Comscore Tracker

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuh

Sudah minum kopi hari ini?

Mendengar istilah 'kafein' tentu sudah tidak asing di telinga. Bahkan, bisa jadi kamu sangat mengenalnya dan bahkan mungkin telah mengkonsumsinya setiap hari. Ketika mendengar kata kafein, pasti yang terlintas di pikiran adalah kopi. Namun, kafein sebenarnya tidak hanya terdapat pada kopi saja lho. Selain kopi, kafein juga terdapat pada teh, coklat, minuman berenergi, dan juga pada obat-obatan. Kopi sendiri memiliki kadar kafein yang paling tinggi dari yang lainnya yaitu sekitar satu–1,5 persen.

Nah apakah kamu sudah tahu apa hubungan kafein dengan tubuhmu? Kafein merupakan senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Eits, tapi gak itu saja lho, ternyata masih banyak manfaat kafein untuk tubuh. Apa saja? Yuk, simak!

1. Kafein membantumu berpikir lebih cepat

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Kafein memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya berkaitan dengan kemampuan berpikirr. Yup, kafein terbukti mampu menstimulus sinyal pada otak agar lebih cepat memberikan respon lebih cepat dalam mengolah memori di otak. Minumlah kopi 15 menit sebelum beraktivitas seperti bekerja atau belajar, maka kamu akan merasakan hasil yang lebih baik.

2. Kafein dapat mencegah gigi berlubang

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Seorang professor dari University of Scranton di Pennsylvania menjelaskan bahwa kafein ampuh melawan bakteri. Namun, bakteri di sini adalah yang khususnya ada di dalam mulut dan seringkali menjadpenyebab gigi berlubangi. Jadi, gak ada salahnya 'kan rajin minum kopi demi menjaga kesehatan gigimu.

3. Kafein mampu meringankan sakit kepala

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi. Namun, kopi yang dipilih sebaiknya adalah kopi pekat atau kopi hitam. Maka, alangkah lebih baiknya jika sebelum mengkonsumsi obat kamu bisa coba untuk menyembuhkan sakit kepala dengan minuman berkafein.

4. Kafein ampuh melegakan napas penderita asma

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Siapa sih yang menyangka kalau kafein memiliki beberapa kebaikan bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah bagi para penderita asma. Yup, kafein terbukti dapat melegakan napas penderita asma melalui pelebaran saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.

5. Kafein membuat badanmu tidak cepat lelah

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Mekanisme kerja zat kafein berlawanan dengan adenosin. Jika adenosin adalah zat untuk membuat kamu cepat tertidur, kafein justru melakukan sebaliknya. Dalam penelitian, kafein mampu memperlambat gerak sel tubuh sehingga tidak mudah lelah dan mengantuk. Gak heran ya banyak orang yang mengkonsumsi kopi agar kuat menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 12 Fakta Ilmiah Cara Kerja Kafein dalam Kopi yang Bikin Susah Tidur

6. Kafein bisa menimbulkan perasaan gembira

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Ketika kamu merasa lesu dan suntuk, kafein ternyata bisa jadi solusi lho. Mengkonsumsi kafein disebut dapat membuat kamu merasa riang, lebih segar dan enerjik. Selain itu khusus bagi perempuan, minum dua cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko mengidap pengeroposan tulang.

7. Kafein membantu menjaga mental tetap stabil

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Kafein banyak memberi efek pada otak manusia. Salah satunya adalah merangsang banyak daerah dalam otak yang mengatur konsentrasi dan mood. Kafein akan bekerja dengan memberi rangsangan secara terus-menerus pada otak sehingga otak akan tetap terjadi.

8. Kafein dapat menangkal radikal bebas

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Kafein bekerja layaknya antioksidan yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Kafein bekerja dengan cara menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. Terlebih di saat meningkatnya radikal bebas baik dari kualitas udara atau air yang buruk, kamu dapat menangkalnya dengan cara rutin mengkonsumsi kafein.

9. Kafein dapat mencegah penyakit kanker

9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuhunsplash.com

Penyakit kanker sangat ditakuti oleh setiap orang. Dengan mengkonsumsi minuman berkafein, dapat mencegah penyakit kanker karena meningkatnya laju metabolisme tubuh sehingga mengurangi resiko penyakit kanker sendiri.

Mungkin sebagian dari kamu masih ragu mengenai manfaat kafein untuk tubuh. Terlebih banyak orang menghindari meminum minuman berkafein karena berbagai alasan. Namun, meski memberikan efek samping yang buruk bagi sebagian orang, kafein memang terbukti memiliki banyak manfaat sehingga sangat penting untuk kesehatan. Meski demikian, sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Cukup dua gelas sehari saja agar tidak berdampak negatif bagi tubuh.

Baca Juga: 6 Jenis Kopi dengan Kadar Kafein Tertinggi, Jangan Minum Kebanyakan

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya