Comscore Tracker

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu Ketahui

Si cantik ini punya banyak manfaat sehat lho

Siapa yang menyangka bunga hiasan yang cantik ini ternyata mengandung manfaat untuk manusia?

Bunga marigold atau dikenal dengan bunga tahi ayam atau orang Bali menyebutnya dengan nama gemitir, adalah bunga yang berasal dari Amerika Tengah. Bunga ini berasal dari genus Tagetes dan yang paling terkenal jenisnya adalah Tagetes erecta dan Tegetes patula.

Bunga dengan kelopak bertumpuk ini mempunyai bau yang menyengat dan gampang sekali tumbuh di mana saja, bahkan di media tanah yang tandus sekalipun. Bunga ini juga tahan akan cuaca panas dan akan terus berbunga setiap saat.

Selain kecantikannya, yuk kita telaah manfaat dari bunga ini untuk tubuh manusia.

1. Membantu proses detoks pada tubuh

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/ThoughtCatalog

Bunga marigold dapat membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Caranya pun gampang. Siapkan gelas dengan air panas, lalu masukkan kelopak bunganya dan seduh. Seduhan ini akan membuat organ hati dan empedumu menjadi bersih kembali.

2. Meredakan demam dan sakit tenggorokan

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/Pixabay

Dengan menjadikan bunga marigold sebagai teh, maka akan membantu meredakan demam yang kamu derita. Cukup minum tiga kali sehari saja.

Dan jika kamu terpapar sakit tenggorokan pun, jangan khawatir karena kamu bisa kumur-kumur dengan rendaman kelopak bunga ini dan lakukan sesering mungkin.

3. Mengusir nyamuk

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPixabay.com/Mikadago

Nah, tak cuma bermanfaat untuk tubuh kita saja, bunga ini juga ampuh mengusir nyamuk. Cukup petik bunga ini dan taruh di mangkuk dan simpan di ruanganmu, maka nyamuk-nyamuk nakal akan hengkang dari ruanganmu.

Baca Juga: Bunga Apa yang Mencerminkan Kepribadianmu?

4. Meredakan sakit menstruasi

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/rawpixel.com

Dalam kandungan seduhan bunga marigold, terdapat emmanogogic yang berlimpah. Zat ini untuk menghilangkan rasa nyeri dan menenenangkan rahim. Jadi bagi kamu yang suka mengalami sakit kala menstruasi, bisa kok cobain minum teh marigold ini.

5. Melembapkan kulit

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/CharryJin

Kelopak bunga marigold ini jika diekstrak menjadi minyak manfaatnya juga akan berlebih, terutama untuk melembapkan kulit wajah. Kulit juga akan menjadi kenyal dan sehat, tentunya tidak membutuhkan skincare yang mahal-mahal juga, bukan?

6. Meredakan sakit pencernaan

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/THECOLLAB.

Mengonsumsi bunga marigold sebagai teh juga akan memberi manfaat yang banyak bagi pencernaan kamu. Tentunya sirkulasi pembuangan kotoran tubuh akan lebih lancar membuat usus di lambung sehat.

Dan jika kamu mempunyai keluhan maag pun, jangan khawatir teh bunga marigold akan mengurangi kadar asam lambungmu lho.

7. Menangkal radikal bebas

7 Manfaat Si Cantik Bunga Marigold yang Harus Kamu KetahuiPexels.com/Pixabay

Marigold ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang berlimpah, lho. Makanya, jika rajin meminum seduhan kelopaknya, akan membantu menangkal radikal bebas akibat polusi serta lainnya.

Sangat berlimpah ya manfaatnya? Mulai sekarang, ayo tanam di halaman rumahmu! Menanam bunga ini juga sangat gampang. Bisa tumbuh di media tanah apa saja dan akan terus berbunga sepanjang musim.

Baca Juga: 6 Jenis Bunga yang Bisa Kamu Seduh Jadi Teh Herbal

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You