Comscore Tracker

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeup

Jangan malas membersihkan, ya!

Kita sebagai perempuan pasti mempunyai banyak brush untuk mengaplikasikan make up di wajah. Mulai dari brush untuk eye shadow, blush on dan untuk bedak tabur. Namun, kita sering lupa membersihkan brush make up. Padahal, brush yang kotor bisa jadi sarang bakteri dan membahayakan wajah kita!

Maka dari itu, kamu perlu sering-sering membersihkan brush make up. Apa saja manfaat kesehatan yang diperoleh jika kamu rajin melakukannya? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Terhindar dari penyebaran bakteri dan sel kulit mati

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeuppamper.my

Saat kita merias wajah, bakteri dan sel kulit mati akan menempel ke kuas make up. Apabila kamu nekat memakai brush dalam keadaan kotor, hal ini sama saja dengan mendistribusikan kotoran dan bakteri ke kulit.

Akibatnya, kita akan mudah berjerawat! Solusinya, kamu harus membersihkan brush make up setiap 7-10 hari sekali.

2. Risiko reaksi dan alergi kulit akan berkurang

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeupyoubeauty.com

Bagi orang dengan kulit sensitif, memakai brush make up yang kotor akan berisiko memunculkan ruam. Dengan membersihkan kuas make up, kulit kita tidak akan bereaksi terhadap penumpukan kotoran, minyak dan sel kulit mati. Kamu bisa membersihkan brush dengan air dan sabun yang lembut, saran laman Allure.

3. Terhindar dari konjungtivitis dan herpes

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeupwebmd.com

Lebih mengerikannya lagi, kuas make up yang kotor bisa memunculkan konjungtivitis dan herpes! Virus herpes menyukai kuas make up yang lembap, sementara kuman yang menyebabkan konjungtivitis dapat hidup di mana pun, termasuk brush yang kotor. Oh ya, hindari memakai brush make up bergantian dengan orang lain agar tidak tertular penyakit.

4. Mencegah pori-pori tersumbat

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeuppinterest.com

Pori-pori tersumbat dan penuh komedo ialah hal yang paling kita hindari. Sebisa mungkin, kita menghindari menyentuh kulit wajah dengan tangan yang kotor atau memakai produk berlabel non-comedogenic. Kamu juga perlu membersihkan kuas make up karena kotoran yang ada di kuas akan menyumbat pori-pori, terang laman Good Housekeeping.

Baca Juga: Ini 7 Kesalahan Pakai Skincare, Kulit Wajah Malah Makin Berminyak

5. Terhindar dari infeksi Staph

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeupgossiyapa.com

Kuas make up yang kotor akan menumpuk kotoran, minyak, sel kulit mati, polusi, debu dan bakteri. Akibatnya infeksi Staph akan terjadi akibat bakteri staphylococcus yang melekat di sana. Kasus infeksi Staph terjadi pada Jo Gilchrist, perempuan berusia 27 tahun yang meminjam brush make up dari temannya dan membuatnya lumpuh, jelas laman People.

6. Memperlambat keriput dan penuaan

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeupaleteia.org

Menua itu pasti, namun ada beberapa hal yang bisa mempercepat penuaan. Misalnya, sering terpapar sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Selain itu, menurut Dr. Debbie Palmer, ahli dermatologi asal New York, kuas make up yang kotor akan menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin. Akibatnya, penuaan dini akan terjadi.

7. Terhindar dari iritasi kulit

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeupsanatatedefier.ro

The last one, kuas make up yang kotor akan menyebabkan iritasi kulit. Ini terjadi akibat kotoran, debu, minyak dan bakteri yang menempel di brush. Sementara, iritasi kulit akan membuat kita sulit meratakan riasan pada wajah. Maka dari itu, kamu harus rajin dalam membersihkan kuas make up, ya!

Nah, itulah 7 keuntungan dan manfaat kesehatan yang diperoleh ketika kamu rajin membersihkan brush make up. Mulai sekarang, kamu harus rutin membersihkannya!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mengatasi Kulit Wajah yang Dehidrasi Saat Beraktivitas

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You