Comscore Tracker

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat Badan

Gak selamanya sayur dan buah itu rendah kalori

Demi tubuh sehat, tentu tahu kalau kamu perlu rutin mengonsumsi sayur dan buah. Keduanya adalah sumber serat, vitamin, mineral, serta antioksidan yang penting untuk kesehatan.

Selain itu, sayur dan buah biasanya hanya mengandung sedikit kalori, sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan meskipun kita makan dalam jumlah banyak.

Namun, sebetulnya sayur dan buah tidak selalu minim kalori. Ada pula beberapa jenis sayur dan buah yang tergolong tinggi kalori. Karena itu, konsumsi sayur dan buah tersebut sebaiknya dibatasi bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, tetapi disarankan untuk orang-orang yang ingin menaikkan berat badan. Apa saja jenis sayur dan buah yang tinggi kalori tersebut?

1. Alpukat 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanAlpukat. pexels.com/Daria Shevtsova

Alpukat terkenal sebagai salah satu buah ajaib yang memiliki segudang manfaat. Buah yang dagingnya lembut dan creamy ini kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa menyehatkan jantung.

Namun, yang namanya lemak tentu memiliki kalori yang cukup tinggi. Melansir Medical News Today, 100 gram alpukat mengandung sekitar 160 kalori. Sebuah alpukat berukuran sedang biasanya berbobot 170 gram, alias setara dengan sekitar 270 kalori.

Artinya, jika kamu mengonsumsi sebuah alpukat berukuran sedang, kamu sudah memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan kalori harianmu. Namun, karena alpukat cukup mengenyangkan, buah ini tetap bisa jadi pilihanmu saat ingin menurunkan berat badan, asalkan kamu tidak mengonsumsinya terlalu banyak.

2. Durian 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanDurian. freepik.com/jcomp

Bisa dibilang bahwa durian adalah buah yang dicintai orang, tetapi dibenci oleh banyak orang juga. Apakah kamu pencinta durian? Kalau iya, kemungkinan besar kamu kerap sulit menahan diri saat tengah menyantap buah yang satu ini. Hati-hati, kebiasaan itu bisa cukup merugikan, karena durian mengandung lemak dan gula yang cukup tinggi.

Jumlah yang direkomendasikan saat makan durian adalah cuma 100 gram alias sekitar 3 biji durian. Jumlah tersebut sudah mengandung sekitar 150 kalori, lho. Meski kamu sangat menyukai durian, tetapi batasi konsumsinya, ya, terutama kalau kamu sedang dalam program menurunkan berat badan.

Baca Juga: Diet Tak Hanya Defisit Kalori, tetapi Juga Mengatur Pola Makan

3. Kurma 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanIlustrasi Kurma (IDN Times/Umi Kalsum)

Kurma juga adalah buah yang mengandung cukup banyak kalori. Buah yang identik dengan suasana bulan Ramadan ini memang terkenal mengandung banyak gula yang bisa cepat memberi kita energi. Kurma juga kaya vitamin, misalnya vitamin B6, serta mineral seperti kalium dan magnesium.

Namun karena mengandung tinggi gula, kandungan kalori kurma cukup tinggi. Sekitar 100 gram kurma mengandung 277 kalori, seperti dilansir di laman Healthline. Jumlah tersebut setara dengan kira-kira 10 butir kurma berukuran sedang. Maka, untuk membatasi kalori yang masuk ke tubuhmu, cobalah membatasi konsumsinya pada sekitar jumlah tersebut saja.

4. Kacang tanah 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanKacang tanah. pexels.com/Pixabay

Kacang tanah adalah jenis kacang yang kerap dijadikan camilan atau bahan campuran makanan. Salah satu kandungan utama kacang tanah adalah lemak yang cukup tinggi, yaitu hampir setengah dari beratnya. Maka, tak heran jika kacang tanah mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 567 kalori per 100 gram.

Jumlah itu sudah setara dengan 20 hingga 25 persen kebutuhan kalori harian kita. Jadi, sebaiknya tidak mengonsumsinya banyak-banyak kalau kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

Meski demikian, kacang tanah bisa jadi pilihan camilan buat kamu yang ingin berat badannya naik, karena kandungan proteinnya cukup tinggi dan bisa menunjang perkembangan ototmu.

5. Kacang kedelai 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanKacang kedelai. freepik.com/topntp26

Kacang kedelai juga bisa jadi pilhan yang bagus untuk mereka yang berat badannya kurang ideal. Walaupun demikian, perlu diingat bahwa kalori tertinggi kacang kedelai dimiliki oleh kacang kedelai yang utuh. Melansir Healthline, 100 gram kacang kedelai rebus mengandung sekitar 173 kalori.

Sementara itu, kacang kedelai yang sudah diolah menjadi tempe, tahu, maupun susu kedelai akan jauh berkurang kalorinya. Seperti kacang tanah, kacang kedelai juga bagus untuk pertumbuhan otot karena kaya akan protein, tetapi kandungan lemaknya jauh lebih rendah. Plus, tentu saja kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

6. Kacang merah 

6 Buah dan Sayur yang Tinggi Kalori, Bisa Menambah Berat BadanKacang merah. freepik.com/jcomp

Jenis kacang yang kandungan kalorinya cukup banyak adalah kacang merah. Sekitar 127 kalori terkandung dalam 100 gram kacang merah rebus. Biasanya, kacang merah memang diolah dengan cara direbus dan dijadikan sup.

Kacang merah juga adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Kandungan karbohidratnya pun lebih banyak dibanding kacang tanah maupun kacang kedelai, sehingga juga bisa menjadi sumber energi yang baik. Akan tetapi, karena disertai kandungan serat yang tinggi, karbohidrat dalam kacang merah gak akan meningkatkan risiko diabetes.

Enam buah dan sayur di atas adalah contoh bahwa buah dan sayur juga bisa mengandung kalori yang cukup tinggi. Kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan bisa tetap mengonsumsinya asal tidak berlebihan. Sementara itu, buat yang ingin menambah berat badan, buah dan sayur di atas bisa jadi pilihan yang bagus!

Baca Juga: Mau Kurusan? 11 Kegiatan Ini Anehnya Bisa Efektif Bakar Kalori Tubuhmu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya