Comscore Tracker

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hari

Biar gak ganggu aktivitas

Pernahkah merasa sudah tidur cukup semalaman tapi keesokan harinya merasa ngantuk terus? Aktivitas terganggu karena mengantuk ini bisa bikin kita tidak fokus melakukan kegiatan. Malah bisa membuat pusing jika tetap memaksakan melanjutkan aktivitas dan mengabaikan rasa kantuk.

Sebenarnya apa sih penyebab kantuk tak kunjung pergi meski sudah cukup istirahat? Simak yuk 5 hal penyebab ngantuk yang datang terus.

1. Dehidrasi

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hariwww.warwicklodgedental.co.uk

Kekurangan cairan bisa saja terjadi setelah olahraga atau tanpa disadari saat bekerja di ruangan ber-AC, merasa tidak haus sehingga lupa untuk minum. Akibatnya, kantuk mudah menyerang.

Air putih sangat penting untuk menjaga sistem yang ada di tubuh bekerja optimal. Dengan mencukupi asupan cairan ke dalam tubuh, akan membuat tubuh lebih bersemangat menjalankan aktivitas.

2. Kurang gerak

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hariunsplash.com/@christnerfurt

Kalau aktivitas sehari-hari hanya duduk di depan komputer atau kebanyakan diam, bisa bikin tubuh terasa lelah dan ngantuk. Cobalah untuk bergerak lebih banyak di sela-sela aktivitas kamu yang selalu diam. Hal itu bisa membuat sirkulasi darah di tubuh lancar dan rasa kantuk pun hilang.

3. Stres berat

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hariunsplash.com/@dogukan

Stres berat atau depresi bisa membuat seseorang kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Walau tidur sudah 8 jam, tapi tidak nyenyak, gelisah, dan lain sebagainya. Selain itu, saat mengalami stres, akan malas dan tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas. Inilah yang menyebabkan ngantuk melanda seharian.

Baca Juga: Ini 7 Penjelasan Kenapa Mengantuk Setelah Kenyang itu Sudah Biasa

4. Kurang darah

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hariunsplash.com/@kylejglenn

Saat tubuh kurang darah atau menderita anemia, akan menyebabkan tubuh menjadi lemah, letih, lesu, lunglai, dan lemas. Penderita anemia disebabkan karena kurangnya asupan zat besi yang mengandung sel darah merah untuk tubuh, sehingga sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh berkurang, inilah yang menyebabkan rasa kantuk datang.

5. Menderita penyakit tertentu

Selain Kurang Tidur, Ini 5 Hal Penyebab Ngantuk Sepanjang Hariunsplash.com/@a_d_s_w

Rasa ngantuk sepanjang hari juga bisa jadi gejala dari beberapa penyakit. Misalnya penyakit narkolepsi yaitu tidak bisa menahan rasa ingin tidur di luar waktu tidur normal, penyakit sindrom kaki gelisah yang menyebabkan tidur tidak berkualitas, parasomnia yaitu perilaku tidak normal ketika tidur, dan beberapa penyakit lainnya yang semestinya segera konsultasikan dengan dokter.

Itulah lima penyebab kantuk yang tak kunjung pergi meski kita sudah merasa cukup tidur. Segera ubah pola hidup ya agar tidak mengganggu aktivitas!

Baca Juga: 7 Fakta di Balik Menguap, Gak Selalu Mengantuk

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya