Comscore Tracker

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakit

Sudah masukkan buah ini ke dalam menu harian?

Ada beragam jenis buah yang bisa kita temukan di dunia. Tidak hanya enak karena memiliki rasa manis alami, buah-buahan tersebut juga menyimpan berbagai manfaat yang penting untuk menjaga kesehatan.

Di antara banyaknya manfaat buah, ada satu manfaat penting yaitu sebagai antiinflamasi atau peradangan. Dilansir Harvard Medical School, buah-buahan yang mengandung senyawa antiinflamasi berperan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, diabetes, gangguan usus, dan kanker.

Penasaran buah apa saja yang punya efek tersebut? Yuk, baca penjelasan di bawah ini!

1. Apel

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi buah apel (pexels.com/Anna Nekrashevich)

"An apple a day keeps the doctor away" ternyata bisa diartikan secara harfiah. Apel memang memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh. Dilansir Harvard Medical School, mengonsumi apel secara rutin dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Apel mengandung vitamin C, serat, polifenol, dan pectin yang memiliki efek antiinflamasi dan meningkatkan mikroba baik dalam usus. Mulai sekarang, rutin konsumsi apel agar jadi lebih sehat, ya!

2. Delima

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi buah delima (unsplash.com/Priyanka Singh)

Pomegranate atau delima adalah buah yang kaya manfaat. Harvard Medical School melansir, delima mengandung serat, vitamin C, vitamin K, kalium, dan fitokimia seperti anthocyanin dan resveratrol.

Mengonsumsi delima dapat memberikan manfaat bagi tubuh berupa gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tetap pada rentang yang normal. Kualitas kesehatan meningkat sehingga kamu bisa menjalani aktivitas dengan lebih menyenangkan.

Baca Juga: 6 Buah Populer Ini Ternyata Bukan Buah Asli, Kamu Tertipu?

3. Anggur

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi buah anggur (pexels.com/Polina Kovaleva)

Anggur dikenal sebagai sumber vitamin C, vitamin K, dan serat. Medical News Today melansir, anggur juga mengandung resveratrol, salah satu jenis polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Resveratrol diduga mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Tidak hanya itu, kandungan baik dalam anggur juga dapat melindungi tubuh dari masalah mata, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Oleh sebab itu, mulailah rutin mengonsumsi anggur untuk mendapatkan segudang manfaat bagi kesehatan.

4. Buah beri

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi buah blueberry (pexels.com/Irita Antonevica)

Buah beri seperti stroberi, blackberry, dan sejenisnya punya segudang manfaat untuk tubuh. Very Well Health melansir, buah beri mengandung polifenol dalam jumlah besar yang dapat memicu aktivitas antioksidan dan mencegah terjadinya penyakit jantung hingga kanker.

Selain itu, buah beri juga mengandung berbagai jenis fitokimia seperti anthocyanin, flavonoid, asam fenolat, dan tanin yang berperan penting untuk perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Sudah enak, kaya manfaat!

5. Citrus

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi beragam buah citrus (pexels.com/Tara Winstead)

Harvard Medical School melansir, buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk limau, dan grapefruit kaya akan vitamin C, vitamin B, kalium, kalsium, dan zat antiinflamasi seperti flavonoid dan karotenoid.

Berbagai kandungan tersebut berperan penting untuk melindungi kesehatan jantung. Sebab mereka bisa menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan fungsi pembuluh darah tetap normal.

6. Stone fruit

6 Jenis Buah dengan Efek Antiinflamasi, Cegah Beragam Penyakitilustrasi buah plum segar (unsplash.com/Markus Spiske)

Dilansir Harvard Medical School, stone fruit seperti buah persik, aprikot, ceri, dan plum mengandung vitamin C, serat, kalium, dan berbagai zat fitokimia yang dapat menurunkan kadar gula darah, menstabilkan kolesterol dan tekanan darah. Kandungan senyawa fenol di dalam stone fruits juga memiliki manfaat berupa antiinflamasi. Konsumsi buah-buahan tersebut akan membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

Mengonsumsi buah-buahan di atas secara rutin dapat membantu mencegah munculnya berbagai penyakit serius yang dapat membahayakan keselamatan. Ternyata untuk sehat tidak perlu mahal!

Baca Juga: Mengenal Orthorexia Nervosa, Terlalu Terobsesi dengan Makanan Sehat

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya