Comscore Tracker

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk Akal

Bisa sampai menjerit bahkan berlari ketakutan

Setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda terhadap suatu hal. Rasa ketakutan yang berlebihan akan menjadikan orang tersebut dianggap mengidap fobia. Fobia terhadap hewan merupakan salah satu fobia yang kadang membuat kita aneh. 

Hewan yang dianggap lucu dan menggemaskan belum tentu orang yang mengidap fobia menganggap hal yang sama. Bahkan mereka bisa sampai menjerit dan berlari ketakutan. Hal-hal yang aneh ini mungkin saja terjadi akibat trauma atau kejadian masa lalu terhadap hewan tersebut. Berikut jenis fobia terhadap hewan yang mungkin saja kamu salah satunya. 

1. Alektorophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/NickyPe

Siapa sangka ternyata ada sebagian orang di dunia ini yang takut terhadap ayam. Ayam memang tidak berbahaya, namun untuk pengidap alektorophobia melihat ayam seperti menakutkan. Ketakutan ini bahkan dapat membuat jantung berdebar, mulut kering, dan perasaan tidak nyaman setiap melihat ayam. Menurut penelitian, alektorophobia terjadi karena rasa trauma terhadap ayam yang mungkin terjadi di masa lalu. 

2. Equinophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/Kudybadorota

Equinophobia merupakan rasa ketakutan yang luar biasa terhadap kuda. Seseorang yang mengidap fobia ini mendengar suaranya saja sudah gelisah. Fobia ini dipicu karena trauma di masa lalu yang membuat penderita takut terhadap kuda. Mungkin saja saat kecil dia menerima perlakuan agresif dari kuda yang membuatnya tidak bisa melupakan kejadian tersebut. 

3. Ailurophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/bella67

Ailurophobia adalah fobia terhadap hewan yang cukup familier. Penderita fobia ini berbanding terbalik dengan pecinta kucing yang rela merogoh kocek yang dalam demi memelihara kucing. Rasa ketakutan yang luar biasa ketika melihat kucing yang menggemaskan. Fobia pada kucing juga memiliki nama lain, seperti gatophobia dan felinophobia. Jika kamu merasa cemas saat melihat kucing, mungkin saja kamu kamu mengidap fobia ini. 

4. Ornithophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/robert_C

Ornithophobia muncul jika kamu merasakan ketakutan yang luar biasa terhadap burung. Hewan yang mampu berkicau dengan merdu ini harus dianggap menakutkan oleh penderita fobia ini. Rasa trauma menjadi penyebab terbesar fobia ini. Mereka yang mengidap fobia ini cenderung takut terhadap paruh burung dan bulunya. Kamu dapat membantu penderita mengontrol ketakutannya dan mendorong dia agar berani melawan traumanya.

Baca Juga: Kamu yang Arachnofobia Pasti Merinding Berat Lihat 10 Foto Ini

5. Entomophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/garoch

Entomophobia kadang dianggap aneh oleh sebagian orang. Rasa ketakutan pada serangga terutama kupu-kupu ini memang cukup langka. Hewan ini tidak agresif dan memiliki keindahan yang membuat siapapun suka. Namun untuk penderita fobia ini, kupu-kupu dianggap sesuatu yang menakutkan. Secara refleks mereka akan berlari bahkan menangis jika melihat kupu-kupu di hadapan mereka. 

6. Batrachophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/zdenet

Batrachophobia merupakan ketakutan pada jenis amfibi seperti katak dan salamander. Fobia ini mungkin saja terjadi karena kulit pada hewan ini dianggap menakutkan.Lendir yang menempel pada tubuh amfibi dianggap sesuatu hal yang menjijikkan. Jika kamu memiliki rasa tidak suka pada amfibi maka kemungkinan kamu dianggap mengidap fobia ini. Sebaiknya mulai tanamkan pikiran yang positif terhadap katak agar fobia segera sembuh. 

7. Ichthyophobia

7 Fobia Pada Hewan yang Kadang Bikin Gak Masuk AkalPixabay.com/skitterphoto

Jenis fobia ini termasuk yang paling aneh. Seorang yang mengidap ichthyophobia merasa ketakutan terhadap ikan. Baik ikan hidup atau mati terasa menjijikkan. Fobia yang tidak rasional itu hingga membuat penderita tidak mau menyentuh dan memakan ikan. Biasanya orang dengan fobia ini menghindari pasar atau tempat-tempat yang menjual ikan. 

Beberapa jenis fobia di atas memang agak sedikit tidak masuk akal untuk sebagian orang. Kita dapat menyimpulkan bahwa faktor trauma merupakan penyebab terbesar seseorang mengidap fobia pada hewan. Lakukan terapi yang tepat agar fobia ini bisa disembuhkan. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Dunia

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya