Comscore Tracker

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksim

Jangan biarkan bekas luka terus mengganggumu

Eksim tidak lain adalah kondisi kronis di mana kulit menghadapi peradangan dan meninggalkan beberapa bekas luka yang mengerikan. Kondisi ini juga dikenal sebagai dermatitis atopik.

Hal ini juga menyebabkan gatal parah pada kulit. Ada sekitar 8 jenis eksim dan semuanya menyebabkan gatal maupun kemerahan. Dengan obat-obatan yang tepat, kita pasti bisa mengendalikan rasa gatal dan iritasi kulit tetapi bekas luka ini membutuhkan waktu untuk memudar.

Selain obat-obatan, kita juga dapat mencoba beberapa bahan alami yang akan membantu membersihkan bekas-bekas luka buruk itu tanpa efek samping. Berikut adalah beberapa bahan alami efektif yang dapat dicoba untuk menghilangkan bekas luka eksim dengan mudah.

1. Madu

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimbcbstwelltuned.com

Madu dikenal sebagai salah satu bahan paling efektif dan lembut untuk menghilangkan bekas luka eksim. Kita dapat menyiapkan pasta sederhana menggunakan satu sendok teh madu dan gula halus.

Campur dengan baik untuk mendapatkan konsistensi seperti pasta tebal. Sekarang gosok dengan lembut di daerah yang terkena bekas luka eksim selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Khasiat anti septik madu akan membantu menghilangkan bekas luka eksim secara bertahap dengan penggunaan rutin.

2. Lidah buaya

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimmarkettrendsnews.com

Tanaman ajaib ini bermanfaat untuk bekas luka eksim. Lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang membantu memudarkan bekas luka eksim dari waktu ke waktu tanpa efek samping. Kita hanya perlu mengekstrak gel lidah buaya segar dan memijatnya di area yang terkena bekas luka eksim selama beberapa menit.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Terbaik untuk Atasi Kemerahan pada Kulit

3. Lemon

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimsteptohealth.com

Kita semua sadar bahwa lemon mengandung sifat pemutihan kulit alami yang membantu meringankan semua jenis bekas luka termasuk eksim. Kita cukup menggunakan jus lemon segar di daerah yang terkena bekas luka eksim dua kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

Kita juga bisa menyiapkan pasta dengan satu sendok teh gula halus dan tiga sendok teh jus lemon. Gosok bagian yang sakit selama beberapa menit selama dua kali seminggu untuk menghilangkan bekas luka eksim.

4. Soda kue

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimfemina.hu

Soda kue dikenal dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati tanpa mengiritasi kulit. Kita dapat menyiapkan pasta yang mudah dan sederhana menggunakan satu sendok teh air dan satu sendok teh soda kue.

Campur dengan baik dan gosok daerah yang terkena bekas luka eksim selama beberapa menit. Setelah itu cuci bersih dengan air dingin. Ikuti pengobatan ini selama dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

5. Cuka sari apel

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimqueminhngaymoi.vn

Kita semua dapat menggunakan cuka sari apel untuk mengendalikan sekresi minyak berlebih dan mengurangi jerawat. Tapi kita juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan bekas luka eksim.

Kita bisa mengencerkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu sendok teh air. Oleskan campuran ini pada area yang sakit dengan bantuan bola kapas setiap hari untuk meringankan bekas luka eksim secara alami.

6. Oatmeal

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimhealthline.com

Oatmeal juga dikenal sebagai bahan alami yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meningkatkan sel-sel kulit segar. Bahan ini sangat sederhana. Kita bisa menambahkan secangkir oatmeal ke dalam bak mandi dan berendamlah setidaknya selama 30 menit.

Gunakan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Oatmeal juga akan membantu mengatasi kulit yang teriritasi dan mengurangi kemerahan.

7. Minyak zaitun

7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksimhealthline.com

Minyak zaitun adalah sumber yang kaya akan asam lemak dan anti oksidan yang membantu memperbaiki sel-sel kulit rusak dan menyehatkannya secara efektif. Oleh karena itu sangat bermanfaat untuk mengurangi bekas luka eksim juga.

Kita dapat memijat daerah yang terkena bekas luka eksim dengan minyak zaitun extra virgin setiap hari selama beberapa menit. Kemudian cuci bersih dengan air hangat. Penggunaan minyak zaitun secara teratur akan membantu menghilangkan bekas luka eksim lebih cepat.

Yuk, manfaatkan berbagai bahan alami tadi untuk mengatasi bekas luka eksim yang mengganggu.

Baca Juga: 5 Cara Memulihkan Luka Bekas Operasi Caesar dengan Cepat

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You