Comscore Tracker

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!

Tetap jaga keamanan dan keselamatan berkendara

Masa pandemik yang belum juga usai mengharuskan kita untuk tetap ekstra melindungi diri. Tak hanya ketika bertemu dengan orang, tetapi juga saat berkendara. Terlebih bila kamu berkendara dengan motor yang membutuhkan perlindungan ekstra. Jangan sampai kamu lengah dan abai terhadap protokol kesehatan, ya!

Berikut lima tips aman berkendara motor di masa pandemik COVID-19. Yuk, sama-sama lindungi diri dan orang sekitar!

1. Pastikan untuk memakai helm dan motor pribadi

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!ilustrasi menggunakan helm saat mengendarai motor (unsplash.com/rohankrishnann)

Di masa pandemik COVID-19, akan lebih baik kita saling menjaga diri dengan tidak menggunakan barang-barang yang dipakai orang lain atau secara umum. Termasuk ketika berkendara, pastikan kamu menggunakan motor dan helm sendiri.

Demi menjaga keamanan dan higienitas barang dari perpindahan tangan yang bisa menyebarkan penyakit. Dengan memakai motor dan helm sendiri kamu juga bisa menjamin kebersihannya sehingga lebih aman untuk dirimu.

2. Kenakan masker dua lapis untuk proteksi diri 

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!ilustrasi mengenakan masker (unsplash.com/kobbyfotos)

Hal selanjutnya yang juga sangat penting adalah dengan memakai dua lapis masker sekaligus. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan masker medis di lapisan pertama, lalu menggunakan masker kain di bagian luar.

Pastikan pula masker medis dan masker kain tersebut masing-masing memiliki tiga lapisan perlindungan. Tujuannya agar kamu lebih aman dari paparan virus melalui droplet yang mungkin bisa terbawa angin.

Baca Juga: 11 Tips Kembali Ngantor Setelah Pandemi COVID-19 Berakhir

3. Cucilah tangan sebelum dan setelah berkendara

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!ilustrasi mencuci tangan (unsplash.com/seanhorsburgh)

Salah satu cara proteksi diri yang baik salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan. Tangan kerap menyentuh benda di sekitar lalu dengan tidak sadar kamu mungkin akan menyentuh wajah. Ini tentu akan berisiko bila ada virus yang menempel di tangan. Maka, pastikan kamu selalu mencuci tangan sebelum dan setelah berkendara, ya!

4. Memakai sarung tangan khusus berkendara 

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!ilustrasi menggunakan sarung tangan berkendara (unsplash.com/shajanjp)

Perlindungan ekstra juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan sarung tangan ketika berkendara. Selain melindungi tangan dari paparan sinar matahari yang menyengat, kamu juga bisa melindungi tangan untuk menyentuh bagian setang motor secara langsung. Hal ini baik agar meminimalisir risiko tanganmu menyentuh benda yang kotor atau jarang dibersihkan tersebut.

5. Sering mencuci sarung tangan dan menjaga kebersihan motor 

5 Tips Aman Berkendara dengan Motor di Masa Pandemik, Proteksi Ekstra!ilustrasi mencuci helm dan sarung tangan (unsplash.com/brunus)

Selain mencuci tangan, kamu juga harus sering mencuci sarung tangan yang kamu gunakan untuk berkendara. Sarung tangan sebagai proteksi ganda dalam menjaga kebersihan juga bisa menjadi sarang berbagai kuman dan virus penyakit, sehingga harus sesering mungkin dicuci, termasuk motor juga.

Intinya, menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan untuk diri sendiri, tetapi juga benda atau barang lainnya yang sering kamu gunakan, ya.

Nah, itulah lima tips aman berkendara motor di masa pandemik. Selain menjaga kamu tetap aman dari ancaman terpapar virus, juga menjaga keselamatan dalam perjalanan. Tak lupa, hati-hati di jalan, ya!

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Bersepeda? Ini Tips Aman Melakukannya

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya