Comscore Tracker

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Ini

Hati-hati, jangan kebangetan

Banyak orang merasa hadirnya hand sanitizer sangat membantu dalam keseharian mereka. Mereka berpikiran bahwa produk ini mudah dan praktis dibawa ke mana saja serta membuat kebersihan tangan terjaga kapan pun, sampai-sampai orang-orang lupa bahwa air bersih lebih baik daripada hand sanitizer.

Beragam bentuk kemasan hand sanitizer yang dipasarkan semakin mencuri perhatian orang-orang. Padahal sebenarnya produk ini tidak benar-benar membersihkan tangan. Cuci tangan dengan sabun diketahui jauh lebih efektif untuk membersihkan tangan. Pemakaian hand sanitizer yang terlalu sering juga tidak baik, malah bisa menimbulkan masalah kulit. Berikut 5 efek terlalu sering pakai hand sanitizer!

1. Kulit tangan jadi semakin kering

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Initasteforlife.com

Tahu tidak, kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat memicu iritasi kulit tangan? Ini dapat terjadi karena alkohol merupakan bahan utama produk ini. Selain iritasi, kandungan ini juga dapat mengangkat minyak alami di tangan, sehingga penggunaan yang terlalu sering akan membuat kulit tangan semakin kering.

2. Kulit tangan jadi keriput, terkelupas dan pecah-pecah

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Inihuffpost.com

Permasalahan lanjutan dari penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering adalah kulit tangan menjadi keriput. Minyak alami yang diangkat oleh kandungan alkohol di dalamnya membuat sel-sel kulit menjadi kering dan dehidrasi. Lebih parah lagi jika kulit tangan menjadi pecah-pecah dan terkelupas.

Baca Juga: Awas! 5 Gangguan Kesehatan Ini Terjadi Akibat Tidak Percaya Diri 

3. Dapat merusak sistem hormon

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Inimedicalnewstoday.com

Banyak juga hand sanitizer yang diformulasikan menggunakan triclosan sebagai pengganti alkohol. Triclosan berfungsi sebagai obat antijamur dan antibakteri.

Namun ternyata triclosan mudah diserap ke dalam kulit dan masuk ke aliran darah sehingga berbahaya bagi tubuh kita. Beberapa penyakit bisa datang menyerang, seperti alergi, kelainan hormon, hingga kanker.

4. Dapat menyebabkan kerusakan pada skin barrier

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Inimedicalnewstoday.com

Sekali lagi, kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat merusak skin barrier jika digunakan terlalu sering, yaitu dengan menghilangkan protein dan lipid. Iritasi dan kekeringan pada kulit juga akan dirasakan. Atasi masalah ini dengan menggunakan hand cream atau pelembap.

5. Memperlemah sistem imun

Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer Bisa Sebabkan 5 Masalah Kulit Inipond5.com

Memang baik untuk menjaga kondisi untuk selalu bersih. Namun kondisi yang terlalu terbiasa sangat bersih justru malah dapat memperlemah sistem imun, apalagi bagi anak-anak.

Jika terlalu bersih, sistem imun akan terbiasa untuk tidak bekerja dan akhirnya tidak bisa melawan penyakit yang tiba-tiba menyerang. Seseorang akan dengan mudah menderita penyakit, bahkan penyakit yang tergolong parah. Jadi, jangan berlebihan juga, agar tidak terkena berbagai risiko penyakit lainnya.

Itu tadi kelima masalah yang bisa kamu alami jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Menggunakannya boleh-boleh saja, tetapi tetap ingat ya bahwa mencuci tangan dengan air bersih jauh lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Jadi, kalau saat ini ada air bersih dan hand sanitizer, kamu tahu, kan, harus memilih apa?

Baca Juga: Dikagumi Bangsa Barat, Inilah 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya