Comscore Tracker

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasan

Bernapas pun jadi lebih lancar.

Masalah pernapasan sangat umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak, meskipun itu tidak mewakili satu penyakit tunggal, melainkan sekelompok gangguan terkait yang semuanya mempengaruhi kemudahan bernapas kita sampai batas tertentu.

Jika tidak diawasi, masalah pernapasan dapat berakibat fatal. Tetapi sebelum itu terjadi, ada solusi efektif yang dapat kita manfaatkan, semuanya ditemukan dalam berbagai bahan alami berikut ini.

1. Jahe

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasansnaped.fns.usda.gov

Suka atau tidak, jahe adalah salah satu solusi alami terbaik sepanjang masa, yang digunakan untuk membantu mengelola kondisi beragam seperti radang sendi, hingga demam dan kesulitan bernapas yang umum.

Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang membantu membersihkan lendir dari paru-paru dengan proses batuk. Namun, jahe juga dapat mengurangi jumlah lendir yang diproduksi oleh paru-paru, membantu kita bernafas lebih mudah. Selain itu, jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.

2. Bawang putih

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanparenting.firstcry.com

Bawang putih adalah ramuan umum lainnya yang dapat digunakan secara efektif untuk membantu mengobati gejala bronkitis dan bahkan asma. Minyak atsiri yang ditemukan dalam bawang putih yang dikenal sebagai Allicin memiliki kualitas ekspektoran untuk membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru dalam proses tersebut.

Ia juga memiliki sifat dekongestan ringan yang membuatnya cocok untuk digunakan jika kita memiliki hidung tersumbat. Untuk memulainya, kita dapat mencoba memasukkan bawang putih ke dalam lebih banyak makanan, atau jika kita tidak suka rasanya, pilihlah bentuk suplemen bebas bau yang mengandung setidaknya 1000 mg ekstrak standar.

Baca Juga: 8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyak

3. Jeruk

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanthealternativedaily.com

Buah jeruk, tampaknya memiliki potensi besar dalam pengelolaan berbagai penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis. Potensinya tampaknya disebabkan oleh kehadiran bioflavonoid jeruk, yang mengurangi sensitivitas sistem kekebalan terhadap alergen yang memicu respons pernapasan.

Seseorang yang jarang mengonsumsi jeruk nampaknya cenderung mengalami gangguan pernapasan pada masa kanak-kanak seperti asma. Pastikan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin buah jeruk yang kita suka, karena kelebihan vitamin C tidak membahayakan tubuh.

4. Madu

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanwomenshealthmag.com

Madu adalah penekan dan ekspektoran batuk terkenal, termasuk dalam bahan alami tanpa resep yang membantu meringankan gejala masalah pernapasan.

Madu juga memiliki aksi antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi alami yang dapat meredakan gejala bronkitis, infeksi saluran pernapasan, dan asma. Jika kita mengalami kesulitan bernapas setiap malam sebelum tidur, sedikit madu dapat membantu kita lebih mudah beristirahat.

5. Peppermint

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanbiome.com.au

Daun peppermint dan minyaknya telah digunakan selama bertahun-tahun karena kemampuannya membantu membersihkan saluran hidung dan membuat kita lebih mudah bernapas.

Sifat-sifat yang meningkatkan pernapasan dapat dikaitkan dengan keberadaan mentol, yang merupakan agen anti-inflamasi yang berguna, membantu menghilangkan produksi radikal bebas dan bertindak sebagai antihistamin alami untuk menekan serangan asma. Kegunaannya yang fleksibel dan beragam membuatnya sempurna untuk penggunaan inhalasi.

6. Thyme

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanmedicalnewstoday.com

Thyme adalah bahan makanan yang populer, karena mampu menghadirkan rasa unik untuk makanan kita. Namun, ia juga memiliki sifat obat yang dapat membantu pemulihan dari penyakit pernapasan atau membantu mencegahnya sama sekali.

Diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat replikasi jenis-jenis mikroba yang paling umum termasuk bakteri, virus dan jamur. Ini berarti bahwa karena masalah pernapasan kita disebabkan oleh salah satu dari itu, thyme cenderung memberikan sejumlah bantuan. Kita dapat mencoba menambahkan ramuan ini ke lebih banyak makanan, atau jika lebih suka pendekatan yang lebih langsung, kita dapat memilih minyak esensial.

7. Kopi

7 Bahan Alami yang Ampuh untuk Atasi Gangguan Pernapasanbbcgoodfood.com

Kopi adalah sesuatu tak terduga yang mungkin dipikirkan banyak orang, tetapi 100 tahun yang lalu kopi sebenarnya merupakan salah satu obat asma alami. Tetapi bagaimana kopi bekerja untuk membantu mengobati masalah pernapasan? Kita dapat berterima kasih kepada kafeinnya, yang secara struktural terkait dengan senyawa lain digunakan untuk mengobati asma yang dikenal sebagai methlyxanthines.

Kafein dan senyawa-senyawa lain ini dikenal sebagai bronkodilator, karena mereka membantu memperluas saluran udara dan memungkinkan peningkatan fungsi paru-paru. Penting untuk dicatat bahwa kopi tidak boleh dianggap sebagai obat penyembuhan yang cepat saat mengalami serangan asma, tetapi dapat digunakan setiap hari sebagai semacam pemeliharaan preventif.

Jika kita menderita asma ringan hingga sedang, alergi musiman, atau hidung tersumbat, ada banyak sekali solusi alami yang dapat kita temukan dan sangat efektif. Namun, kita juga tidak boleh melupakan perawatan medis jika melihat gejalanya parah atau obat alami tidak bekerja untuk kita.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Bagus Untuk Membersihkan Paru-paru Para Perokok

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You