8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besi

Segera penuhi kebutuhan zat seng pada tubuhmu

Zat seng adalah mineral paling penting yang membantu dalam memproses karbohidrat, lemak, dan nutrisi lain dalam tubuh kita. Seseorang harus memiliki jumlah zat seng yang tepat untuk membuat mereka cepat sembuh. Zat seng juga memiliki fungsi utama dalam pembelahan sel dan pertumbuhan keseluruhan tubuh manusia. Ini akan membuat indra perasa dan penciuman kita bekerja dengan baik.

Kekurangan zat seng dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, penyakit ginjal dan hati, konsumsi alkohol maupun zat besi yang tinggi. Sumber utama zat seng berasal dari makanan hewani seperti daging dan ikan. Berikut adalah beberapa tanda bahwa tubuh kekurangan zat seng sehingga perlu kamu waspadai.

1. Penyembuhan luka menjadi lambat

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besiblog.rockwellnutrition.com

Zat seng adalah elemen luar biasa yang dapat membantu menyembuhkan luka dan juga memperbaiki berbagai sel. Orang yang menderita kekurangan zat seng, pemulihan lukanya cenderung lambat. Zat seng adalah mineral penting yang memperbaiki sel, membantu pembelahan sel dan juga menggumpalkan darah. Jika menderita kekurangan zat seng, kemampuan tubuh kita akan penyembuhan akan berkurang secara signifikan.

2. Mengalami masalah diare

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besicarolinadigestive.com

Seseorang yang kekurangan zat seng, akan menderita diare atau masalah perut lainnya. Ini juga dapat disebabkan oleh kekebalan yang rendah sehingga dapat menyebabkan diare. Masalah-masalah seperti kurang nafsu makan dan masalah perut mungkin juga terjadi pada saat kita kekurangan zat seng.

3. Mengalami masalah kulit

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besibaomoi.com

Kulit adalah bagian tubuh di mana kita mendapatkan nutrisi ketika mengkonsumsi banyak mineral. Kulit membutuhkan semua mineral dalam jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kulit adalah organ pertama yang akan menunjukkan masalah. Warna kulit yang tidak merata, pigmentasi, kusam dan lain-lain adalah beberapa tanda yang dapat kita identifikasi pada kulit. Orang-orang menderita ruam, jerawat, dan masalah kulit seperti itu karena kekurangan zat seng.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Ini Bikin Mood Kamu Lebih Baik, Wajib Coba Nih!

4. Stres dan depresi

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besimosmedportal.ru

Zat seng juga membantu fungsi otak dan membuatnya tetap sehat. Jika menderita kekurangan zat seng, otak kita akan menyebabkan masalah seperti stres, depresi, perubahan suasana hati, kepercayaan diri rendah, tekanan darah rendah, dan lain-lain. Jadi, jika menderita kekurangan zat seng, kita berisiko mengalami gangguan mental dan masalah emosional seperti itu.

5. Rambut menjadi rontok

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besimyweekly.co.uk

Rambut rontok adalah masalah orang yang menderita kekurangan zat seng. Kerontokan rambut biasanya disebabkan karena kerusakan ekstrem. Zat seng dapat meningkatkan pertumbuhan sel. Dengan demikian, jika kita menderita kekurangan zat seng, sel-sel di kulit kepala juga tidak akan tumbuh.

Kurangnya sel yang tepat akan menyebabkan rambut rontok serta menipisnya rambut karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan demikian, pertumbuhan rambut yang rendah, penipisan rambut dan rambut rontok dapat terjadi karena kekurangan zat seng sehingga perlu kita pertimbangkan.

6. Sistem kekebalan tubuh menjadi rendah

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besileggo.it

Semua mineral dalam tubuh kita membantu membuat kekebalan kita kuat dan jika menderita kekurangan zat seng, sistem kekebalan tubuh tidak akan berfungsi seperti yang diinginkan. Kita semua tahu bahwa sistem kekebalan tubuh akan terdongkrak dari pertumbuhan dan perkembangan sel yang ditingkatkan oleh zat seng.

7. Mengalami nyeri sendi

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besialchemlife.com

Orang yang menderita kekurangan zat seng biasanya mengeluh tentang banyaknya rasa sakit dan sesak pada sendi maupun lutut. Tulang terdiri dari kandungan zat seng yang sangat besar dan dengan demikian, kekurangan zat tersebut akan menyebabkan rasa sakit maupun peradangan pada sendi. Jadi, jika kita menderita kekurangan pasokan zat seng, tulang akan mengalami nyeri sendi dan peradangan ekstrem.

8. Perubahan suasana hati

8 Tanda yang Muncul Jika Tubuhmu Kekurangan Zat Besivk.com

Perubahan suasana hati adalah efek umum dari suplai zat seng yang rendah dalam tubuh. Otak juga membutuhkan zat seng untuk meningkatkan kinerjanya dan berfungsi dengan baik. Karena kekurangan zat seng, otak dan beberapa fungsi neurologis tidak akan berfungsi dengan baik sehingga dapat menyebabkan perubahan suasana hati maupun ketidaksukaan terhadap setiap situasi.

Jangan biarkan tubuhmu kekurangan zat seng karena efeknya sungguh merugikan.

Baca Juga: 5 Fungsi Zat Besi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Kekurangan!

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You