Comscore Tracker

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan Janin

Berlebihan memang tak akan memberikan manfaat

Buah ini berwarna cantik. Jika dimakan, di mulut akan memberikan sensasi berwarna merah seperti darah. Bit merupakan buah umbi yang kaya akan zat-zat bermanfaat, di antaranya vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Selain manfaatnya yang banyak, seperti bisa membersihkan racun yang hinggap dalam lever serta meningkatkan produksi hormon dalam darah, bit juga akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini kelima faktanya, simak ya!

1. Menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan JaninPixabay.com/Antinio_Corigliano

Dalam bit ternyata mengandung zat oksalat yang tinggi. Oksalat adalah pencetus asam urat dalam darah jika kamu mengonsumsi bit secara berlebihan. Wah, serem juga ya?

2. Menyebabkan ruam pada kulit

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan JaninPixabay.com/Kijerstin_Michaela

Makan yang berlebihan memang tidak memberikan manfaat. Jika makan bit berlebihan pun akan terjadi reaksi alergi yang berlebih pada kulit, seperti ruam, gatal, bahkan ada yang mengalami demam.

3. Gula darah akan melonjak naik

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan JaninPexels.com/Pixabay

Senang mengonsumsi jus bit sah-sah saja jika diminumnya tak berlebihan. Disinyalir dapat menimbulkan kadar gula darah yang tinggi jika banyak-banyak mengonsumsinya. Jadi, secukupnya saja ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir, Bisa Bikin Wajah Bersih dari Jerawat

4. Menyebabkan sakit batu ginjal

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan JaninPexesl.com/rawpixel.com

Selain itu, mengonsumsi bit secara berlebihan akan menyebabkan batu ginjal. Oksalat juga ternyata mencetuskan bahaya terjadinya batu ginjal. Berhati-hati ya memakannya dan jangan berlebihan.

5. Membahayakan janin saat kehamilan

5 Fakta Konsumsi Bit Berlebihan, Bisa Bahayakan JaninPixabay.com/Greyerbaby

Buah bit ternyata jika dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan tidak baik bagi pertumbuhan janin. Dalam buah bit ini mengandung zat nitrat yang akan membahayakan janin. Nitrat yang berlebih akan menjadi pemicu penyakit tumor atau kanker.

Demikianlah jika buah bit dikonsumsi secara berlebihan. Faktanya akan membahayakan kesehatan kamu. Mengonsumsi apapun secara berlebihan memang tak akan memberikan manfaat. Jadi, konsumsi secukupnya ya dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu.

Baca Juga: 5 Macam Buah yang Bisa Jadi Obat Pereda Batuk, Sudah Tahu?

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya