Comscore Tracker

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Gizi

Rasa pedasnya sungguh penuh manfaat

Sama seperti wasabi, lobak pedas adalah anggota keluarga Brassicaceae dan rasanya yang kuat hanyalah sebagian dari karakteristiknya karena ia memiliki manfaat yang sangat besar.

Makanan ini memiliki nilai gizi mengesankan yang mencakup berbagai vitamin dan mineral sebagai bukti manfaat yang diberikannya. Berikut adalah berbagai manfaatnya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Gizihealthylifeinsider.com

Lobak pedas mengandung zat yang dikenal sebagai fitokimia yang memberikan aroma kuat yang terkenal. Zat-zat ini adalah bentuk bahan kimia seperti isothiocyanate, sinigrin, dan lainnya. Ditemukan bahwa bahan kimia ini memiliki sifat meniru kemampuan antioksidan yang memberikan dorongan bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Sel darah putih melindungi tubuh kita ketika menghadapi ancaman infeksi dari zat asing dan keberadaan fitokimia dalam lobak pedas merangsang produksi sel darah putih. Lobak pedas juga menawarkan kandungan vitamin C mengesankan yang memungkinkannya menetralisir efek berbahaya dari radikal.

2. Mencegah kanker

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh GiziUnsplash.com /Ken Treloar

Ini mungkin terdengar mengejutkan, tetapi sinigrin dalam lobak pedas bermanfaat dalam mempertahankan tubuh terhadap pertumbuhan kanker. Ini karena sinigrin adalah glukosinolat yang berfungsi sebagai jenis antioksidan spesifik yang memiliki sifat yang memungkinkannya menghambat pertumbuhan kanker.

Ini menghentikan sel-sel sehat tubuh kita dari menjadi bagian dari pertumbuhan kanker karena radikal bebas yang dihasilkan selama proses metabolisme. Kita dapat melakukan kebaikan pada tubuh dengan mencegah risiko terkena kanker setiap kali menambahkan lobak pedas ke dalam makanan.

Baca Juga: Kenalan Yuk dengan 5 Hidangan Lezat Berbahan Dasar Lobak Ini

3. Membantu dalam menurunkan berat badan

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Gizidailystar.co.uk

Satu porsi akar ini hanya mengandung 6 kalori dan tidak mengandung lemak. Menjadi sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak menjadikan lobak pedas sebagai makanan terbaik untuk dimasukkan dalam rencana makan kita jika ingin menurunkan berat badan.

Kita dapat menambahkan lebih banyak lobak pedas tanpa khawatir tentang kalorinya. Ini juga mengandung kolesterol sehat yang hadir dalam asam lemak omega-3 dan omega-6 yang penting untuk proses metabolisme.

Kandungan serat tinggi dapat membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama setelah makan dan dapat mengekang rasa lapar untuk makan berikutnya. Ini juga mengandung protein yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat.

Serat ini juga menjaga rasa lapar, sehingga kita tetap pada porsi yang lebih kecil, menghindari makan terlalu banyak dan ngemil yang tidak perlu serta menjaga upaya rutin penurunan berat badan kita.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Gizisciencenordic.com

Kalium dalam lobak sangat penting bagi tubuh karena mengatur detak jantung dan aliran darah melalui pembuluh. Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang dapat memperburuk risiko penyakit jantung yang sudah ada. Kondisi fatal ini termasuk aterosklerosis, stroke, dan serangan jantung.

Alasan inilah mengapa penambahan lobak pedas ke dalam makanan kita dapat bermanfaat dalam membuat jantung lebih sehat dengan menurunkan tekanan darah yang lebih tinggi dan mempertahankan aliran darah maupun nutrisi melalui membran.

5. Mendukung pencernaan yang lebih sehat

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Gizijurnalkeluarga.com

Unsur lobak pedas termasuk beberapa yang merangsang proses lambung sedangkan tanaman ini diketahui memiliki dampak besar pada proses pencernaan secara keseluruhan termasuk penyerapan. Fitokimia yang ada di akar dapat merangsang kelenjar dalam membantu proses pencernaan seperti air liur dan sari makanan di usus maupun lambung.

Kandungan serat membantu dalam membuat sebagian besar produk limbah dalam tubuh dan merangsang buang air besar seperti yang ada di usus. Ini berkontribusi pada pencegahan kondisi menyakitkan seperti sembelit.

6. Meningkatkan kinerja tubuh

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh GiziUnsplash.com/Andrew Tanglao

Meskipun dikemas dengan nutrisi seperti protein dan vitamin, lobak pedas tidak mengandung lemak atau kalori berbahaya. Ini memungkinkan protein untuk diubah menjadi energi secara langsung tanpa harus disimpan yang memiliki efek luar biasa pada kinerja fisik.

Selain itu, energi yang berasal dari protein menghasilkan jaringan dan sel baru yang digunakan dalam perbaikan organ yang aus dan meningkatkan kekuatan mereka untuk melawan racun. Ada bukti bahwa sinigrin hadir dalam lobak pedas tidak hanya meningkatkan energi tetapi juga konsentrasi untuk membantu kita tetap fokus pada berbagai tugas mental.

7. Melawan bakteri

7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Pedas, Sajian Beraroma Kuat Penuh Giziazonano.com

 

Zat dan bahan kimia alami yang ada dalam lobak pedas dapat melawan serangan dari bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi. Ini meningkatkan pertahanan tubuh terhadap serangan dari bakteri seperti E. coli dan Staphylococcus. Karena bakteri ini dapat tumbuh di mana saja, menggunakan lobak pedas dalam makanan kita dapat membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

Cukup masukkan sedikit lobak pedas ke dalam sandwich atau tambahkan ke sisi dengan steak untuk tidak hanya menambahkan ledakan rasa tetapi menyingkirkan bakteri jahat yang mungkin menggunakan makanan kita sebagai tempatnya.

Manfaat lobak pedas yang mengesankan ini pasti akan membuat kita untuk memasukkannya ke dalam diet dan rencana makan. Jika tidak bisa menangani aroma atau rasanya, kamu bisa menambahkannya dalam resep atau memasaknya sendiri dan menggunakan hiasan maupun bumbu lain untuk merasakannya. Kamu tidak akan menyesalinya, dan lihat saja perbedaannya.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisi

Rangga Dio Hayyunuski Photo Community Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You