Comscore Tracker

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketika

Tak perlu jauh-jauh cari tempat untuk meditasi

Meditasi adalah praktik kuno yang melibatkan pemusatan pikiran. Rutin elakukannya dapat meningkatkan kesadaran, meningkatkan relaksasi, mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesejahteraan dalam diri.

Bukan cuma itu, meditasi juga menawarkan manfaat untuk kesehatan fisikmu. 
Jika kamu ingin mulai bermeditasi, rumahmu adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Ada beberapa langkah yang harus diikuti jika kamu ingin mulai bermeditasi di rumah. 

1. Temukan tempat yang nyaman

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketikailustrasi meditasi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Langkah pertama adalah temukan area yang nyaman di rumahmu tanpa banyak gangguan. Ini bisa di mana saja seperti kursi favoritmu, sofa, sudut di rumah, atau kamar tidurmu. Kamu dapat berbaring jika kamu mau. Namun sebenarnya duduk dapat membantu mencegah kamu tertidur. 

Idealnya untuk melakukan meditasi, kamu harus santai tapi juga harus sadar. Akan sangat membantu untuk bermeditasi di tempat yang sama setiap hari jika itu memungkinkan agar otak terbantu untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat.

2. Setting pengingat harian

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketikailustrasi komunikasi online (pexels.com/Blue Bird)

Sangat membantu jika kamu mengatur pengingat untuk bermeditasi pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini juga dapat membantumu membangun kebiasaan yang bertahan lama.

Kamu bisa memulai mengatur waktu meditasi di pagi hari saat bangun tidur. Namun, jika kamu sulit dan sibuk, melakukannya sebelum tidur pun tidak apa-apa dilakukan. 

Baca Juga: 5 Fakta Meditasi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Apa Saja Ya?

3. Ambil langkah kecil untuk memulainya

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketikailustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro)

Dibutuhkan banyak latihan dan kesabaran untuk memusatkan perhatianmu pada satu hal di satu waktu. Jadi, disarankan untuk mengambil langkah kecil saat kamu baru memulai. Cobalah meditasi yang lebih pendek pada awalnya dan lanjutkan ke meditasi yang lebih panjang. 

Tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan. Sehingga kamu bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Cobalah berbagai jenis meditasi

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketikailustrasi meditasi (pexels.com/Spencer Selover)

Ada jenis meditasi yang tak ada habisnya dan apa yang mungkin berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain sama sekali. Hal itu tidak jadi masalah.

Luangkan waktu untuk menjelajahi berbagai jenis meditasi dan lihat apa yang paling cocok untukmu.

Ada tiga jenis meditasi, yaitu cinta kasih, pemindaian tubuh dan perhatian terpusat. 

Jenis meditasi cinta kasih adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan belas kasih bagi diri sendiri dan orang lain. Meditasi ini membuka hatimu dan membantumu melihat betapa saling berhubungannya kita semua. 

Jenis meditasi pemindaian tubuh adalah cara yang bagus untuk memperkuat koneksi pikiran tubuhmu. Kamu tidak diajarkan untuk memperhatikan sensasi dalam tubuh, tapi kamu bisa belajar banyak saat kamu memperhatikan tubuh. Dalam meditasi pemindaian tubuh, kamu akan dipandu melalui pemindaian lembut tubuhmu dari atas kepala hingga kaki. Kamu akan segera melihat area umum di mana kamu cenderung menahan ketegangan di tubuh dan akan ditawarkan alat untuk membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks.

Sedangkan, jenis meditasi perhatian terpusat adalah jenis paling umum. Bentuk meditasi ini melibatkan menempatkan kesadaranmu pada satu hal, seperti nafasmu, suara di lingkunganmu, frase, lilin, atau tubuhmu.

Ketika kamu mulai memusatkan perhatianmu pada satu hal itu, kamu akan segera menyadari betapa cepatnya pikiran mengambil alih dan membawamu ke dalam pikiran dan ini normal. 

5. Bersikap baik kepada diri sendiri

5 Cara Mudah Melakukan Meditasi di Rumah, Bikin Jiwa Tenang Seketikailustrasi tersenyum (pexels.com/the happiest face)

Meskipun latihan meditasi terbilang cukup sederhana, namun sebenarnya hal ini tidaklah mudah.Akan ada hari-hari ketika pikiran lebih tenang, saat-saat pikiran tidak berhenti mengoceh, atau saat-saat pikiran berada di antara keduanya dan ini normal. 

Sangat penting untuk bertemu dengan diri sendiri di mana kamu berada pada saat itu dan menerima apa yang ada dengan kebaikan. 

Meditasi adalah praktik yang dapat menurunkan tingkat stres, membantumu fokus, dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan mental dan fisik. 

Temukan tempat yang tenang di rumah kamu, pilih jenis meditasi yang kamu sukai, dan kamu harus sudah siap. Mulailah dengan beberapa menit setiap kali dan kemudian tingkatkan dari sana saat kamu siap. Jangan lupa untuk bersikap baik dan welas asih kepada diri sendiri saat kamu mengembangkan latihan ini.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Stres dengan Meditasi Bathtub, Tertarik Mencoba?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya