Comscore Tracker

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkan

Bisa meningkatkan mood seharian!

Minum kopi sebagai teman sarapan di pagi hari sebenarnya merupakan kebiasaan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, karena ternyata terdapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran ketika kita mengawali hari dengan meminum secangkir kopi.

Apa saja manfaat minum kopi di pagi hari yang baik untuk kesehatan tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Menambah energi dan meningkatkan fokus

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkanpexels/Tirachard Kumtanom

Manfaat pertama dari minum secangkir kopi di pagi hari adalah bisa menambah energi dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan adrenalin sehingga tubuh menjadi lebih berenergi, selain itu kafein juga bisa membangunkan sel-sel dalam otak agar lebih fokus.

Kafein juga bisa meredakan rasa pusing yang mungkin ada setelah tidur semalaman, sehingga bisa memberikan relaksasi dan meningkatkan mood yang berguna agar aktivitas sepanjang hari bisa lebih menyenangkan.

2. Mencukupi kebutuhan antioksidan harian

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkanpexels/Pixabay

Kopi kaya akan kandungan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri diketahui merupakan penyebab berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi dan kanker.

Dengan meminum secangkir kopi di pagi hari, tubuh akan mendapatkan asupan antioksidan yang cukup untuk mengatasi radikal bebas yang mungkin berasal dari luar tubuh seperti dari makanan, udara atau dari reaksi tubuh terhadap sinar matahari saat beraktivitas harian.

3. Melancarkan pencernaan

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkanhellosehat.com

Menurut penelitian minum kopi bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut serta menjaga sistem pencernaan, itu dikarenakan kopi menstimulasi cairan di dalam lambung sehingga mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan, bisa mulai minum kopi untuk mengatasinya. Namun harus dengan takaran yang tepat jangan berlebihan, maksimal dua cangkir sehari, dan pagi hari merupakan waktu yang baik untuk memulainya.

Baca Juga: 5 Coffee Shop Kece di Kediri buat yang Suka Kopi & Nongkrong Santai

4. Baik untuk metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkanindianlifestylez.com

Minum kopi di pagi hari ternyata baik juga untuk metabolisme tubuh, kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan metabolisme tubuh karena menghasilkan energi dan sedikit panas yang akan membuat proses pencernaan makanan dan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat dari biasanya.

"Secangkir kopi harian dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme, dengan merangsang thermogenesis, sehingga membantu membakar lebih banyak lemak,” ungkap ahli nutrisi Sarah Flower seperti dilansir dari The Express.

Selain itu, minum kopi di pagi hari juga bisa membantu menurunkan berat badan, kandungan asam klorogenik dalam kopi diketahui bermanfaat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak yang akan membuat nafsu makan menjadi berkurang.

5. Baik untuk kesehatan jantung

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Ternyata Menyehatkanunsplash/Charles 'Duck' Unitas

Menurut penelitian yang dilakukan John Hopkins University, mengonsumsi kopi ternyata dapat menurunkan risiko penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Hal tersebut disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi bermanfaat untuk menurunkan pengendapan kalsium di arteri koroner jantung.

Selain itu kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa membantu protein p27 untuk mengatur sel-sel bermana mitokondria yang merupakan dapur energi dari sel-sel di jantung, reaksi ini dapat mendorong sel-sel jantung bekerja lebih efisien.

Itulah beberapa manfaat minum kopi di pagi hari yang baik untuk kesehatan. Namun yang harus diingat, sebaiknya konsumsi kopi hitam murni tanpa pemanis buatan atau krim berlebih dan harus dalam takaran yang pas, maksimal dua atau tiga cangkir sehari.

Baca Juga: 5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Keju

Angga Photo Verified Writer Angga

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya