Comscore Tracker

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisi

Jangan ragu mengonsumsi lobak hitam

Lobak hitam juga dikenal sebagai lobak Spanyol di sebagian besar dunia. Sayuran ini banyak dibudidayakan di Eropa dan Asia. Daerah lain sudah mulai menanam lobak hitam setelah mempelajari manfaat kesehatan fantastis yang terkait dengannya.

Selain itu, disebut lobak hitam karena bagian luarnya hitam atau terkadang ungu tua, dan bagian dalamnya putih pucat. Jenis lobak ini kuat dalam rasa saat dikonsumsi dengan sayuran lain.

Lobak hitam bisa menjadi sumber yang aman untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Sayuran ini memiliki banyak serat makanan dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan pencernaan. Ahli gizi merekomendasikan bahwa memasukkan lobak hitam organik ke dalam mangkuk salad dapat menjauhkan kita dari berbagai penyakit kesehatan juga.

1. Mendukung kesehatan hati

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisimedicalnewstoday.com

Kesehatan hati kita didasarkan pada antioksidan yang disebut glutathione. Zat ini meningkatkan aktivitas enzimatik di hati kita unuk mencegah racun. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk menyeimbangkan kadar glutathione.

Jika kadar antioksidan tertentu ini tidak mencukupi, kita harus mengonsumsi lobak hitam setiap hari untuk kembali ke jalurnya. Selain itu, mineral yang ditemukan dalam sayuran inijuga diperlukan untuk menjaga kesehatan hati.

2. Sumber vitamin C

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisispecialtyproduce.com

Memasukkan makanan yang diperkaya dengan vitamin C sangat dianjurkan untuk menangkal timbulnya penyakit kronis. Ada berbagai faktor seperti stres oksidatif yang berkontribusi terhadap kanker, Alzheimer, atau penyakit Parkinson.

Kita perlu menambah makanan kaya vitamin C untuk menetralisir efek stres oksidatif. Di situlah lobak hitam ikut berperan. Kita dapat memperoleh banyak vitamin C dari sayuran ini tanpa merusak kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Mengonsumsi Granola, Camilan Sehat Nan Bergizi

3. Mempertahankan tingkat kolesterol

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisifreepik/sewcream

Lobak hitam mengandung serat makanan. Nutrisi diperlukan untuk menjaga kadar kolesterol kita dalam kisaran yang diperlukan. Selain itu, sayuran ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Serat makanan yang ditemukan dalam lobak hitam menyerap kelebihan kolesterol dari pembuluh darah kita sehingga memungkinkan aliran darah yang tepat. Fungsi ini mengurangi risiko yang terkait dengan stroke, gagal jantung, dan aterosklerosis.

4. Membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisiunsplash.com/@henriquefelix

Serat makanan adalah nutrisi penting dalam hal menurunkan berat badan. Kita perlu mengonsumsi serat makanan, vitamin, mineral, dan lain-lain untuk memudahkan proses penurunan berat badan. Lobak hitam bisa menjadi pilihan makanan ideal dalam konteks ini.

Sayuran berwarna gelap ini tidak hanya dikemas dengan serat makanan tetapi menyediakan berbagai vitamin A, C, E bersama dengan mineral seperti selenium dan magnesium. Ini dapat menjaga tingkat energi kita tetap tinggi. Serat akan mengekang nafsu makan dan mencegah kita makan berlebihan pada saat yang sama.

Kita akan terkejut mengetahui bahwa lobak hitam tidak mengandung kalori dan lemak. Karena itu, kita dapat mengonsumsi sayuran ini dalam porsi besar tanpa berpikir panjang.

5. Meningkatkan pencernaan

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisipixabay.com/freephotos

Gangguan pencernaan membawa ketidaknyamanan. Mungkin ada berbagai faktor internal atau eksternal yang berkontribusi terhadap diare, sembelit, mual, dan lain-lain. Kita dapat memfasilitasi pencernaan dengan memasukkan satu porsi lobak hitam ke dalam makanan. Kita dapat menambahkannya ke beberapa resep salad, sup atau hanya menumis sebagian kecil dengan steak.

Lobak hitam mendukung sistem pencernaan kita. Serat makanan yang ditemukan dalam sayuran ini akan membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan sembelit. Ahli gizi mengatakan bahwa hal itu bahkan dapat meminimalkan intensitas kram perut juga.

6. Mengobati hipotiroidisme

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisiendocrinecares.com

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid kita berhenti mengeluarkan hormon tiroid. Kita perlu mengobati penyakit ini segera karena hipotiroidisme dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya termasuk gangguan metabolisme.

Ahli gizi menyatakan bahwa mengonsumsi lobak hitam setiap hari dapat menjauhkan kita dari hipotiroidisme karena adanya kalium dan selenium.

7. Mengobati batuk

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisiuralstk.ru

Ahli gizi mengatakan bahwa lobak hitam dapat membantu membersihkan lendir secara efektif. Sayuran ini bahkan dapat mengobati infeksi pada sistem pernapasan tanpa memengaruhi kesehatan kita.

Para ahli kesehatan lebih lanjut merekomendasikan untuk mengkonsumsi lobak hitam dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mencegah berbagai masalah pernapasan termasuk pilek dan bronkitis.

Tidak diragukan lagi bahwa lobak hitam dikemas dengan berbagai khasiat bergizi dan dapat bermanfaat bagi kita dalam jangka panjang jika menjadikannya bagian dari makanan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir, Bisa Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You