Comscore Tracker

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!

Bukannya keren, bisa-bisa malah kena hepatitis

Tindik yang dulu hanya dijumpai pada telinga, kini bahkan hampir ada di seluruh bagian tubuh, lidah salah satunya. Anak muda zaman sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan tindik lidah. Pasti pernah lihat, kan? Apa kamu berencana untuk memilikinya? Atau bahkan sudah memilikinya?

Tindik lidah kebanyakan dikerjakan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang kesehatan dan anatomi lidah, sehingga banyak sekali dampak-dampak yang dapat merugikan kesehatanmu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahaya serius tindik lidah yang harus diperhatikan, menurut medis!

1. Lidah terdiri dari pembuluh darah besar dan arteri

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!ichef.bbci.co.uk

Pembuluh darah dan saraf di lidah jauh lebih banyak dan peka dibandingkan di telinga atau pusar. Menurut British Association of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeons (BAPRAS), pembelahan tidak hanya akan membuat kehilangan banyak darah, tetapi juga merusak fungsi banyak saraf yang ada di lidah.

2. Dapat mempengaruhi kinerja mulut, bahkan bisa mati rasa permanen

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!healthline.com

Tindik lidah akan mengikat dua jenis otot yang mengatur pergerakan lidah. Lidah jadi lebih sulit digerakkan, kemudian memengaruhi cara bicara, menelan, mengecap, hingga ada yang mengalami mati rasa permanen pada lidahnya.

3. Bisa mengakibatkan infeksi kronis

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!nialler9.com

Berbagai jenis bakteri ada di dalam mulut. Apabila setelah tindik lidah kamu tidak telaten dalam menjaga kesehatan mulut, bisa terjadi infeksi kronis. Infeksi kronis dapat berpengaruh pada penyakit-penyakit lainnya.

Baca Juga: Minum Sambil Berdiri Ternyata Punya 7 Dampak Buruk yang Gak Main-main!

4. Gigi dapat mengalami aus dan pecah

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!eyeem.com

Logam atau material yang keras pada lidah bisa membuat gigimu trauma. Trauma akan terjadi jika lidah bergerak terus karena menjalankan fungsinya dalam membantu mengunyah makanan. Nah, tekanan yang keras pada gigi akibat logam tindik inilah yang dapat menyebabkan gigi aus dan pecah.

5. Bakteri mudah masuk ke dalam aliran darah

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!artstation.com

Hati-hati jika pada saat dilakukan penindikan ada bagian dalam mulutmu yang terluka. Luka yang terjadi selama proses penindikan bisa membuat bakteri masuk ke dalam aliran darah dengan mudah. Akan semakin parah jika jarum suntik atau material tindik yang digunakan tidak benar-benar steril.

6. Dapat meningkatkan risiko pembengkakan otak

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!brainandspinalcord.org

Dalam arsip Neurology, tertulis bagaimana seorang laki-laki Israel berusia 22 tahun meninggal dunia akibat mengalami pembengkakan otak setelah beberapa minggu ia menindik lidahnya. Hal ini terjadi karena terjadi infeksi yang menyebar ke dalam aliran darah dan dapat membahayakan otak.

7.Aduh, ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena Hepatitis, bahkan HIV/AIDS!

Ini 7 Bahaya Serius Tindik Lidah Menurut Medis, Pikirkan Sekali Lagi!thetimes.co.uk

Apabila peralatan yang digunakan serta proses tidak benar-benar steril, bakteri atau virus di alat-alat tersebut tidak mati, sehingga akan dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Bagaimana jika itu virus Hepatitis atau HIV? Ih, seram!

Jika kamu tetap ingin melakukan tindik lidah, kamu harus menyiapkan diri sebaik mungkin dan mencari tahu sebanyak-banyaknya prosedur tindik lidah. Bagi kamu yang sudah terlanjur, tidak masalah. Jangan malas-malas menjaga kesehatan mulut, ya!

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Makan Daging Anjing yang Akan Bikin Kamu Berpikir Ulang

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya