalam hidupnya. Bagi orang-orang yang menyukai jenis peliharaan tertentu seperti anjing atau kucing, mereka akan senang bergabung dengan klub anjing atau kucing, untuk bertemu pecinta anjing lainnya dan menciptakan lebih banyak hubungan dan bersenang-senang dalam memelihara hewan peliharaan.

10. Meningkatkan harga diri

10 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Bagi Kesehatanpexels.com/Lauren Whitaker

Orang-orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki harga diri yang lebih tinggi serta merasa lebih nyaman daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, pemilik hewan peliharaan itu pada umumnya lebih ekstrovert dan tidak merasa takut. Itu karena hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai sumber penting dukungan sosial yang dapat menyediakan banyak manfaat psikologis dan fisik positif bagi pemiliknya.

Nah, setelah membaca artikel di atas, semoga kamu dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat dan membuat kamu berpikir untuk memulai memelihara peliharaan.

Baca Juga: 11 Tanda Kamu Sudah Terobsesi dengan Hewan Peliharaan

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You