Comscore Tracker

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orang

Yuk, makan seledri.

Seledri adalah tanaman populer yang berwarna hijau muda. Namun, dapat memiliki warna putih jika ditanam di tempat teduh. Rasanya agak tajam dan asin, karena merupakan bahan yang populer di banyak jenis semur dan salad. Tanaman ini dikonsumsi mentah.

Selain itu, jus seledri adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatur tingkat tekanan darah dan terbukti memiliki efek menenangkan pada seluruh tubuh. Berkat berbagai macam nutrisi yang dikandungnya, seledri dikaitkan dengan banyak manfaat. Ada banyak vitamin dan mineral penting dalam seledri yang bermanfaat sehat bagi tubuh kita.

Sebagai produk alami, seledri hampir tidak memiliki efek berbahaya dan dikonsumsi oleh ribuan orang di seluruh dunia.

1. Mengatasi peradangan

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangblog.bulletproof.com

Tidak banyak orang tahu bahwa peradangan berfungsi sebagai respons alami tubuh kita terhadap cedera atau infeksi untuk membunuh rangsangan berbahaya. Namun, ketika peradangan menjadi kronis, ia bertindak sebagai penyakit parah yang berjuang melawan pemulihan dan penyembuhan.

Kondisi kronis ini juga menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit autoimun, infeksi saluran pencernaan, dan kelainan pernapasan. Berkat banyak antioksidan yang hadir dalam seledri, ia memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa. Ini juga mengandung flavonoid dan polifenol yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi maupun menangkal peradangan untuk meringankan banyak penyakit seperti radang sendi.

Penelitian ilmiah telah mencatat bahwa ada lebih dari selusin jenis antioksidan yang hadir dalam seledri. Itu membuatnya menjadi obat alami yang bagus untuk menghilangkan penyakit hati, infeksi, dan gangguan kulit.

2. Mendukung pencernaan yang baik

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangfoodrevolution.org

Karunia alam ini juga mengandung polisakarida untuk mendukung fungsi pencernaan tubuh yang sehat. Polisakarida adalah antioksidan berbasis pektin yang menawarkan banyak manfaat anti-inflamasi. Ada banyak temuan untuk mendukung klaim bahwa ekstrak seledri bermanfaat dalam mencegah tukak lambung.

3. Membersihkan racun dalam tubuh

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangindia.com

Karena seledri mengandung antioksidan yang melimpah, tidak mengherankan untuk mengetahui bahwa seledri mampu mengeluarkan racun berbahaya keluar dari tubuh. Mengkonsumsi sayuran ini membantu kita menghindari banyak penyakit potensial dan infeksi pada kantong empedu, pankreas, dan ginjal yang dipicu oleh racun.

4. Mempercepat penurunan berat badan

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangtimesnownews.com

Karena rendah kalori, orang yang melakukan diet suka mengonsumsi seledri di dalam salad. Ini juga merupakan komponen lezat dari banyak sup, kaldu, dan semur. Ini adalah camilan yang enak untuk dimakan setiap kali kita merasa lapar.

Seledri mengandung vitamin dan mineral penting. Oleh karena itu, ia bertindak sebagai bagian berharga dari diet bergizi, terutama ketika kita sedang diet penurunan berat badan. Sayuran ini juga populer digunakan dalam salad untuk memakannya bersama dengan sayuran renyah lainnya seperti wortel. Kita juga bisa memotongnya menjadi beberapa bagian kecil dan memakannya sebagai camilan yang sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Seledri untuk Rambut Lebih Berkilau!

5. Mengurangi kolesterol

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Oranghealth.harvard.edu

Salah satu hal terbaik tentang seledri adalah ia memiliki kemampuan alami untuk mengurangi kolesterol. Sayuran ini mengandung senyawa unik, 3-n-butylphthalide, untuk memiliki aksi pereduksi lipid. Itulah sebabnya para ahli makanan sangat merekomendasikan mengonsumsi seledri jika kita memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi.

6. Menjaga hati

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangrd.com

Manfaat lain yang luar biasa dari seledri adalah membantu mengurangi penumpukan lemak di dalam hati. Seledri baik untuk dikonsumsi jika kita menderita penyakit hati berlemak. Makanlah mentah-mentah atau campur dalam salad atau makanan kita untuk menjamin konsumsi seledri secara teratur.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Oranginlifehealthcare.com

Karena kaya akan banyak vitamin bermanfaat termasuk Vitamin C, seledri bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Ini mendukung pengembangan sistem kekebalan tubuh yang efisien dan kuat sehingga kita kurang rentan terhadap infeksi dan virus. Jika menderita flu biasa, konsumsi seledri secara teratur akan melindungi kita dari serangan penyakit itu secara berulang.

8. Mengatur tingkat tekanan darah

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangaplaceformom.com

Ini adalah fakta yang sedikit diketahui bahwa ekstrak biji seledri memiliki sifat anti-hipertensi untuk mengatur tingkat tekanan darah yang baik. Ketika berhasil mempertahankan tingkat tekanan darah yang baik, kita dapat mencegah timbulnya banyak penyakit rumit yang dipicu oleh sirkulasi darah yang buruk. Biji seledri sangat membantu dalam mengurangi peradangan, dan sebagai sayuran bertindak sebagai pelemas otot untuk meringankan seluruh tubuh.

9. Menyembuhkan insomnia

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangkadin-cinsellik.blogspot.com

Jika kita kesulitan tidur atau menderita kelainan tidur seperti insomnia, kita pasti akan mendapat manfaat dari jus seledri. Berkat kandungan magnesium dalam seledri, ia memicu efek menenangkan saraf untuk meningkatkan pola tidur yang baik.

10. Melawan kanker

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangwindpowerengineering.com

Seledri mengandung polyacetylenes. Ini adalah senyawa pelindung-kemo untuk mencegah timbulnya kanker. Ini juga berarti bahwa seledri memiliki manfaat besar pada tingkat sel. Sayuran ini mendukung kekebalan dan mencegah penyakit dengan mengeluarkan racun dari tubuh. Karena memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-karsinogenik, seledri terbukti dapat mencegah berbagai bentuk kanker, terutama kanker payudara.

11. Meningkatkan kualitas kulit

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangwildaboutbeauty.com

Jus seledri banyak digunakan untuk menjaga kulit tampak lebih muda. Karena tanaman ini memiliki tingkat air yang tinggi, itu adalah bagian penting dari diet nutrisi untuk melembabkan tubuh kita. Selain itu, mengkonsumsi jus seledri juga memiliki efek penting pada kulit untuk membuatnya lembut dan kenyal.

12. Mengurangi nyeri sendi

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangcurves.com

Berkat senyawa anti-inflamasinya, seledri adalah cara yang bagus untuk mengurangi rasa sakit dan gejala penyakit seperti asam urat, radang sendi, dan rematik. Jika menderita pembengkakan yang menyakitkan dan ketidaknyamanan sendi, mengonsumsi seledri secara teratur akan mengurangi rasa sakit kita.

Seledri juga berfungsi sebagai diuretik. Ini berarti sangat membantu dalam menghilangkan rasa sakit terkait dengan pembentukan kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi untuk menyebabkan rasa sakit yang parah.

13. Mendukung kesehatan jantung

13 Manfaat Mengonsumsi Seledri yang Jarang Diketahui Orangmodernasian.com.au

Karena diketahui meningkatkan sirkulasi darah yang baik, ada baiknya menjaga kesehatan jantung yang baik dan mencegah dari banyak komplikasi yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Seledri meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan dan menjamin kekebalan yang lebih kuat, karena kandungan nutrisi yang kaya dan antioksidan melimpah. Mengkonsumsi sayuran ini setiap hari pasti akan membuat kita kurang rentan terhadap komplikasi jantung di tahun-tahun terakhir kehidupan.

Terkenal karena nilai gizinya, seledri juga dianggap sebagai salah satu bahan paling enak dari banyak sup dan salad terkenal. Sayuran ini menawarkan manfaat luar biasa untuk mengatur metabolisme dan mendukung pencernaan yang baik. Oleh karena itu, kita juga dapat mengkonsumsinya dalam bentuk mentah atau meminum jusnya untuk mendapatkan manfaat dari bahan alami ini.

Ketika kita menjadikan seledri sebagai komponen yang sering dalam diet, kita akan mulai menuai manfaatnya dengan mencegah infeksi dan memiliki kekebalan yang lebih kuat.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jus Seledri Makin Populer, Termasuk di Indonesia

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya