Comscore Tracker

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahraga

Bisa bikin makin bahagia, lho!

Tubuh yang bugar dan sehat adalah idaman semua orang. Semua orang juga tahu bahwa berolahraga baik untuk kesehatan. Tapi pernahkah kamu memikirkan proses apa yang terjadi di tubuhmu saat kamu berolahraga?

Saat olahraga, ternyata tubuh kita tidak hanya sekadar membakar lemak dan memproduksi keringat, lho! Menurut sains, ini dia 7 hal yang terjadi pada tubuhmu jika kamu berolahraga.

1. Sel-sel dalam tubuhmu mulai saling berkomunikasi

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Menurut sebuah studi dalam jurnal Cell Metabolism tahun 2018, aktivitas olahraga merangsang pelepasan molekul ke dalam sirkulasi, di mana molekul protein pemberi sinyal antar jaringan tubuh adalah perantara penting dari proses adaptasi olahraga. Pada dasarnya, olahraga membantu proses transport pesan biokimia penting dalam tubuh dari satu sel ke sel lainnya.

2. Suhu tubuh meningkat

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Otot manusia membutuhkan energi untuk berolahraga, sehingga tubuh akan membakar lemak dan karbohidrat dalam rangkaian reaksi kimia yang menghasilkan panas. Denyut jantung juga akan meningkat dan membantu memompa lebih banyak darah melalui sistem, yang juga akan meningkatkan suhu tubuh. Itulah sebabnya kamu merasa panas saat berolahraga.

3. Muncul perasaan bahagia

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Dilansir dari laman Australian Fitness Academy, aktivitas olahraga ternyata membantu memproduksi endorfin. Endorfin dikenal sebagai hormon yang menghasilkan perasaan bahagia atau euforia. Selain endorfin, tubuh juga akan menghasilkan serotonin, norepinefrin, BDNF, dan dopamin, yang seluruhnya memberi manfaat positif bagi pikiran. Pada dasarnya, kombinasi dari kelima hormon tersebut akan meningkatkan suasana hati, dan telah terbukti membantu meredakan kecemasan dan depresi.

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan yang Cocok Buat Kamu yang Pemalas, Sehat Itu Perlu!

4. Fungsi otak meningkat

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Menurut Harvard Health Publishing, olahraga teratur akan meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir otak manusia. Hal ini karena meningkatnya detak jantung saat berolahraga akan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak akan meningkat, khususnya fungsi terkait memori. Studi dari Harvard University juga menunjukkan bahwa olahraga ringan minimal 30 menit per hari sudah cukup untuk membantu mencegah penyakit demensia dan Alzheimer.

5. Tubuh merasa lebih aktif dan siaga

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Sebagaimana disebutkan di poin sebelumnya, akan lebih banyak darah yang mengalir menuju ke otak. Meningkatnya darah dan oksigen yang mengalir ke otak akan membuat kamu merasa lebih siap siaga dan lebih aktif, bahkan setelah sesi olahraga selesai.

6. Terjadinya proses pembakaran kalori

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Proses pembakaran kalori yang dimaksud adalah reaksi ketika tubuh memecah makanan menjadi ATP (adenosin trifosfat), kemudian mengubahnya menjadi ADP (adenosin difosfat). Proses inilah yang akan menghasilkan energi yang membantu tubuhmu tetap merasa fit, bahkan sesudah berolahraga.

7. Kualitas tidur meningkat

7 Proses yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berolahragafreepik.com

Menurut studi dalam jurnal Mental Health and Physical Activity dari laman Science Direct, orang yang berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu akan lebih mudah tertidur pulas. Laman National Sleep Foundation juga menyatakan bahwa orang yang berolahraga setidaknya 30 menit sehari memiliki kualitas tidur 65% lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Hal ini diyakini terjadi karena penurunan suhu tubuh yang membantu merilekskan tubuh, sehingga kamu bisa tertidur lebih cepat dan lebih pulas.

Itu tadi 7 proses alami yang terjadi pada tubuhmu jika berolahraga. Seluruh proses tersebut sangatlah baik untuk kesehatanmu. Jadi, jangan malas berolahraga ya!

Baca Juga: Kata Ahli, Jangan Paksakan Olahraga di 7 Waktu Ini ya! Sangat Berisiko

Nurul M Photo Writer Nurul M

senang menulis dan berbagi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya